Variasi Blog yang Sering Digunakan

Variasi Blog yang Sering Digunakan Tetapi Bikin Norak

Posted on

Keistimewaan platform blog adalah penggunaannya yang benar-benar gratis dan juga kustomisasi tanpa batas yang bisa dilakukan. Akhirnya hal ini menjadi kesempatan bagi para blogger untuk memodifikasi habis-habisan halaman blog miliknya.

Semakin banyak variasi yang ditemukan dan tutorialnya juga mudah didapatkan pada artikel-artikel internet. Meski demikian ternyata masih banyak pula blogger yang idealis yang masih bertahan dengan gaya minimalis, minim variasi dan sedikit kustomisasi.

Alasannya bisa beragam, mungkin karena ingin halaman blognya cepat diakses, tidak ingin memberatkan koneksi visitor, dan tampilan sederhana dianggap enak dilihat ketimbang blog yang mendapatkan variasi banyak. Mengenai variasi blog memang masih menjadi pro dan kontra. Ada yang menganggapnya sesuatu yang tidak perlu bahkan terkesan norak, tetapi ada pula yang menganggapnya sebagai sesuatu yang menarik dan kreativitas.

Nah, berikut ini adalah beberapa variasi pada blog yang sering sekali digunakan tetapi terkadang malah berkesan jadi ‘norak’ dan memberatkan akses:

1. Variasi Kursor Mouse

Pernahkah Anda membuka sebuah blog dan Anda kemudian tidak melihat icon kurson mouse? Ya, dimana tanda panah yang menjadi icon mouse? Apakah komputer kita rusak? Ternyata bukan, icon kursor mouse diganti dengan icon yang lain.

Bukan lagi dengan tanda panah miring, melainkan diganti dengan icon simbol lain, kartun, animasi, dan lain sebagainya. Variasi kursor memang bukan sebuah masalah selama tidak mengganggu fungsi, tetapi untuk icon yang tidak standar malah terkesan ‘norak’.

Jadi sebaiknya jika ingin variasi kursor icon, gunakanlah icon yang tidak berbeda jauh dengan icon standar.

2. Variasi Bintang Jatuh (starfall) dari Ikon Kursor

Ketika menggerakan icon kursor mouse, ada sesuatu yang aneh. Ternyata icon mouse pada blog menjatuhkan sesuatu animasi kecil yang banyak. Itulah yang disebut dengan variasi bintang jatuh.

Banyak blogger yang menyukai variasi macam ini, padahal fungsinya benar-benar tidak ada selain hanya untuk variasi belaka. Jika Anda merasa tidak memerlukan variasi semacam ini, sebaiknya tidak usah digunakan karena bisa mengganggu kenyamanan.

3. Variasi Animasi Widget Ikan

Untuk variasi blog selanjutnya yang terkadang jadi ‘norak’ adalah variasi animasi widget ikan. Mungkin Anda pernah melihat pada sebuah blog terdapat kotak dimana disana ada beberapa ikan berwarna-warni sedang berenang. Dan ketika kita mengklik pada area kotak kolam virtual tersebut akan muncul pakan-pakan dan nantinya bisa dimakan oleh para ikan.

Sekilas memang unik, tetapi sebenarnya widget semacam ini tidak penting-penting banget alias tidak ada fungsi. Mungkin hanya sekedar hiburan saja untuk visitor. Jika ingin variasi demikian, cobalah pikirkan apakah memberatkan loading blog atau tidak.

4. Variasi Teks Berjalan

Variasi blog memang ada-ada saja, mulai dari membuat kolam ikan virtual sampai yang sebenarnya tidak aneh di dunia nyata tetapi bisa diaplikasikan pada blog, yakni teks berjalan. Mungkin Anda sering melihat dilampu merah perempatan teks berjalan sebagai peringatan tata tertib lalu lintas.

Pada blog Anda juga bisa melakukan variasi teks berjalan seperti itu menggunakan kode marquee. Tetapi apakah penting sebenarnya teks yang dibuat berjalan semacam itu?

Malahan ada blog yang mencoba membuat teks berjalan dengan variasi warna-warni. Sesuatu yang kreatif tetapi dirasa tidak perlu, apalagi jika Anda menginginkan blog minimalis dan akses cepat.

5. Variasi Efek Hujan

Hujan ternyata juga bisa dibuat virtual, khususnya pada blog. Kustomisasi efek hujan memang terkadang terlihat pada sebuah blog meski tidak sepopuler efek-efek yang lain. Efek hujan bisa dengan hujan air atau bisa juga dengan efek hujan salju.

Jika ditanya apa kegunaannya? Tidak ada, hanya mempercantik tampilan blog saja meskipun banyak orang yang menganggapnya ini sesuatu yang ‘norak’ dan malah terlihat ribet. Efek hujan salju mungkin lebih cocok pada latar belakang blog yang berwarna gelap.

6. Variasi Burung Terbang

Variasi burung terbang mungkin berkaitan dengan Twitter, menjadi widget yang terlihat unik tetapi malah bisa mengganggu. Burung terbang pada blog mengikuti kemana kursor dijalankan. Pada akhirnya bisa mendarat di area kursor mouse dan tidak sengaja ter-klik. Bagus tetapi sering mengganggu, sehingga pikirkan dua kali untuk memasukan variasi ini.