3 Tips Bijak Dalam Berinvestasi Bagi Para Pemula

Diposting pada

Kenapa Anda harus membaca artikel tentang tips bijak dalam berinvestasi ini? Dalam berinvestasi, kita tidak hanya sekedar menaruh dana kita untuk diolah dan menghasilkan keuntungan. Kita juga memerlukan strategi khusus dalam melakukan investasi agar berbagai hal yang tidak Anda inginkan tidak akan terjadi.

Melakukan investasi dengan cara yang salah dapat mengakibatkan kerugian. Tentunya tidak ada seorangpun yang menginginkan kerugian dalam setiap investasi yang dilakukannya. Untuk itu, cobalah beberapa tips bijak dalam berinvestasi berikut ini agar profit yang Anda dapatkan menjadi lebih optimal.

Tips Bijak Dalam Berinvestasi

1. Diversifikasi Investasi

Tips bijak pertama dalam berinvestasi adalah dengan melakukan diversifikasi investasi. Diversifikasi investasi merupakan suatu strategi investasi dimana Anda membagi dana Anda pada investasi yang paling menguntungkan menurut Anda dengan risiko yang tinggi dan kepada investasi yang memiliki risiko lebih kecil.

Dengan melakukan diversifikasi investasi, maka Anda dapat meminimalisir risiko kerugian dari investasi yang Anda lakukan. Karena, investasi tidak hanya melulu mengenai return namun juga mengenai risiko. Dengan adanya diversifikasi investasi ini maka Anda sudah melakukan manajemen risiko pada investasi yang Anda lakukan.

2. Senantiasa Menyiapkan Dana Cadangan

Tak hanya melakukan diversifikasi investasi, saat melakukan investasi Anda juga disarankan untuk senantiasa menyiapkan dana cadangan. Ya, kebanyakan orang lupa menyiapkan dana cadangan dan menaruh semua uang yang mereka miliki untuk diinvestasikan pada investasi yang paling menguntungkan menurut mereka. Padahal, menyiapkan dana cadangan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Sebagai contoh, ketika Anda menaruh semua uang Anda untuk diinvestasikan pada investasi yang tidak likuid lalu mendadak Anda membutuhkan dana dalam jumlah yang cukup besar untuk membayar biaya rumah sakit. Pada saat kondisi seperti itu, Anda tentu akan berusaha untuk mencari dana dari luar padahal Anda memiliki dana yang Anda investasikan.

Akhirnya, Anda meminjam dana dengan persentase bunga yang cukup tinggi, bunga tersebut bahkan lebih besar dibandingkan dengan return investasi yang akan Anda dapatkan dikemudian hari. Jika hal tersebut terjadi maka secara tidak langsung Anda telah merugi hanya karena tidak menyiapkan dana cadangan untuk keperluan mendesak.

3. Senantiasa Waspada Terhadap Risiko

Ketika Anda sedang melakukan investasi, maka Anda tidak hanya akan mendapatkan return namun juga berpotensi untuk mendapatkan kerugian (loss) dari investasi Anda tersebut. Ya, setiap investasi memang memiliki risiko yang harus diwaspadai setiap saat. Investasi terpercaya sekalipun perlu diwaspadai agar Anda tidak merugi dikemudian hari.

Mengalami kerugian dalam berinvestasi bisa terjadi pada siapa saja. Kita harus siap dengan risiko ini dalam setiap investasi yang kita lakukan. Dengan melakukan tiga tips bijak dalam berinvestasi yang disebutkan di atas, maka potensi kerugian dapat dihindari atau diminimalisir.

Itulah beberapa tips bijak dalam berinvestasi yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tapi biasanya para pemula, bahkan yang sudah sering berinvestasi bisa lupa untuk melakukan tips sederhana ini. Sudahkah Anda melakukannya?