Pertanyaan Umum Tentang Google Bisnisku

Pertanyaan Umum Tentang Google Bisnisku yang Sering Ditanyakan Pemula

Diposting pada

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas secara lengkap tentang Google Bisnis, yakni sebuah fasilitas dari Google yang difungsikan untuk membantu para pemilik unit usaha dapat pemasaran. Google Bisnisku ibarat sebagai lembar profile online dari sebuah unit usaha yang dapat diakses melalui internet.

Nah, ternyata masih ada beberapa pebisnis pemula yang masih ragu dan bertanya-tanya tentang Google Bisnisku, apakah gratis? benarkah semudah itu? dan seberapa efektifnya dalam meningkatkan omset usaha.

Berikut ini adalah berbagai pertanyaan umum  (FAQ) mengenai Google Bisnisku, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda:

  • Berapa biaya pendaftaran Google Bisnisku, atau berapa biaya iuran per-bulan atau per-tahunnya?

Jawab: Anda sedang tidak mendaftarkan sebuah domain atau hosting baru di internet. Tidak, Google tidak membutuhkan uang Anda. Jadi kesimpulannya Anda tidak akan ditarik biaya pendaftaran, biaya bulana maupun biaya tahunan.

Semuanya gratis selama Anda mengikuti aturan yang ada. Anggap saja seperti sedang mendaftar Facebook atau Twitter. Google hanya menarik uang jika Anda mengikuti program pengiklanan Adwords. Masih ragu? silahkan coba sendiri.

  • Adakah perbedaan dari Google Bisnisku dengan layanan lain seperti Google Places untuk bisnis maupun Dasbor Laman Google+?

Jawab: Pada dasarnya Google mengintegrasikan seluruh layanannya menjadi berkesinambungan. Maksudnya adalah apabila sebelumnya Anda sudah menggunakan Google Places untuk Bisnis maupun sudah mendaftarkan layanan Dasbor Laman Google+ untuk mengelola informasi bisnis Anda, maka secara otomatis akun Anda telah ditingkatkan ke layanan Google Bisnisku.

Bahkan Google Bisnisku bakal semakin mempermudah untuk memperbarui informasi bisnis pada Google Penelusuran, Maps, dan Google+. Inilah kelebihan dari layanan yang dimiliki oleh Google.

  • Sebuah unit usaha telah memiliki situs website resmi sendiri, apakah masih memerlukan Google Bisnisku?

Jawab: Tentu ini pertanyaan yang bagus. Sudah memiliki web tentunya Anda membutuhkan traffic. Dari mana Anda dapatkan traffic itu? Tentu saja salah satunya dari mesin penelusuran dan backlink. Google Bisnisku justru sangat penting sebagai pelengkap situs web yang ada dengan cara memberi bisnis Anda identitas serta kehadiran publik di Google.

Anda bisa memasukan link situs website pada Google Bisnisku. Kemudian segala informasi yang Anda berikan tentang bisnis dapat muncul di Google Penelusuran, Maps, serta Google+. Intinya Google Bisnisku akan sangat melengkapi dan berpotensi menaikan traffic kunjungan ke website Anda.

  • Bagaimana cara mendaftar Google Bisnisku?

Jawab: Mudah saja, pada laman Google Bisnisku, Anda bisa Klik tombol “Tampil di Google” tombol di bagian atas kanan dari laman, kemudian ikuti langkah-langkah untuk menambahkan informasi bisnis Anda ke Google seperti nama, alamat dan foto-foto. Harap Anda harus meningat bahwa setiap pengeditan tidak akan muncul di Google sampai Anda memverifikasi sendiri bisnis Anda.

Pertanyaan di atas memang terkesan sangat sederhana, namun di kalangan pemula hal tersebut masih sering ditanyakan. Sebenarnya, untuk mendaftar Google Bisnisku sangat sederhana yaitu dengan cara:

  1. Membuka situs Google Bisnisku
  2. Klik tombol “Mulai Sekarang”
  3. Daftarkan nama bisnis Anda dengan mengisi kolom yang disediakan.
  4. Setelah mendaftar, Google akan mengirimkan email dan kode verifikasi ke alamat Anda
  5. Setelah kode tiba di alamat Anda, buka link verifikasi yang dikirim ke email lalu masukkan kode verifikasi di kolom yang di sediakan.
  6. Sampai di sini tugas Anda selesai, tinggal menunggu pihak Google untuk menampilkan bisnis Anda di halaman Google.

Nah, tidak sulit kan untuk mendaftarkan bisnis Anda di Google. Mungkin prosesnya akan berbeda di kemudian hari, namun pada dasarnya mendaftarkan bisnis Anda di Google itu sangat mudah caranya. Selamat mencoba.