Pengertian Smartphone

Pengertian Smartphone dan Perbedaanya Dengan HP Biasa

Posted on

Pengertian Smartphone

Apa itu Smartphone? Pengertian smartphone adalah telepon genggam pintar yang memiliki kemampuan tingkat tinggi, bahkan terkadang memiliki fungsi seperti sebuah komputer. Smartphone sering juga disebut dengan ponsel pintar karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan ponsel biasa.

Beberapa fitur yang bisa kita temukan di ponsel pintar antara lain telephone, sms, kamera, internet, ebook viewer, berbagai aplikasi, dan berbagai fitur lainnya. Pemilik smartphone dapat menginstal berbagai aplikasi ke dalam smartphone mereka, misalnya aplikasi media sosial, aplikasi situs berita, dan aplikasi lainnya.

Smartphone yang digunakan saat ini sangat kaya dengan fitur perangkat komunikasi. Ditambah lagi dengan kemampuan mengakses internet membuat smartphone mirip seperti komputer kecil. Tidak heran sekarang pengguna smartphone dapat berselancar di internet melalui smartphone layaknya di komputer atau laptop.

Sistem Operasi Smartphone

Layaknya seperti komputer atau laptop, agar smartphone bisa beroperasi dibutuhkan Sistem Operasi. Berikut ini adalah beberapa sistem operasi pada smartphone:

  • Android OS
  • BlackBerry OS
  • iOS
  • Windows Phone
  • Bada OS
  • FireFox OS
  • MeeGo OS
  • Palm OS
  • Symbian OS
  • Tizen OS
  • Ubuntu OS

Saat ini, sistem operasi smartphone yang paling populer adalah Android dan iOS. Berbagai jenis smartphone dari berbagai merek umumnya menggunakan sistem operasi Android. Sedangkan sistem operasi iOS hanya digunakan oleh smartphone produk dari Apple.

Perbedaan Smartphone dengan Handphone

1. Smartphone

Smartphone memiliki keunggulan dalam hal teknologi karena sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih. Fitur smartphone saat ini sudah setara dengan sebuah komputer atau laptop, hanya bentuknya saja yang lebih kecil.

Sebuah smartphone dapat ditambah kemampuannya dengan menambahkan memori dan juga aplikasi pendukung. Berbagai keperluan manusia dapat dilakukan melalui smartphone, misalnya membuka dan mengirim email, membuka website, merekam video, dan lain-lain.

Kekurangan dari smartphone adalah penggunaan daya baterai yang boros. Ketika kita menggunakan aplikasi di smartphone, maka ini akan memakan daya yang cukup besar. Itu sebabnya para pengguna smartphone membutuhkan power bank sebagai daya cadangan ketika daya baterai smartphone mereka habis.

Baca juga: Internet Bisa Ganggu Konsentrasi

2. Handphone

Handphone biasa memiliki fitur yang terbatas, misalnya untuk telephone, sms. Handphone model terbaru biasanya dilengkapi dengan kamera, pemutar musik, pemutar video, dan internet.

Namun, handphone memiliki keterbatasan, misalnya pada penggunaan internet. Umumnya handphone membutuhkan pengaturan yang sedikit rumit agar dapat terhubung dengan internet. Selain itu, tampilan browser di handphone tidak sebaik di smartphone.

Handphone juga tidak dapat diinstal aplikasi seperti halnya pada smartphone. Jadi, untuk membuka email maka kita harus membuka situs penyedia emailnya dalam bentuk full site, dan ini akan memakan banyak kuota internet.

Kelebihan handphone ini adalah daya tahan baterainya yang lebih baik. Ini tentu saja karena penggunaan daya pada handphone tidak sebanyak pada smartphone.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian smartphone secara ringkas dan padat, serta perbedaan smartphone dengan handphone biasa. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *