Pengertian Administrasi Publik

Pengertian Administrasi Publik Secara Umum, Fungsi dan Tujuannnya

Diposting pada

Apa itu administrasi publik? Pengertian administrasi publik adalah cara mengelola suatu organisasi publik atau umum yang berkaitan dengan kehidupan bernegara. Beberapa organisasi publik tersebut adalah lembaga legislatif, yudikatif.

Dalam ilmu sosial politik dijelaskan bahwa tiga elemen penting tersebut sangat berkaitan dengan kebijakan publik, tujuan negara, serta etika dalam mengatur penyelenggaraan negara. Beberapa hal yang termasuk dalam kajian ilmu administrasi publik adalah sebagai berikut:

  1. Perilaku birokrasi
  2. Manajemen sumber daya manusia
  3. Tata laksana pemerintahan
  4. Implementasi kebijakan pemerintah

Pengertian Administrasi Publik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi administrasi publik menurut para ahli:

1. Chandler dan Plano dalam Keban (2004:3)

Pengertian administrasi publik menurut Chandler dan Plano adalah proses dimana sumber daya dan personel publik diorganisir dan dikoordinasikan untuk memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengelola keputusan-keputusan dalam kebijakan publik.

2. Dwight Waldo (1984:17)

Definisi administrasi publik menurut Dwight Waldo adalah sebagai manajemen yang dilakukan dalam sebuah organisasi dari manusia-manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah. Tujuan pemerintah ini di dapatkan dari sistem kapanye pada tehap sebelumnya.

3. Harbani Pasolong (2007:8)

Menurut Harbani Pasolong, administrasi publik adalah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang atau lembaga dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam memenuhi kebutuhan publik secara efisien dan efektif.

4. Dr. H. Amin Ibrahim (2007)

Definisi administrasi publik menurut Dr. H. Amin Ibrahim adalah seluruh upaya penyelenggaraan pemerintah yang meliputi kegiatan manjemen pemerintah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pembangunan) dengan sebuah mekanisme kerja serta dukungan sumber daya manusia.

5. Nigro dan Nigro

Pengertian administrasi publik menurut Nigro dan Nigro adalah bentuk usaha kerjasama kelompok dalam lingkungan publik, yang kemudaian mencakup dalam tigal, yakni lembaga judikatif, lembaga legislative, dan lebaga axekutif yang dilakukan kerjasama dalam upaya menciptakan kesejahteraan bersama.

6. Starling

Menurut Starling, arti administrasi publik adalah upaya dicapai pemerintah yang kemudian upaya tersebut akan bisa dilakukan sesuai dengan pilihan kebijakan sebagai mana yang telah di janjikan pada saat kampanye pemilihan.

6. Nicholas Henry

Pengertian administrasi publik menurut  Nicholas Henry sebagai bentuk kombinasi yang komplek antara teori dan praktek. Teori ini di dapatkan dari kajian penelitian ilmiah serta diskusi ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan yang diemabannya.

Fungsi Administrasi Publik

Berikut ini adalah beberapa fungsi administrasi publik pada umumnya:

1. Fungsi Tradisional

Fungsi utama dari administrasi publik diantaranya hubungan luar negeri, ketertiban dalam negeri, pertahanan dan keamanan, pekerjaan umum, perpajakan, dan kesejahteraan umum.

2. Fungsi Pembangunan Bangsa

Administrasi publik juga berfungsi untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa di tengah masyarakat Indonesia yang beragam.

3. Fungsi Manajemen Ekonomi

Administrasi publik dapat berperan langsung dalam hal manajemen ekonomi, dan juga dapat berperan di bidang manajemen ekonomi dengan membuat regulasi bagi pihak swasta.

4. Fungsi Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan sosial bisa dicapai melalui pelayanan masyarakat seperti; pelayanan kesehatan, kesejahteraan sosial, jaminan sosial, dan perumahan umum.

5. Fungsi Kontrol Lingkungan

Administrasi publik juga berfungsi untuk memberikan kontrol lingkungan dalam menjaga kelestarian alam serta mencegah terjadinya kerusakan lingkungan akibat eksploitasi alam.

6. Fungsi Hak Asasi Manusia

Administrasi publik memastikan memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat secara adil. Fungsi hak asasi manusia tersebut diantaranya; perlindungan HAM, privasi, dan pengendalian penduduk.

Tujuan Administrasi Publik

Berikut ini adalah beberapa tujuan administrasi secara umum:

  • Memastikan keamanan publik
  • Memastikan kesejahteraan publik
  • Memastikan keadilan bagi seluruh masyarakat

Agar tujuan administrasi publik tersebut dapat tercapai, maka dibutukan kerjasama yang baik antara lembaga pemerintahan dan masyarakat untuk melaksanakan hal-hal berikut ini:

  • Partisipasi Sosial, yaitu partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan administrasi publik.
  • Tanggungjawab Sosial, yaitu pertanggungjawaban pelaksana administrasi publik kepada publik.
  • Dukungan Sosial, yaitu dukungan dari masyarakat terhadap pelaksanaan administrasi publik.
  • Kontrol Sosial, yaitu pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap kegiatan administrasi publik.

Nah, sekarang kita tahu bahwa administrasi publik dapat menentukan berbagai tujuan pembangunan dan menentukan bagaimana cara memeastikan tercapainya tujuan tersebut. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan pelayanan umum bagi semua warga negara Indonesia.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian administrasi publik, fungsi, dan tujuan administrasi publik secara umum. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu tentang administrasi publik.