Pemasaran Juga Punya Peran Penting

Tak Hanya Soal Permodalan, Pemasaran Juga Punya Peran Penting Dalam Kemajuan Bisnis Anda

Posted on

Urusan permodalan seringkali menjadi isu tersendiri bagi para pelaku bisnis. Bagaimana tidak, permodalan merupakan jantung sebuah bisnis agar senantiasa berjalan sesuai rencana. Tanpa adanya permodalan yang memadai, sebuah bisnis yang dibangun tentu akan sulit untuk dijalankan.

Namun, seringkali banyak pelaku bisnis yang terlalu terpaku pada persoalan permodalan saja. Padahal, bisnis tidak melulu soal permodalan melainkan ada aspek lainya yang tidak kalah penting untuk dijalankan yakni pemasaran bisnis. Lalu, seberapa pentingkah pemasaran bisnis dalam memajukan suatu bisnis? Berikut ini beberapa alasan mengapa pemasaran merupakan hal yang penting bagi bisnis Anda.

Memperkuat Branding Bisnis Anda

Branding tidak melulu seputar merk yang Anda tanamkan dalam bisnis Anda. Branding memiliki pengertian yang lebih luas dan harus dipahami betul-betul. Seorang ahli Ekonomi, Landa, mengatakan bahwa branding bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa atau perusahaan.

Branding berkaitan dengan segala hal dari merek yang Anda ciptakan mulai dari nama dagang, logo, citra hingga kredibilitas bisnis Anda bagi orang banyak. Sebagai contoh, ketika Anda menciptakan platform pinjaman dana online untuk para pelaku bisnis, Anda tentu berusaha menunjukkan kesan professional dan terpercaya agar dapat menggaet para debitur.

Lalu, apa kaitannya pemasaran dengan branding yang berusaha Anda ciptakan pada bisnis Anda? Pemasaran bertujuan agar branding yang berusaha Anda ciptakan pada bisnis Anda dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Dengan pemasaran yang baik maka citra perusahaan atau bisnis yang Anda ciptakan akan tersampaikan dengan baik sehingga tidak ada miskonsepsi seputar bisnis Anda di luar sana.

Dapat Memenangkan Pasar

Alasan lain mengapa pemasaran sangat penting untuk dilakukan dalam memajukan bisnis Anda adalah karena pemasara dapat membuat Anda memenangkan pasar. Saat ini, rasanya sudah sulit untuk membuat produk yang dapat Anda monopoli sehingga tidak ada pesaing yang merebut pangsa pasar Anda.

Kondisi itulah yang membuat pemasaran sangat penting mengingat untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memenangkan pasar selain mencuri hati para pelanggan tentunya. Ketika pemasaran yang Anda rencanakan berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin Anda dapat memenangkan pasar dan meraih kesuksesan melalui bisnis yang Anda geluti.