Opsi Facebook Ads

2 Opsi Facebook Ads yang Bisa Anda Manfaatkan untuk Beriklan

Posted on

Anda seorang pedagang online? Apakah Anda sudah benar-benar rmemanfaatkan sosial media, situs website atau layanan messenger untuk keperluan marketing? Beberapa pedagang online masih berapa kecewa karena dagangannya benar-benar tidak cukup laku keras, padahal ia sudah berusaha untuk terus promote via BBM, kemudian memgupload lebih banyak foto di toko onlinenya.

Jika demikian masalahnya mungkin kini saatnya Anda harus mencoba untuk menggunakan Facebook Ads (advertisment) yang menjadi sebuah alat terampuh saat ini untuk keperluan pemasaran produk, layanan dan jasa. Dengan memanfaatkan Facebook Ads dimungkinkan produk dan jasa Anda akan terjangkau lebih banyak.

Bukankah memang itu tujuan marketing? Untuk menjangkau calon konsumen lebih banyak, dan semakin banyak semakin bagus. Sebagai contoh, dari jangkauan 1000 orang, Anda mengharapkan sekitar 10% menjadi konsumen Anda.

Jika Anda belum memahami tentang apa saja jenis dan opsi Facebook Ads, berikut ini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda:

1. Facebook Ads untuk Iklan Eksternal

Facebook Ads pertama yang bisa Anda pilih adalah jenis pengiklanan eksternal. Maksudnya eksternal tentu lebih diarahkan pada link diluar Facebook. Ya, benar saja Facebook Ads iklan eksternal adalah mengiklankan sebuah halaman situs website lewat Facebook atau sama saja kita mengiklankan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan Facebook.

Sebagai contoh, Anda menggunakan layanan ini untuk mengiklankan situs jualan keramik atau baju couple. Link iklan yang muncul pada Facebook nantinya jika di klik akan langsung mengarah pada situs website yang berkaitan langsung.

Tujuan-tujuan dari Facebook Ads untuk iklan eksternal biasanya adalah untuk meningkatkan traffic web, meningkatkan penjualan dan pastinya branding. Untuk Anda yang memiliki toko online, dan menjual produk mengandalkan website bisa menggunakan layanan Facebook Ads ini.

2. Facebook Ads untuk Iklan Internal

Berbeda tentu dengan Facebook Ads untuk iklan eksternal, karena iklan internal lebih mengarahkan pada sebuah penayangan link yang masih berhubungan dengan Facebook. Sebagai contohnya adalah ketika Anda ingin mengiklankan halaman fans page, aplikasi Facebook termasuk game, maupun untuk mengiklankan postingan Anda, atau bahkan bisa juga untuk mengiklankan sebuah acara yang Anda selenggarakan pada fitur ‘Acara’.

Yang pasti Facebook Ads untuk iklan internal mempromosikan sesuatu yang masuk dalam lingkup Facebook, tidak pada luar lingkup Facebook. Untuk promosi halaman fans page biasanya dimanfaatkan sebagai saran menambah Like/followers, entah fans page itu bertujuan untuk jualan, branding maupun tidak.

Yang perlu diketahui bahwa layanan Facebook Ads adalah layanan resmi dari Facebook, dan dari sinilah Facebook memperoleh pendapatannya. Lalu bagaimana cara untuk memanfaatkan layanan Facebook Ads ini?

  • Pertama Anda bisa masuk/login pada akun Facebook Anda.
  • Pada Beranda (login menggunakan perangkat dekstop untuk lebih mudah), Anda akan melihat di sisi kiri layar opsi menu yang cukup banyak, diantaranya adalah Kabar berita, pesan, acara, Halaman dan seterusnya sampai Anda melihat pilihan ‘Buat iklan’. Untuk Facebook berbahasa Inggris ditulis dengan ‘Ads Manager’.
  • Klik pilihan ‘Buat iklan’ tersebut dan Anda akan melihat daftar layanan Facebook Ads, dan pastikan Anda memilih mana yang cocok untuk aktivitas pengiklanan Anda. Untuk saat ini Facebook Ads melayani kampanye berjumlah 9, diantaranya adalah Promosikan postingam promosikan halaman (fans page), menggiring orang ke situs website, meningkatkan konversi situs website, mengajak orang mengunduh aplikasi, meningkatkan interaksi pada aplikasi, mempromosikan acara, mempromosikan penawaran dalam bentuk lain (contohnya promosi diskon), mengajak orang melihat video Anda.
  • Biasanya layanan Facebook Ads yang cukup populer adalah mempromosikan halaman fans page dan mempromosikan situs website.
  • Efektivitas Facebook Ads memang menjadi andalan, khususnya dengan fitur promosi tertarget. Bagaimana tidak, Facebook Ads memungkinkan Anda untuk dapat memilih siapa saja yang mendapat jangkauan iklan. Yakni dengan menentukan lokasi, usia, status menikah atau single, dan lain sebagainya. Bandingkan dengan layanan pengiklanan Facebook melalui promote fans page yang bukan layanan resmi. Jasa seperti itu hanya asal posting tanpa bisa tertarget.

Facebook Advertisment adalah solusi marketing yang paling tepat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *