Melihat Bagaimana Online Marketing yang Dilakukan Situs Lazada

Diposting pada

Nama Lazada tentu sudah tidak asing bagi Anda yang sudah hobi berbelanja online. Mungkin Anda belum pernah membeli di E-Commerce Lazada, tetapi hampir sebagian besar pengguna internet mengetahuinya. Hingga saat ini Lazada termasuk 5 besar situs E-Commerce terbesar di Indonesia yang menawarkan banyak sekali macam jenis produk diantaranya adalah barang elektronik, buku, mainan anak, perlengkapan bayi, peralatan rumah tangga, alat kesehatan, produk kecantikan, perlengkapan traveling sampai perlengkapan alat-alat olah raga.

Ibaratnya Lazada adalah Mall online yang serba ada. Nah, yang menjadi sebuah pertanyaan mengapa ada banyak E-Commerce lain yang juga lengkap tetapi namanya tidak setenar Lazada. Tentu ada sesuatu yang membuat Lazada sangat populer dan dipastikan ini adalah strategi pemasaran atau marketing yang luar biasa. Memang benar saja Lazada cukup merajai kemunculannya pada mesin pencari saat kita sedang mencari produk-produk di internet.

Marilah kita mencoba menilik sebenarnya apa saja yang dilakukan oleh Lazada dalam hal marketing online sehingga menjadi E-Commerce yang begitu sangat terkenal dan banyak yang berbelanja disana. Berikut ini kami ulas selengkapnya untuk referensi bagi Anda yang mungkin memiliki toko online juga:

1. Lazada terdaftar dalam Google Adwords

Google Adwords adalah layanan Google dimana yang terdaftar akan muncul pada halaman pertama dan urutan pertama (bisa kedua dan ketiga) dengan kata kunci tertentu. Nah, ketika Anda menuliskan Lazada pada pada Google Search ternyata yang muncul posisi pertama adalah Lazada ‘iklan’.

Sedangkan pada posisi kedua adalah Lazada yang penempatannya organik. Google Adwords Lazada juga munculpada kata kunci populer lainnya seperti jual handphone, bali laptop dan lain sebagainya. Strategi yang benar-benar jitu namun pada kenyataannya meski pun dengan Google Adwords ternyata posisi Lazada pada mesin pencari dengan keyword populer sudah termasuk teratas.

2. Menggunakan kata kunci populer dan sederhana

Lazada hampir memenangkan persaingan posisi ranking pertama untuk banyak kata kunci populer. Tentu ini adalah suatu prestasi yang luar biasa, tidak percaya? cobalah Anda  mengetik kata kunci toko online, belanja online, jual fashion, jual fashion, dan kata kunci lain.

Praktis Lazada hanya kalah pada pencarian kata kunci ‘jual beli online’  yang hanya berhasil mencapai urutan ke 5. Namun untuk kata kunci yang disebutkan diatas praktis menempati urutan pertama. Strateginya Lazada selalu menempatkan kata kunci pada judul atau tittle tag karena inilah yang membawa pengaruh besar indexing Google.

3. Memaksimalkan sosial media

Lazada sudah pasti rutin mengikuti program Facebook Ads baik untuk promosi postingan maupun promosi fans page. Untuk apa menggunakan Facebook? Padahal list produk dan transaksi hanya dapat melalui situs resminya. Tunggu dulu, Lazada memanfaatkan sosial media memang untuk memaksimalkan Arus dari Newsfeed ke sales letter di Toko Online / static page yang berarti bahwa layanan sosial media hanya bertindak sebagai mediator penggiring calon konsumen ke basis pen-generate utama yakni situs resminya.

Tentu saja ini bukan trik baru dan ada banyak toko online yang menggunakan trik semacam ini, hanya saja Lazada diuntungkan dengan banyaknya Liker atau pengikutnya di sosial media. Facebook Lazada sendiri di pertengahan 2015 sudah memiliki 12 juta Liker.

Baca: Mengetahui Tipe Pembeli/ Konsumen Dalam Transaksi Online

4. Lazada Memiliki program afiliasi

Tidak hanya menggunakan cara pemasaran online diatas, ternyata Lazada juga memiliki program pengiklanan afiliasi. Program ini adalah kerjasama antara Lazada dengan pemilik situs atau blog tertentu yang bertindak sebagai pemasar. Nantinya situs atau blog yang mengadakan kerjasama dengan Lazada, akan menampilkan iklan Lazada berupa gambar tautan.

Komisi akan diberikan kepada pemilik situs atau blog yang mempromosikan Lazada apabila seseorang yang mengklik tautan tersebut melakukan order. Lazada tentu memiliki situs pemasar yang memiliki reputasi bagus, traffic tingi dandimaksimalkan untuk penjualan produk tertentu dengan niche blog.

Sudah bisa disimpulkan bahwa kesuksesan Lazada ternyata memang karena faktor pemasaran online yang dilakukan dari segala penjuru. Pastinya biaya investasi untuk marketing cukup besar, dan mungkin Anda perlu mencontoh strategi yang dilakukan Lazada untuk E-Commerce Anda.