Kunci Sukses Dalam Berbisnis Online

4 Kunci Sukses Dalam Berbisnis Online, Sederhana dan Efektif

Diposting pada

Banyak orang yang kesal, frustasi atau merasa gagal ketika bisnis online yang dijalani tak kunjung membuahkan hasil yang meningkat. Mungkin ada perubahan peningkatan, namun lebih banyak datar-datar saja sehari-hari. Omset naik turun tidak jelas, konsumen tidak menentu dan masih banyak persoalan lainnya.

Sebenarnya baik bisnis konvensional maupun bisnis online, hal semacam ini sudah menjadi biasa terjadi. Yang terpenting adalah bagaimana Anda mensikapi segalanya. Apakah Anda akan terus berusaha? apakah Anda akan terus berupaya, bersabar dan terus belajar?

Saya akan menuliskan 4 kunci sukses dalam berbisnis online, yakni 4M. Wah, istilah baru 4M? Segera simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

1. Mengerti Penggunaan Teknologi

Mampu dan mengerti penggunaan peralatan untuk berbisnis online. Utamanya adalah komputer/laptop maupun gadget. Inilah kunci pertama dalam bisnis online. Bagaimana mungkin seorang dapat berbisnis online, ‘lha wong’ komputer saja belum pernah memegang.

Mudah saja, dalami segala fasilitas-fasilitas online seperti media sosial, Facebook, E-mail, Instagram, maupun blogspot dan lain sebagainya. Anda perlu tahu bagaimana menggunakannya, bagaimana cara berkomunikasi lewat internet, dan bagaimana caranya membuat postingan.

Serta mengetahui etika dalam komunikasi online. Bekali diri Anda dengan berbagai pengetahuan, khususnya bagi Anda yang berminat berbisnis program Advertisment seperti Adsense maupun Affiliate. Atau bisa juga jika Anda ingin berdagang lewat forum, maupun sosial media.

2. Mengerti Bahasa Inggris

Anda tidak harus fasih dan handal berbahasa Inggris. Namun setidaknya cobalah untuk mengetahui beberapa persen kosa kata dalam bahasa Inggris. ini diperlukan karena hampir sebagian besar fasilitas online berasal dari luar negeri dan beberapa kali Anda akan menghadapi tulisan bahasa Inggris.

3. Modal

Bisnis online bukan berarti Anda bisa mendapatkan sesuatu secara gratis.Tentu salah besar jika pemikiran Anda seperti demikian. Anda sekali-kali atau berkali-kali jika perlu harus mengeluarkan modal. Khususnya jika Anda ingin mendongkras pendapatan.

Melalui program pengiklanan berbayar kemungkinan omset bisa lebih banyak. Contohnya adalah program iklan Facebook Ads, Instagram Ads dan lain sebagainya. Bahkan bisa juga Anda menyewa jasa SEO professional yang membutuhkan modal banyak.

Juga termasuk bayar hosting, domain, jasa desain website untuk lebih menarik dan lebih professional. Jangan pelit mengeluarkan modal jika ingin sukses.

4. Memiliki Kesabaran

Kesabaran, ketabahan dan sikap tidak menyerah tentu harus dimiliki setiap wirausahawan baik itu yang konvensional maupun online. Percuma saja Anda sudah memenuhi syarat diatas namun tidak bisa memenuhi syarat ini.

Mental Anda mungkin cepat ‘down’ atau lemah, bisa saja Anda mudah menyerah. Padahal berbisnis membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Belajar lah dari orang-orang yang telah melewati masa-masa sulit sebelum sukses.

Jika diperhatikan, 4 kunci sukses berbisnis online yang disebutkan di atas terkesan umum dan sederhana. Tapi faktanya, sebagian besar orang yang memulai berbisnis di internet gagal total karena tidak bisa menerapkannya. Tips di atas terlihat sederhana, tapi dalam pelaksanaannya dibutuhkan komitemen agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.