Jual Jasa atau Barang di Internet

Jual Jasa atau Barang di Internet, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Diposting pada

Apa pun bisa kamu dapatkan di internet. Kamu ingin produk atau barang apa? gadget, fashion, kosmetik, meja, kursi, rumah, atau kendaraan? Lebih cepat dan lebih mudah memang perniagaan menggunakan fasilitas internet.

Nah, berbicara judul artikel ini, jual barang atau jasa di internet. Mungkin Kamu akan lebih condong pada ‘passion’ Kamu dibidang yang mana jika diharuskan untuk memilih. Jika Kamu memang tidak ada ‘passion’ tetap mungkin akan sedikit bimbang menentukan bisnis online berupa penjualan barang atau jasa.

Pada artikel ini saya akan mencoba mengulas bagaimana kelebihan dari jual barang dan jual jasa. Simak ulasanya berikut ini:

Pilih Jual Jasa atau Barang di Internet?

Buat kamu yang masih bingung mau jualan jasa atau barang di internet, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Jual barang

Pastinya akan sangat kompatibel bisnis penjualan produk lewat internet. Hampir seluruh E-Commerce besar menjalani bisnis tipe ini. Berikut ini ulasan jual barang di internet:

  • Bisa menjangkau seluruh negeri bahkan ke seluruh dunia.
  • Transaksi lebih memudahkan tanpa Kamu harus bertemu ‘face to face’ dengan klien.
  • Kamu cukup memberikan spesifikasi produk dan menerangkan lewat telepon atau pesan-pesan berbasis internet.
  • Sudah tersedia banyak jasa pengiriman barang atau ekspedisi yang siap mengantarkan barang kepada klien Kamu.
  • Memungkinkan Kamu melayani order dalam jumlah banyak dalam satu hari.
  • Minim pengeluaran karena yang dibutuhkan hanyalah modal pembelian awal.

2. Jual Jasa

Jual jasa seperti jasa fotografer, jasa service barang elektronik, jasa desain interior dan lain-lain merupakan jasa yang membutuhkan layanan langsung. Jasa ini bagus dipasarkan lewat internet namun memiliki banyak keterbatasan:

  • Jasa yang tertulis diatas umumnya lebih cocok pada pangsa pasar regional. Sebagai contoh untuk jasa service barang elektronik pastinya Kamu harus mendapatkan barang yang akan ditangani secara langsung.
  • Kurang bisa menjangkau klien lebih luas.
  • Dalam sehari Kamu mungkin tidak dapat melayani order lebih banyak.

Berbeda denagn jual jasa yang dapat dilakukan secara virtual atau berbasis teknologi digital. Sebagai contoh jasa pembuatan website, jasa pembuatan software, jasa pembuatan logo, dan lain sebagainya. Untuk jasa demikian bahkan lebih mudah karena Kamu hanya akan mengirimkan bentuk barang jadi berupa file. Bisa Kamu kirimkan via e-mail maupun lewat layanan berbasis perangkat lunak.

Jadi jika Kamu bertanya mana yang lebih baik, jual jasa atau jual barang? Semua menguntungkan, tinggal selera Kamu ingin berbisnis yang mana. Pastinya bisnis yang benar-benar Kamu pahami dan kuasai.