Jenis Judul Artikel

Jenis Judul Artikel yang Membuat Penasaran dan Menarik Pembaca

Diposting pada

Bicara soal jenis judul artikel, banyak blogger atau penulis website yang mengabaikannya, sekedar judul dianggapnya hal yang sepele. Banyak yang berpendapat bahwa artikel bagus itu dilihat dari isinya.

Memang benar juga tetapi judul juga memiliki pengaruh kuat untuk membuat artikel semakin menarik. Cobalah Anda pikir, judul yang menarik dan artikel berbobot bukankah akan menjadi nilai lebih? Apalagi dalam dunia internet judul menjadi salah satu penentu untuk dapat dimunculkan pada mesin pencari, judul menjadi tautan yang bisa diklik, judul adalah sesuatu yang pertama kali dilihat.

Jadi masihkah Anda sembarangan dan seenaknya dalam memberi judul artikel? Tidak sulit sebenarnya, Anda hanya tinggal mengolah kata-kata yang membuat lebih menarik. Bagi Anda yang memang masih sulit berpikir bagaimana membuat judul bagus dan menarik, berikut ini kami akan berikan rahasia tentang jenis-jenis judul artikel yang memberi kesan menarik dan mengundang penasaran. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

1. Judul Panduan atau Tutorial

Pastinya Anda pernah membuat artikel yang merupakan panduan. Pembuatan judul panduan memang selalu menjadi hal yang menarik karena utamanya adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru untuk pembaca. Jenis judul panduan sering kali ditulis dengan kata-kata seperti tutorial, cara, atau tips.

Pada jenis judul seperti ini pastinya isi artikel berkenaan dengan bagaimana cara melakukan sesuatu maupun bagaimana melakukan langkah-langkah dalam mengatasi sebuah masalah. Beberapa contoh judul panduan yang menarik adalah “cara mudah mendapatkan berat badan ideal”, atau dengan variasi bilangan “10 langkah untuk mencerahkan kulit wajah dengan aman”.

Konsep judul dan artikel panduan lebih bersifat prosedur atau instruksi, mungkin biasa dikenal dengan istilah procedure text.

2. Judul Membandingkan Dua Hal

Mungkin jenis judul panduan diatas sudah cukup mudah dipahami, dan kali ini ada salah satu jenis judul lain yang cukup membuat artikel menarik, yakni jenis judul perlawanan dua hal atau pro kontra Jenis judul artikel semacam ini benar-benar mengundang rasa penasaran dari orang yang melihatnya.

Beberapa contoh judul perlawanan dua hal atau pro kontra adalah “Mengadu fitur dan spesifikasi kamera Nikon D5000 dengan Canon 500D”, kemudian “Kelebihan dan kekurangan Android Jelly Bean” atau bisa juga “Dampak positif dan dampak negatif penggunaan laser wajah”.

Penggunaan judul perlawanan dua hal atau pro kontra ini sering digunakan untuk melakukan perbandingan produk atau layanan, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk pembahasan hal-hal lain seperti baik buruk melakukan suatu aktivitas tertentu atau menggunakan benda tertentu. Konten semacam ini bisa termasuk dalam kategori discussion text.

3. Judul Membuka Rahasia

Apa maksudnya dengan jenis judul pemberitahu rahasia atau membuka rahasia? Bukan maksudnya membuka rahasia tentang skandal dari penulis, melainkan menuliskan judul yang intinya memberi gambaran bahwa sebuah konten yang tulis merupakan pemberitahuan sebuah penyelesaian masalah (rahasia) kepada pembaca.

Meski seperti pembukaan rahasia yang benar-benar membuat penasaran, pada kenyataannya judul seperti ini hanya sebagai trik saja karena mungkin di halaman lain sudah ada pembahasannya juga. Beberapa contoh jenis judul pemberitahu rahasia adalah “Rahasia untuk menaikan konten ke pagerank pertama Google dengan cepat”, atau bisa “Rahasia bisnis online beromset ratusan ribu per hari”.

Judul dengan menggunakan rahasia memang membuat rasa penasaran tinggi bagi yang membacanya. Judul untuk konten jenis ini bisa termasuk ke dalam kategori explanation text.

3. Judul Mengandung Humor dan Sindiran

Salah satu jenis judul konten yang menarik tetapi sangat unik. Ya, untuk membuat judul artikel Anda juga tidak harus selalu menggunakan bahasa baku, melainkan bisa juga dengan bahasa humor bahkan sindiran. Judul semacam ini mengutamakan kreativitas dari penulis.

Beberapa contoh judul bersifat humor dan sindiran adalah “Tidak ingin sukses? jangan buka artikel ini” kemudian contoh lain “Cara ngepet berburu uang secara online”. Headline seperti ini pastinya dapat membuat pembaca tersenyum, tertawa terbahak-bahak, maupun sampai tersindir. Pada akhirnya mereka menjadi penasaran dan ingin membaca isi artikelnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *