Inilah 5 Peluang yang Bisa Anda Miliki Jika Sudah Menguasai Teknik SEO

Posted on

Sudah miliaran manusia yang telah menggunakan teknologi internet, membuka apa yang ingin mereka cari melalui Google atau berkomunikasi melalui jaringan sosial media. Ada banyak sesuatu yang baru yang bisa kita dapatkan dari internet, entah itu pengetahuan maupun kabar berita. Nah, berbicara soal internet dan mesin pencari khususnya Google, tentu saja erat kaitannya dengan yang namanya SEO (Search Engine Optimization). SEO merupakan sebuah teknik untuk melakukan indexing sebuah konten pada lama internet agar dapat muncul pada mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Tujuan SEO bukan hanya soal untuk melakukan indexing, namun juga berupaya bagaimana agar konten kita masuk dalam urutan teratas halaman utama mesin pencari. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk SEO, diantaranya adalah menerapkan kata kunci pada judul (tittle), tagline, badan artikel, meta description, gambar dan sebagainya. Teknik tersebut merupakan teknik dasar karena masih banyak trik yang dilakukan untuk ‘mengebut’ SEO.

Teknik SEO secara mendalam tidak banyak yang tahu, umumnya hanya mereka yang memang memiliki blog, situs web, maupun bekerja dalam lingkup teknologi informasi yang menguasai. Nah, yang perlu disadari bahwa ternyata ketika Anda sudah menguasai teknik SEO, secara otomatis Anda akan mendapatkan peluang menghasilkan uang dari skill yang Anda miliki ini. Apa saja peluang itu? berikut ulasannya:

1. Seorang pedagang online yang laris

Peluang pertama dari seorang yang sudah menguasai teknik SEO adalah menjadi seorang pedagang online yang laris. Ada banyak sekali pedagang online yang memang sukses gara-gara memenangkan persaingan di Google Search. Halaman toko online bisa mudah dijangkau oleh visitor karena muncul di halaman utama atau minimal kedua.

Kebanyakan toko online populer selalu berada dalam urutan atas dalam pencarian menggunakan Google. Anda hanya perlu menyediakan halaman untuk lapak dagangan, modal untuk ‘kulak’ produk dan di optimisasi habis-habisan untuk pemasaran. Manfaatkan skill Anda untuk menghasilkan uang.

Baca: Ini Alasan Mengapa Anda Harus Belajar SEO

2. Blogger berpendapatan dari iklan

Kekuatan blog adalah pada konten yang menarik, informatif, unik atau memiliki konten-konten menghibur. Namun blog yang dibuat dengan begitu bagus akan percuma jika tidak dapat dijangkau oleh visitor.

Untuk itulah optimisasi SEO diperlukan, dan ketika Anda telah sukses men-SEO-kan blog maka peluang Anda besar untuk meraih pundi-pundi dollar melalui program pengiklanan seperti afiliasi maupun PPC. Untuk bidang ini Anda harus mematuhi berbagai aturan dan fair dalam mendapatkan uang dari program advertisment.

3. Membuka layanan jasa SEO

Permintaan untuk jasa SEO semakin meningkat saja saat ini, mungkin dikarenakan semakin banyak situs web baru yang bertujuan untuk perdagangan maupun tujuan lain yang ingin mendapatkan banyak pengunjung. Memang banyak pemilik toko online dan pengelola memiliki modal tetapi tidak tahu bagaimana cara berjualan di internet agar laris.

Jadi mengapa Anda tidak mencoba membuka jasa SEO jika memang telah menguasai tekniknya? Pekerjaan ini tidak memerlukan alat tambahan, Anda hanya memerlukan koneksi internet, memanfaatkan pengetahuan, menggunakan tool-tool online yang masih banyak tersedia gratis. Pemasaran jasanya juga tetap melalui internet, sebuah pekerjaan yang masih anti mainstream sebenarnya.

4. Staff marketing online

Dalam sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan penjualan produk, peran terpenting dalam memasarkan tentu saja adalah apra staf pemasaranya atau staf marketing. Saat ini tentu saja sudah jaman serba online dimana marketing sudah banyak dialihkan lewat sistem online ketimbang online. Nah, ketika Anda telah menguasai teknik SEO berarti Anda bisa mendapatkan peluang bekerja sebagai staff marketing online.

Dalam pekerjaan ini Anda dapat diposisikan sebagai SEO Specialist. Dan percayakah Anda bahwa banyak situs lowongan pekerjaan yang menawarkan gaji cukup tinggi untuk para SEO Specialist, bisa mencapai kisaran Rp 5 juta sampai 10 jutaan. Tentu saja penghasilan yang cukup fantastis dan jauh melebihi UMR yang ditetapkan di Indonesia.

5. Konsultan SEO

Untuk pekerjaan ini mungkin berkaitan erat dengan pekerjaan jasa SEO. Tetapi menjadi konsultan Anda tidak hanya men-SEO-kan sebuah halaman kemudian dibayar. Anda bisa berpeluang mengadakan seminar dan workshop yang tentunya juga menguntungkan karena pendapatan berasal dari para peserta.

One thought on “Inilah 5 Peluang yang Bisa Anda Miliki Jika Sudah Menguasai Teknik SEO

  1. Kalo udah menguasai teknik SEO enak, peluang mendapatkan penghasilan lebih besar dan bisa buka jasa layanan SEO, tapi semuanya harus seimbang dengan konten, kontennya juga harus berkualitas.

Comments are closed.