5 Alasan Mengapa Facebook Masih Menjadi Media Sosial Terbaik untuk Marketing

Diposting pada

Sosial media baru dan dioptimalkan untuk perangkat mobile memang menjadi lebih ‘booming’ saat ini. Atau ditambah dengan berbagai layanan messenger yang benar-benar instan untuk berkomunikasi. Tetapi untuk aktivitas pemasaran atau marketing apakah sosial media tersebut benar-benar mampu diandalkan?

Benarkah jauh lebih efektif ketimbang Facebook yang lebih dahulu menjadi sosial media andalan untuk jualan? Ternyata tidak, bahkan bisa dikatakan Facebook masih menjadi sosial media paling ampuh untuk aktivitas marketing dengan berbagai fitur dan keunggulan serta kemudahan yang diberikan.

Instagram dan Twitter hanya memiliki fitur hastags, BBM hanya bisa mengandalkan pesan siaran tetapi Facebook memiliki segalanya. Memang pada dasarnya Facebook memang diciptakan bukan untuk pertemanan saja, tetapi diungkapkan bahwa Facebook Marketing menjadi personal branding maupun pengembangan produk melalui sosial media guna menumbuhkan popularitas serta untuk meningkatkan penjualan/sales.

Masih belum yakin Facebook unggul dalam fitur untuk pemasaran? Berikut ini kami berikan ulasan selengkapnya:

1. Facebook Sosial Media Viral

Viral maksudnya adalah penyebaran, dan Facebook merupakan sosial media yang sifatnya viral. Arti viral dalam Facebook marketing adalah, apabila salah seorang melakukan aktivitas di Facebook pada umumnya maka aktivitasnya dimungkinkan dapat terlihat oleh orang lain.

Sebagai contoh ketika Anda menyukai suatu halaman/mengklik suatu iklan, baru menerima pertemanan, menggunakan aplikasi, men-share dan lain sebagainya, maka aktivitas tersebut terbuka dilihat dan akan cepat menyebar terhadap teman Facebook Anda.  Alhasil jika teman Facebook jika melihatnya dan tertarik maka akan dimungkinkan akan mengikuti aktivitas yang Anda lakukan.

Penyebaran semacam inilah yang cukup bagus untuk aktivitas marketing. Apakah Anda menemukan hal demikian pada Instagram, Twitter, BBM atau sosial media lainnya? Pergerakan penyebaran cepat dan bersifat viral inilah yang ‘kudu’ dimanfaatkan.

2. Kuantitas yang Mendukung

Dalam satu kabupaten saja Anda bisa melihat ada sekitar ratusan ribu pengguna Facebook. Dan untuk seluruh Indonesia tentu bisa mencapai puluhan juta pengguna. Tentu saja kuantitas pengguna Facebook yang melimpah menjadi kemudahan dalam menunjang aktivitas marketing.

Bagaimana Anda bisa melakukan pemasaran bila sosial media yang Anda gunakan sepi atau hanya orang-orang tertentu saja. Hampir setiap pengguna internet pastinya memiliki akun Facebook, tetapi mereka tidak selalu memiliki Instagram, Path atau Twitter.

3. Fasilitas Lengkap

Tidak hanya akun-akun biasa yang bisa Anda buat pada Facebook. Anda bisa membuat Facebook account, Facebook fanpage, dan Facebook group. Ketiga fasilitas tersebut tentu saja memiliki fungsi spesifik dalam membantu pemasaran serta untuk meningkatkan personal branding. Facebook Account biasanya dimanfaatkan untuk berkomunikasi secara pribadi dengan sesama akun, mungkin bisa menawarkan produk secara pribadi saja ( sistem door to door antar 1 akun).

Fitur yang cukup bagus adalah dengan cara menandai teman (tag facebook) sebuah foto atau konten, melakukan share ke kronologi teman facebook, chat via inbox dan lain sebagainya yang tujuannya untuk marketing. Kemudian untuk faislitas Facebook fanpage bisa digunakan untuk melakukan publikasi dan promosi yang sifatnya massive (besar/masal). Yang terakhir adalah fasilitas Facebook group yang mungkin bisa digunakan untuk privasi hubungan antara Anda dengan para penjual loyal maupun mitra kerja, Reseller serta komunitas.

4. Layanan Pemasaran Cerdas

Layanan Facebook marketing secara resmi memang berbayar, tetapi benar-benar di efektifkan dan dirancang agar tepat guna. Sebagai contoh Facebook Ads dimana Anda bisa memunculkan fanspage atau nama situs Anda pada Beranda di banyak pengguna Facebook. Yang bagus adalah ketika Anda memanfaatkan layanan ini Anda bisa mentargetkan di Berada mana saja Facebook Ads Anda akan muncul.

Anda bisa mengaturnya iklan tersebut muncul pada pengguna di kabupaten tertentu, orang yang berusia tertentu, jenis kelamin tertentu, dan lain sebagainya. Pemasaran cerdas semacam ini lebih bagus ketimbang asal promosi yang tidak tentu efektif.

5. Monitoring Lebih Mudah

Pada Facebook terdapat fitur statistik untuk fasilitas fanspage, sehingga Anda dapat mengetahui konten-konten maupun status apa yang menarik yang ditulis para fans di Facebook. Fitur statistik semacam ini pastinya dapat gunakan sebagai alat guna melakukan riset pasar bagi bisnis Anda untuk kepentingan promosi.