Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Kerja yang Baik

Diposting pada

Surat Pengunduran Diri (Resign)

Saat ingin mengundurkan diri dari kantor, biasanya kita akan mencari contoh surat pengunduran diri atau surat resign yang sesuai dengan kebutuhan. Memang hal ini diperlukan karena mengundurkan diri dari pekerjaan harus dilakukan secara resmi melalui surat.

Jika mengajukan surat pengunduran diri, maka hal ini menunjukkan bahwa kita adalah seorang pegawai yang punya etika dan menghargai perusahaan tempat bekerja. Dengan begitu, maka kita tetap dihargai walaupun mengundurkan diri dari pekerjaan.

Tujuan dan Manfaat Surat Pengunduran Diri

Sesuai dengan namanya, surat resign dibuat bertujuan untuk pernyataan resmi pengunduran diri dari tempat kerja. Di surat tersebut Anda harus menyampaikan dengan sopan niat berhenti kerja beserta alasannya secara logis. Selain itu, surat pengunduran diri juga bermanfaat untuk:

1. Menunjukkan Kamu Pegawai yang Profesional

Dengan menyampaikan pengunduran diri dari pekerjaan melalui surat resmi maka hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah seorang pegawai yang profesional dan terhormat. Perusahaan akan menghargai pegawai yang resign dengan cara baik-baik. Dan tentu saja akan menjaga nama baik seorang pegawai.

2. Memberi Kesempatan Pada Perusahaan untuk Mencari Pengganti

Dengan memberikan surat pengunduran diri maka kita memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk mencari pengganti yang baru. Terutama untuk posisi tertentu yang memang membutuhkan waktu dalam merekrut pegawai dengan posisi tertentu.

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign

Buat kamu yang ingin membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan, berikut ini adalah beberapa contoh surat resign yang bisa dijadikan referensi:

1. Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak

Jakarta, 23 Februari 2018

Kepada Yth.
Bapak Bambang Sudarmaji
Direktur PT. Gallop Diver
Jl. Romondhi No. 17
Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Alfian Subarkah bermaksud menyampaikan keinginan untuk mengundurkan diri dari PT. Gallop Diver sebagai Operator Mesin. Terhitung sejak tanggal 30 Mei 2018.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan kerja dan kepercayaan yang diberikan perusahaan kepada saya selama ini. Melalui surat ini Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran perusahaan dan manajemen PT. Gallop Diver apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama ini.

Saya berharap, PT. Gallop Diver semakin maju, berkembang, dan menjadi perusahaan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Hormat Saya,

Alfian Subarkah

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Jakarta, 12 Juni 2018

Kepada Yth.
Dr. Rialita Sumarni PhD
Kepala UPT K3L UKI Jakarta
Di Kampus UKI, Jakarta

Dengan Hormat

Melalui surat ini, saya atas nama Yulia Nisa bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai asisten laboratorium UPT K3L UKI , terhitung sejak tanggal 12 Juni 2018. Adapun alasan saya adalah karena telah mendapatkan pekerjaan baru di tempat lain.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan kerja di UKI Jakarta selama ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan jajaran manajemen UPT K3L UKI  Jakarta jika ada kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap UPT K3L UKI  Jakarta dapat berkembang terus dan menjadi yang terbaik. Demikianlah surat pengunduran diri ini Saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya Saya capkan terima kasih.

Hormat Saya,

Yulia Nisa

3. Contoh Surat Resign Simple

Surabaya, 20 Juni 2018

Kepada Yth.
Bapak Prawiro Sugianto MSi
Direktur PT. Sugih Jaya
Di Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya M. Jailani yang bekerja sebagai Operator Mesin di PT. Sugih Jaya bermaksud untuk mengundurkan diri, terhitung sejak tanggal 28 Juni 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya selama ini. Dan Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Sugih Jaya apabila Saya pernah melakukan kesalahan selama bekerja.

Semoga PT. Sugih Jaya akan terus berkembang dan menjadi salah satu perusahaan terbaik di masa mendatang.

Hormat saya,

M. Jailani

Di atas tadi adalah beberapa contoh surat pengunduran diri (resign) dari perusahaan yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial jika dirasa bermanfaaat bagi orang lain. Terimakasih.