Cara Melindungi Komputer PC/ Laptop dari Serangan Malware

Posted on

Sebelum kamu mengalami masalah karena malware, pastikan untuk membaca tip cara melindungi komputer dari malware karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Perkembangan teknologi di bidang komputer dan internet sangat pesat. Selain memberikan manfaat besar bagi manusia, ternyata perkembangan teknologi tersebut juga disertai dengan bahaya, salah satunya adalah Malware.

Menurut berbagai sumber, ada sekitar 200.000 malware yang bermunculan di internet setiap harinya. Angka yang luar biasa ya. Dan jumlah malware tersebut ternyata terus bertambah setiap harinya.

Nah, melihat begitu besarnya jumlah malware yang ada di internet tentu kita harus waspada ya. Apalagi melihat kenyataan bahwa ada sekitar 30% komputer rumah dan 5% komputer perusahaan sudah terinfeksi oleh botnet (menurut data Gartner Orans).

Cara Melindungi Komputer PC/ Laptop dari Malware

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana untuk mencegah serangan malware luar:

1. Upgrade Komputer Windows

Upgrade komputer windows kamu ke versi 64-bit, baik Windows 7 atau Windows 8. Biasanya program jahat yang dibuat itu untuk versi 32 bit, sehingga jika kamu menggunakan software versi 64 bit maka sebagian besar malware tersebut tidak bisa menyerang komputer kamu

2. Gunakan Browser Modern

Malware juga bisa masuk dari browser ketika kita membuat sebuah situs yang terinfeksi malware. Penggunaan browser yang modern akan memungkinkan penutupan celah keamanan yang sebelumnya telah disusupi oleh malwere, sehingga komputer kamu akan lebih aman dalam berinternet.

3. Gunakan Password yang Kuat

Jika mau aman dari malware dan segala serangan hacker maka wajib hukumnya memiliki password yang kuat. Password yang baik bisa kamu buat dengan menggunakan kombinasi karakter khusus yang jarang terpakai oleh orang lain, misalnya: @738AidecHc*

4. Selalu Update Software

Perangkat lunak di komputer/ laptop yang tidak uptodate juga bisa menjadi jalan masuk malware. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengupdate perangkat lunak tersebut.

Gunakan software yang asli karena software bajakan bisa saja disisipi malware. Dan software asli dapat kamu update secara berkala untuk meningkatkan keamanan perangkat komputer/ laptop.

5. Edukasi Pengguna Komputer

Jika komputer di rumah digunakan oleh banyak orang maka kamu harus memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga keamanan komputer tersebut. Hal ini bisa mencakup kewaspadaan saat membuka file dari USB atau media transfer lainnya, kewaspadaan saat membuka dan menggunakan sebuah situs, dan lain-lain.

Unduh software cuma dari website yang Anda kenal serta terpercaya. Barang gratis mungkin saja terdengar menarik, tapi downlot gratis bisa saja sembunyikan malware. Atur keamanan di browser kamu untuk mendeteksi downlot tidak sah. Umpamanya, memakai paling tidak penyusunan keamanan tingkat menengah.

Bahkan ketika kamu sudah melakukan pencegahan, malware masih bisa temukan jalan ke computer kamu. Jadi, perhatikan beberapa tanda-tanda berikut ini:

  • Komputer kamu jadi lambat
  • Laptop kamu jadi boros baterai
  • Sering terjadi kerusakan file yang tidak terduga atau crash
  • Komputer/ laptop tidak bisa shutdown atau restart
  • Sering muncul banyak pop-up
  • Kamu dibawa ke halaman situs yang tidak ingin dikunjungi
  • Halaman homepage kamu berubah
  • Munculnya ikon atau toolbar tanpa ada izin dari kamu

Bila kamu mencurigai ada malware, berhenti lakukan beberapa hal yang membutuhkan password atau info pribadi, seperti berbelanja on-line atau perbankan. Pakai komputer lain yang aman untuk merubah password kamu. Memperbarui software keamana dan antivirus lalu lakukan scanning.

Bila kamu tidak bisa melakukan perbaikan problem sendiri, pastikan memperoleh pertolongan dari seorang profesional. Produsen komputer kamu atau penyedia service internet mungkin saja tawarkan support teknis gratis. Bila tidak, hubungi perusahaan atau toko ritel yang sediakan support teknis.