Belanja Online Secara Bijak

3 Tips Berbelanja Online Secara Bijak dan Tepat Guna

Posted on

Belanja online sudah bukan lagi menjadi barang yang ‘aneh’ saat ini. Bahkan menjadi sebuah kebutuhan ketika merasa kesulitan menemukan produk di toko-toko konvensional. Ya, toko online memungkinkan Anda mendapatkan sesuatu yang diinginkan,  apapun itu.

Nah, pernahkah Anda merasa salah dalam berbelanja online? Salah maksudnya adalah membeli barang yang ternyata tidak sesuai yang diharapkan. Bukan hal yang mengagetkan karena bagaimana pun juga berbelanja online membuat Anda tidak dapat berhadapan langsung dengan penjual dan tidak bisa menyentuh langsung dengan produk yang dimaksud.

Namun setidaknya ada beberapa trik dan tips untuk Anda dalam berbelanja online agar terhindar dari kesalahan. Berikut ulasannya:

1. Baca Deskripsi Lengkap

Anda mungkin sering melupakan membaca deskripsi produk. Kesalahan inilah yang akhirnya akan membuat Anda kecewa dikemudian hari. Bacalah dengan teliti dan cermat produk yang hendak Anda beli. Ini sangat penting khususnya ketika Anda hendak membeli produk fashion maupun produk obat-obatan serta kosmetik.

Produk fashion sering tidak pas, padahal mungkin penjual sudah mencantumkan deskripsi lengkap mulai dari ukuran, tipe, warna bahan yang digunakan dan berbagai deskripsi lain. Kesalahn ukuran sering kali terjadi, ingat ukuran M Indonesia dengan M orang luar negeri berbeda. Begitu juga dengan produk kesehatan seperti obat atau kosmetik.

Baca aturan pakai, baca kontradiksi dan cara penggunaan karena akan beresiko berbahaya jika Anda tidak memahami. Namun bagaimana jika tidak ada deskripsi produk? Segera urungkan niat pembelian. Cari seller yang secara lengkap menuliskan deskripsi produk ketimbang Anda malah menyesal kemudian hari.

2. Baca Transaksi yang Dilayani

Sepertinya untuk E-Commerce besar dan terkenal sudah bisa melayani berbagai cara pembayaran. Tetapi tetap saja harus Anda baca layanan pembayaran, apakah bisa COD (baca: pengertian COD), transfer, via credit card maupun lewat cara lainnya. Sebaiknya carilah E-Commerce yang melayani cara pembayaran yang Anda bisa, yang sekiranya aman bagi Anda dan juga yang cepat.

3. Kunjungi Hanya E-Commerce yang Terpercaya

Situs online penjualan yang masih berupa blogspot atau wordpress sebaiknya Anda hindari. Lebih baik Anda mengunjungi toko online yang sudah terpercaya. Sangat beresiko jika Anda membeli produk pada situs yang belum jelas apalagi yang tidak mencantumkan alamat secara lengkap.

Pastikan juga ada hotline customer service yang selalu siap melayani keluhan dan pertanyaan. Jika tidak, sebaiknya urungkan saja.