Berapa Lama Sebuah Blog akan Terindex oleh Google?

Posted on

Ada banyak artikel yang diberi judul ‘cara agar blog terindex cepat oleh Google’ atau ‘cara cepat untuk menempati page rank pertama pada Google search’. Tidak ada yang salah, bahkan trik-trik yang diberikan sepenuhnya benar dan bukan trik bohongan. Namun yang menjadi masalah adalah banyak orang yang membaca artikel tersebut merasa bahwa ternyata apa yang dibayangkan dan diinginkan tidak secepat yang ditulis oleh judul artikel tersebut.

Ya, sudah melancarkan berbagai macam strategi namun mengapa situs web atau blognya tidak kunjung terindex. Bahkan mungkin sudah mencari-cari sampai halaman Google search ke 5 hingga ke 10 tetap juga tidak menemukan. Yang perlu dilakukan adalah terus berusaha mengoptimisasi, gunakan segala macam trik selama masih belum melanggar algoritma Google dan bukan termasuk SEO black hat.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya banyak penulis dan ahli SEO berpendapat bahwa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat terindex oleh Google adalah sekitar 3 sampai 4 minggu, bahkan lebih mencapai beberapa bulan. Jadi kali ini tinggal Anda harus mengetahui apa yang membuat sebuah situs cepat atau lama terindex.

Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda:

1. Seberapa elemen SEO yang Anda gunakan

Selengkap-lengkapnya Anda harus memanfaatkan elemen SEO karena bagaimana pun juga hal inilah yang bisa menentukan cepat atau lambatnya situs Anda terindex. Mulai dari tittle tag, penggunaan kata kunci pada badan artikel, foto atau gambar yang diberi kata kunci beserta alt text, penggunaan meta description dan lain sebagainya.

Elemen-elemen inilah yang terkadang malas di isi atau mungkin dilupakan bagi para pemula. Padahal elemen ini yang menjadi faktor mempercepat lama kita terindex oleh Google.

2. Halaman kita sesuai dengan yang Google sukai

Faktor kedua untuk mempercepat terindexnya halaman kita oleh mesin pencari adalah apakah konten dari posting situs sudah Crawl-able atau sesuai standar Google. Jika tidak sesuai standar Google atau tidak disukai oleh Google jangan harap untuk cepat terindex apalagi masuk pagerank utama.

Ingat bahwa saat ini algoritma Google lebih menyukai konten yang mobile friendly, dengan akses cepat dan tidak adalah hidden link. Yang paling berbahaya adalah ketika halaman Anda menyembunyikan sebuah link sehingga tidak dapat dijangkau oleh Google bot.

3. Konten relevan mempercepat

Pastikan konten website yang Anda buat dapat dimengerti serta dibaca oleh bot / spider Google. Inilah mengapa Google mengkehendaki sebuah konten yang relevan dan sesuai dengan judul. Yang perlu Anda ingat adalah Google bot lebih senang “membaca teks” dan cukup sulit untuk mendeteksi gambar atau konten flash maupun javascript.

Bahkan mungkin memang tidak bisa mendeteksi konten non teks, itulah mengapa gambar harus diberikan keyword dan alt teks. Jadi untuk mempercepat pengindexan sebuah halaman harus memiliki lebih banyak “teks” agar dapat dibaca oleh bot/spider.

4. Tindakan lain untuk ‘mengebut’ pengindexan

Sekedar menempatkan kata kunci, membuat elemen SEO dan membuat konten yang disukai Google, apakah tindakan itu cukup? Sebenarnya cukup bila Anda ingin lebih bersantai dalam pengindexan. Namun jika Anda benar-benar menginginkan hasil cepat yang maksimal Anda harus melakukan tindakan lain diantaranya adalah memancing Google bot untuk cepat menjangkau halaman kita.

Beberapa langkahnya adalah dengan memasukan URL situs Anda ke Search Console dengan link: https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue=/addurl+URL+submittal . Pengindexan akan lebih cepat jika Anda melakukan verifikasi halaman baru ke tools semacam ini. Atau langkah lain adalah dengan membuat peta situs (sitemap), maupun pertukaran link.

Sebagai bukti kami telah mencoba melakukan pengindexan sebuah situs  (jasa fotografi di kota cilacap) dengan trik-trik diatas. Hasilnya dalam waktu hanya 1 minggu saja situs ini dapat terindex pada urutan teratas halaman 2 Google dengan keyword ‘fotografer cilacap’ dan akan terus merangsek naik tingkat ke halaman pertama. Bahkan dengan keyword yang sama dan dicari pada Google Image, beberapa konten gambar dari situs kami muncul pada bagian teratas. Anda harus mencobanya.