Arti Bijaksana

Arti Bijaksana: Pengertian, Manfaat, dan Ciri-Ciri Orang Bijaksana

Posted on

Arti Bijaksana

Bijaksana adalah sebuah kata yang kuat, apa pengertiannya? Umumnya, arti bijaksana adalah dapat bersikap tepat dalam menghadapi setiap keadaan karena selalu bertindak berdasarkan akal sehat dan logis. Orang yang bijaksana dapat mengambil keputusan yang adil, baik untuk dirinya sendiri maupun terhadap orang lain.

Bijaksana bukanlah suatu bentuk kepandaian, namun kepandaian seseorang turut membantu dalam bersikap bijaksana, biasanya orang yang cerdas dianggap bijaksana karena mampu dalam mengambil keputusan yang tepat dengan kepala dingin.

Manfaat Bersikap Bijaksana

Bersikap bijaksana merupakan suatu hal yang baik dan banyak manfaatnya, berikut contohnya :

  • Bersikap bijaksana tidak hanya menyenangkan anda seorang, namun juga orang lain
  • Membuat anda terlihat berwibawa dan dihormati orang
  • Anda dapat dipercaya
  • Kebijaksanaan anda dapat menciptakan kedamaian dan keadilan untuk lingkungan anda
  • Lebih jauh lagi, nilai-nilai yang tersirat dalam Pancasila, bisa diwujudkan dengan keputusan-keputusan yang anda ambil secara bijaksana, contohnya secara bijaksana tidak meneruskan berita-berita hoax karena anda sudah memastikan ketidakbenaran berita agar tidak muncul opini-opini liar di lingkup sosial anda.

Ciri-Ciri Orang Bijaksana

Seorang yang bijaksana selalu menghasilkan hal-hal yang baik dari tutur kata dan perbuatannya. Anda bisa mengenali orang-orang bijaksana melalui ciri-ciri berikut :

  • Orang bijaksana menghargai mulai dari diri mereka sendiri, bisa dilihat dari cara berpakaian yang rapi dan sopan.
  • Orang bijaksana mendahulukan mendengar dan berfikir sebelum bertutur.
  • Rasa ingin tahunya meningkat karena terbiasa berfikir luas.
  • Membaca situasi! Penting untuk tahu kapan harus ikut campur, berbicara atau kapan hanya mendengar saja.
  • Tidak cepat menilai orang lain tanpa mengenal lebih jauh
  • Kepentingan umum didahulukan daripada kepentingan pribadi.
  • Perduli terhadap kepentingan orang lain dalam mengambil keputusan.
  • Menghargai orang lain, sementara dirinya adalah seorang yang rendah hati.
  • Bersenda gurau tidak berlebihan untuk menjaga perasaan orang lain

Anda ingin menjadi Bijaksana?

Pengendalian diri adalah kuncinya. Kendalikan diri anda sehingga mampu bersikap sesuai dengan kondisi tempat dan waktu. Beberapa cara dibaawah ini dapat membantu anda menjadi bijaksana.

1. Berpikir Sebelum Berbicara

Seorang yang bijak juga memikirkan efek dari perkataannya, sehingga dia akan berhati-hati sebelum berbicara. Kualitas seseorang bisa dilihat dari kata-kata yang  mereka ucapkan, berujar jika yang dibicarakan memiliki manfaat untuk orang lain.

2. Bersikap Adil dan Tidak Egois

Jika anda bekerja dalam tim, penting untuk dapat bersikap tidak egois, karena sudah sepatutnya anda mengedepankan kepenting bersama. Terlebih jika anda seorang pemimpin, bersikaplah adil dan tidak egois. Orang bijak tidak  mementingkan dirinya sendiri tetapi dapat menyeimbangkan kepentingan pribadi dan umum. Dengan keseimbangan tersebut akan menciptakan lingkungan yang harmonis.

3. Berpendirian teguh

Anda dapat menjadi orang yang dapat dipercaya, ketika pendirian anda sudah teruji. Orang bijak tidak berujar sembarangan dan dengan mudah mengingkarinya. Teguhlah terhadap pendirian anda.

4. Mampu Memahami Orang Lain

Tidak cepat menilai orang, tanpa mengenal lebih jauh. Ia akan melihat segala sesuatu dari banyak sudut pandang yang berbeda. Hal ini tidaklah mudah dilakukan namun Anda bisa mulai membiasakan diri untuk berpikiran terbuka dan mau mengenal orang lain lebih jauh.

5. Menerima keunikan orang lain

Orang bijak sadar jika setiap individu adalah unik. Orang bijak menghargai perbedaan dan dengan saling mengormati akan mencintakan kerukunan dalam bermasyarakat.

6. Setiap tindakan memiliki tujuan

Orang bijaksana mampu menggontrol perasaan dan tindakan dengan baik, sehingga setiap tindakan yang dilakukan merefleksikan dan memberi nilai-nilai positif bagi sekitarnya.

Secara Ringkas, demikianlah pemaparan mengenai arti bijaksana dan manfaatnya. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang bijaksana ya.

Baca juga : Pentingnya Pendidikan Anak