Anak Alay Juga Bisa Jadi Marketer Online yang Handal

Diposting pada

Sifat dan kepribadian masing-masing manusia tentu saja sangat berbeda-beda. Mungkin Anda adalah seorang yang pendiam, apatis dan sulit bergaul karena minder atau memang malas bersosialisasi. Kemudian ada orang yang bertipe ‘bintang’, maksudnya adalah orang yang sifatnya ‘ramai’, heboh, suka bergaul, dan dalam bahasa gaulnya “ga ada lo ga rame”.

Tetapi berbeda lagi dengan sifat dan tingkah laku seseorang di dunia maya, khususnya sosial media. Ada yang memang aslinya heboh dan di sosial media heboh, ada pula yang heboh di sosial media padahal aslinya pendiam. Dan yang cukup unik adalah mereka yang sudah masuk kategori anak alay. Beberapa sifat alay seseorang bisa terlihat dari bagaimana ia menggunakan sosial media, seperti apa postingan tulisan yang di update, kemudian foto-foto yang di unggah.

Jika Anda sering meremehkan anak-anak alay atau menyepelekan mereka, mungkin Anda harus mencoba membaca sampai tuntas artikel ini. Mengapa? Ternyata anak alay di sosial media sangat berpotensi menjadi seorang marketer (pemasar) online yang handal. Berikut alasannya:

1. Anak Alay Mudah Dikenali dan Terkenal

Anak alay biasanya sangat mudah dikenali di dunia maya khususnya layanan sosial media. Mungkin ia memiliki nama yang sangat khusus dan memiliki postingan-postingan unik. Itulah mengapa ia sangat mudah dikenal bahkan terkenal diantara teman-temannya.

Pada akhirnya seorang yang sudah terkenal dalam lingkupnya berpotensi menjadi seorang pemasar produk handal. Ia sudah memiliki jaringan dan kenalan banyak. Bandingkan dengan orang yang kurang terkenal dalam lingkupnya, dan akhirnya agak sulit untuk menjadi seorang marketer handal.

Ditambah lagi, anak alay umumnya adalah anak yang mudah bergaul. Jika Anda merasa sebagai anak alay, maka potensi Anda perlu di gali dan diarahkan.

2. Anak Alay Aktif di Banyak Sosial Media

Anak alay menginginkan dirinya dipandang sebagai anak yang eksis, khususnya di dunia maya. Untuk itulah ia juga banyak mendaftar akun-akun seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path bahkan layanan messenger juga tidak ketinggalan mulai dari BBM, Line, dan lain sebagainya.

Tentu hal semacam ini sepertinya sangat disarankan bagi seorang marketer. Semakin banyak memiliki akun semakin mudah untuk mencapai target pemasaran. Andaikan seorang alay sudah memikirkan tentang uang, pastilah ia memanfaatkan semua akun miliknya untuk aktivitas pemasaran.

3. Teman dan Followersnya Banyak

Padahal postingannya kurang bermutu atau foto-fotonya hanya selfie-selfie saja. Tetapi anak alay justru memiliki banyak teman dan followers. Bukankah ini menjadi sebuah hal yang sangat memudahkan untuk pemasaran online?

Selain itu, anak alay juga tidak pernah gengsi untuk memfollow atau add orang lain. Semakin luas jaringannya, semakin banyak channel yang didapatkan. Bayangkan saja, sekali upload foto di Facebook, orang yang Like bisa mencapai ratusan.

Malah terkadang jumlah Like dan komentar menjadi ajang perlombaan antar sesama anak alay. Bahkan sebuah akun sosial media toko online saja tidak sampai segitunya. Jadi bukankah anak alay benar-benar bisa dimanfaatkan?

4. Anak Alay Rajin Memposting

Apakah Anda seseorang yang malas memposting di sosial media? Mungkin memang bukan Anda bakatnya menjadi bagian tim marketing online. Berbeda dengan anak alay, yang demi eksistensi diri ia rela meluangkan waktunya hanya untuk memposting apa yang sedang ia lakukan, yang ia pikirkan, yang sedang dilihat atau tentang perasaannya.

Tentu ini hampir persis dengan sebuah akun sosial media penjualan produk dimana mereka harus terus memposting sesuatu yang bisa menarik hati orang lain untuk membeli produk. Hampir sedikit lagi seorang anak alay menjadi seorang marketer yang handal apabila yang ia posting adalah sesuatu yang menghasilkan.

Kekurangan Anak Alay

Ada banyak kelebihan dan potensi yang dapat dimanfaatkan dari anak alay. Namun yang masih menjadi kendala adalah bagaimana mereka umumnya masih memiliki pemikiran yang labil, terkadang ketika emosi justru memposting sesuatu yang kurang baik (merusak pencitraan perusahaan), dan gaya bahasanya mungkin perlu diperbaiki.

Soal aktivitas marketing memang cukup pas untuk anak alay, jadi hanya perlu pengarahan dan memperbaiki etika dalam bersosial media.

One thought on “Anak Alay Juga Bisa Jadi Marketer Online yang Handal

  1. kelebihan anak alay……. alay dapat menghasilkan… mantab

Comments are closed.