Membuat-Kamera-DSLR-Anda-Semakin-Canggih

Kamera DSLR memang merupakan kamera canggih karena memiliki sensor besar, banyak fitur, serta foto yang dihasilkan sangat tajam dibandingkan kamera jenis lain. Anda bisa memotret objek yang bergerak secepat mungkin dan juga menghasilkan foto dengan Shutter Speed rendah untuk merekam gerakan objek. Atau mungkin pada area yang minim cahaya sekalipun, kamera jenis ini masih mampu memotret dengan hasil maksimal. Bahkan untuk seri tertentu ada DSLR yang mampu menghasilkan banyak foto dalam satu kali tembakan dengan fitur Continous Brust.

Banyak yang belum mengetahui bahwa ternyata ada sisi lain dan keunikan dari kamera DSLR. Ya, DSLR selain memiliki fitur standar juga memiliki beberapa kemampuan canggih yang bisa cukup berguna bila digunakan. Seperti apa kemampuan canggih kamera DSLR dan bagaimana trik penggunaannya? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Jadikan Flash Internet Sebagai Trigger

Trigger dalam dunia fotografi adalah alat pemicu lampu lain untuk menyala. Biasanya Trigger dijual dengan harga ratusan ribu tergantung kualitas dan bentuknya seperti Modem USB. Fungsinya untuk menyalakan lampu kilat lain seketika saat Shutter kamera ditekan, memanfaatkan Receiver. Nah, bagi Anda yang terbatas dana untuk membeli Trigger ternyata bisa memanfaatkan flash internal sebagai Trigger untuk memicu flash external menyala saat memotret.

Caranya, gunakan flash external yang memiliki fitur Slave dan letakan dibagian tertentu. Pilih Mode S (Slave) pada flash external dan saat memotret kamera wajib menggunakan flash internal (flash bawaan). Maka seketika saat Anda memotret, flash internal menyala bersama flash external. Pastikan posisi flash external mampu menjangkau lampu dari flash internal karena penyalaannya memanfaatkan sensor yang terletak dibagian depan flash external. Trik ini bisa dijadikan seperti teknik Strobist dengan biaya murah.

Memotret Dengan Remote Wireless IR

Mungkin Anda sudah pernah menggunakan Remote release pada smartphone, terutama saat digunakan menggunakan tongsis. Nah, ternyata jauh sebelum ponsel bisa memotret dengan Remote, kamera DSLR juga memiliki kemampuan tersebut. Ya, khususnya untuk DSLR yang memiliki fitur InfraRed Anda bisa memadukannya dengan Remote Wireless IR.

Jadi Anda bisa mengambil dengan meletakan kamera pada tripod atau duduk tertentu dan cara memotretnya menggunakan remote. Harga Remote Wireless IR cukup murah dipasaran, hanya sekitar Rp 50 ribuan. Cocok untuk selfie atau memotret group agar seluruhnya bisa terfoto semua. Penggunaan Remote ini lebih mudah dibandingkan harus memanfaatkan Timer.

Memotret di Tempat Minim Cahaya

Mustahil mendapatkan gambar yang terang di area yang minim cahaya tanpa bantuan lampu flash. Bagi kamera lain memang mustahil, namun bagi DSLR itu adalah sesuatu yang mudah. Sebagai contoh Anda masuk ke sebuah ruangan agak gelap dengan  pencahayaan hanya 1 lampu bohlam saja.

Letakan DSLR Anda pada tripod atau dudukan tertentu agar tidak goncang. Setting Shutter Speed selama mungkin atau serendah mungkin, bisa sampai 10 detik 20 detik, 25 detik atau bahkan 30 detik dan dengan bukaan besar (Aperture). Maka hasilnya Anda akan menghasilkan foto yang terang pada ruangan yang minim cahaya. Ingat, trik ini hanya bisa dilakukan pada area minim cahaya, bukan tanpa cahaya sama sekali.  Trik ini umumya dilakukan pada saat pemotretan malam hari dijalan raya.

Viewfinder Dapat Menyesuaikan Kondisi Mata Anda

Produsen kamera DSLR ternyata memperdulikan kondisi kesehatan mata dari para konsumennya. Tidak semua fotografer memiliki mata normal, ada yang minus ada yang plus. Nah, untuk mengatasi demikian ternyata hampir setiap kamera DSLR modern memiliki pengaturan dioptri untuk menyesuaikan penglihatan dari pengguna. Biasanya terletak disekitar viewfinder kamera, baik diatasnya atau disampingnya. Aturlah dioptri dengan menggeser sesuai kebutuhan, baik untuk mendekatkan gambar atau menjauhkan tergantung mata Anda plus atau minus level berapa.

Baterai 2 Kali Lipat Powernya

Setiap kamera DSLR umumnya memiliki satu baterai saja. Namun bagi Anda yang kurang puas, Anda bisa menempatkan lebih dari satu baterai pada sebuah kamera DSLR. Ya, dengan memanfaatkan aksesoris vertikal grip Anda dapat menempatkan 2 baterai sehingga daya tahannya lebih lama. Mungkin vertikal grip akan menjadikan kamera terlihat lebih besar dan berat. Namun tentunya bisa lebih lama digunakan.