Bagi para pengguna Android pastinya sudah tidak asing dengan keberadaan layanan Google Play atau biasa disebut Play Store. Ini adalah salah satu aplikasi resmi keluaran Google untuk platform Android. Google Play tentu tidak akan dapat digunakan untuk sistem operasi selain Android. Sebagai contoh iOS yang memiliki iTunes sebagai toko aplikasi resmi.

Kabarnya sudah ada sekitar 1 jutaan aplikasi yang tersedia pada Google Play dari berbagai kategori baik itu Games, Tools, Bisnis, Fotografi, Media & Video, Pendidikan, Hiburan, Buku & Referensi serta berbagai kategori lainnya. Nah, terkadang meski sudah tersedia banyak pilihannya, banyak juga pengguna Android yang mencoba toko aplikasi selain Google Play.

Mungkin ada beberapa alasan mengapa masih mencoba toko aplikasi lain, seperti mencari aplikasi yang tidak ada pada Google Play, atau mungkin sebagai jalan pintas untuk mendapatkan aplikasi yang gratis padahal aslinya berbayar.

Jadi apa saja toko aplikasi Android yang banyak digunakan pengguna Android selain Google Play? Simak ulasan dibawah ini:

1. Amazon

Amazon? Bukankah ini adalah situs website yang melayani penjualan barang dengan sistem Marketplace? Memang benar, tetapi karena saking besarnya situs Amazon sampai-sampai situs ini juga memiliki layanan untuk pengunduhan aplikasi Android. Ada ribuan aplikasi Android dalam Amazon baik yang gratisan sampai yang berbayar. Anda bisa mengaksesnya pada alamat: Amazon.com/gp/mas/get/android

2. 1Mobile Market

Untuk toko aplikasi yang kami rekomendasikan kedua adalah 1Mobile Market. Layanan situs ini ternyata memiliki kelengkapan yang tidak seberapa dibandingkan dengan Google Play. Namun yang unik adalah 1Mobile Market ternyata menyediakan aplikasi Android yang mungkin saja tidak atau belum tersedia di Google Play.

Baca juga:  Inilah Beberapa Cara Efektif Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone

Ketidaktersediaan tersebut bisa saja terjadi karena belum mendukung di wilayah tertentu maupun sebelumnya sudah ada tetapi telah dihapus di Play Store. Jadi cocok untuk Anda yang ingin mencari aplikasi lama atau aplikasi yang belum ada di wilayan Anda. Silahkan akses situs toko aplikasi ini pada alamat: Market.1mobile.com

3. BlackMart

Dari namanya sepertinya cukup aneh yah, mengapa disebut BlackMart seperti Black Market. Ya, sebenarnya ini sama seperti layanan toko aplikasi lain dimana menyediakan banyak pilihan aplikasi Android didalamnya. Namun yang menjadi perbedaan adalah BlackMart mencoba memberikan layanan pengunduhan secara gratis untuk aplikasi yang sebenarnya memiliki lisensi atau berbayar.

Cukup kontroversial memang, tetapi BlackMart akhirnya banyak digunakan oleh pengguna Android yang masih enggan mengeluarkan biaya untuk pembelian aplikasi tertentu yang dibanderol harga pada Google Play. Uniknya lagi, sudah namanya BlackMart, tampilan aplikasi ini juga berwarna hitam pada sisi atasnya. Berbeda dengan Google Play dengan ciri khas warna hijau.

4. Mobogenie

Untuk yang ke empat ada opsi Mobogenie sebagai toko aplikasi terbaik selain Google Play. Mobogenie utamanya memang menyediakan berbagai aplikasi Games, mulai game berat sampai ringan bahkan yang tidak ada pada Google Play.

Namun sebenarnya dalam Mobogenie, Anda tidak hanya dapat menemukan aplikasi game saja melainkan juga beragam aplikasi seperti musik dan wallpaper yang bisa Anda download secara gratis. Layanan Mobogenie sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, dengan alamat web: www.mobogenie.com/id/

Baca juga:  Topologi Pada Jaringan Komputer

5. SlideMe

Toko aplikasi yang satu ini hampir sama dengan toko aplikasi lainnya. Namun ada satu kelebihan SlideMe, yaitu adanya dukungan untuk komunitas pengguna. Dengan dukungan semacam inilah, user dapat berdiskusi dengan sesama member SlideMe untuk berbincang seputar pengalaman, review dalam menggunakan aplikasi maupun game yang telah di download dan dicoba. Mengenai fitur masih sama dengan toko aplikasi lain. Kunjungi segera situs SlideMe pada Slideme.org.

Meski cukup banyak pilihan, yang pasti tetap saja Google Play merupakan layanan toko aplikasi yang resmi dan sudah otomatis terinstall pada ponsel Android. Toko aplikasi diatas hanyalah sebagai alternatif jika Anda tidak menemukan aplikasi yang dimaksud pada Google Play. Kemudian sebagai himbauan, untuk aplikasi berbayar yang bisa di unduh gratis tentunya adalah tindakan ilegal sehingga keamanannya tidak bisa terjamin.