Apa itu Bisnis ?

Memulai Bisnis Online
Tips Memulai Bisnis Online

Menurut salah satu sumber arti dari bisnis ialah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Mungkin jika sobat mendengar kata bisnis, pikiran sobat akan berpikir akan mendapatkan uang. Berikut pandangan bisnis menurut salah seorang publisher

”Bisnis tak selalu dengan uang, bisnis adalah tentang memberikan sesuatu yang terbaik dan berharga bagi orang lain, maka uang akan mengikuti dengan sendirinya. Dengan berfokus pada uang kita memang bisa mendapatkan uang, namun ketika dalam bisnis kita telah menghalalkan segala cara demi uang, maka kita tak akan mendapatkan kebahagian tentang apa itu bisnis”           – Karnanda Prakoso. 

Demi terwujudnya apa itu bisnis dan merasakan manfaat yang mendalam kita harus merubah tujuan, rubahlah tujuan anda ke tujuan jangka panjang dan mengandung niat untuk saling berbagi.

Contoh bisnis yang banyak digeluti pada masa sekarang ialah bisnis online, bisnis jasa, multi level marketing (MLM), Jasa sablon fashion, jualan e-book, dan bisnis yang bernilai jual tinggi. Pada artikel ini kita akan membahas tentang BISNIS ONLINE.

Memulai bisnis itu tidaklah susah. Memulai hanya perlu niat yang kuat dan tekat serta mimpi yang tinggi.Ingin tau lebih lanjut ? Baca Artikel ini..

 Baca juga ini : tips sedehana memulai bisnis

 Hal mendasar tentang Bisnis Online

Bisnis online pada saat ini bukanlah hal yang asing lagi bagi pengguna internet, karena hampir setiap pebisnis juga melakukan bisnisnya dengan online. Bisnis online pun beragam seperti, MLM Online, Toko Online, Iklan Online. Berikut 3 Hal mendasar tentang bisnis online :

1. Produk

Bila kita memasarkan sesuatu yang berbentuk fisik / non-fisik  tentunya produk harus ada, agar tujuan sobat berbisnis online jelas. Apakah sobat mau jualan fashion tentunya fashion tersebut harus tersedia. Sobat ingin jualan Theme WordPress / Blogger tentunya sobat harus memiliki stok themenya. Produk-produk yang memiliki peluang besar untuk bipasarkan melalui online,seperti :

a. Digital ( Software, Theme/Template, e-book, video, plugin WordPress, dan desain ).

b. Fisik ( Baju, Costplay, Sepatu, Perlengkapan Olahraga, Gadget, dan produk yang berbentuk fisik )

c. Jasa ( Jasa Menulis Artikel, Jasa SEO, Jasa Design Theme, Jasa Pembuatan Website, Jasa Web Iklan, ataupun sobat mempunyai keahlian yang sedikit dimiliki oleh orang lain itupun bisa sobat jadikan prosuk untuk usaha seperti edit foto jadi kartun, edit foto jadi WPAP, manipulasi foto dan teknik-teknik lainya ).

2. Website

Website adalah tempat sobat memasarkan produk yang akan sobat pasarkan. Website sangat berguna untuk meperlihatkan produk apa saja yang sobat tawarkan dan seperti apa produk sobat tersebut. Ada dua cara membangun website, yaitu :

a. Menggunakan website gratis seperti blogspot, wordpress, atau marketplace.

b. Menggunakan website sendiri dengan hosting dan domain yang berbayar.

Dalam membangun website usahakanlah website sobat tersebut memanjakan pengunjung sehingga ia tertarik untuk memesan / membeli prosuk anda tersebut. Buatlah website tersebut yang praktis tinggal klik klik pembayaran selesai barang ( fisik ) beberapa jam / hari kemudian tiba dirumah pemesan. Komponen-komponen yang harus ada di dalam website sobat adalah Halaman produk, Cart/ tombol order, Cara pembayaran, Profil dan Alamat usaha anda, Live Support, Testimoni, Portofolio produk anda ( desain web ), dan bukti pengiriman.

Artikel terkait : Cara mendapatkan uang dari blog

3. Traffic

Traffic merupakan kunjungan pengguna internet ke website sobat. Tanpa traffic usaha online tak akan jalan dan tanpa traffic tak akan ada budget yang masuk ke kantong sobat. Setelah sobat membangun website semenarik mungkin banyak cara untuk mendatangkan pengunjung seperti SEO ( Search Engine Optimation ), SEM ( Search Engine Marketing ), Pasang Iklan di situs penyedia layanan PPC ( Menjadi Advertiser ), Social Media, dan memasang iklan di web/blog orang lain.

4. Penjual dan Pembeli

 Alasan dan Langkah Memulai Bisnis Online.

Memulai bisnis online ini tidaklah susah tetapi tidak juga mudah, tahap awal sobat harus menguasai hal mendasar tentang bisnis online tersebut. Hal selanjutnya yang harus ada di pikiran anda ialah keberanian, sabar, tidak mudah putus asa, giat mempromosikan produk, dan jangan berpikiran ” merintis bisnis online itu tanpa modal” << dari kata inilah  banyak pengguna internet yang ingin salah langkah, semuanya tidak ada yang gratis tetapi yang ada hanyalah modal yang sedikit.

Keunggulan bisnis online ialah bisa dijalani oleh pelajar,pegawai, ibu rumah tangga, dan para pemuda yang energik. Jika dibandingkan dengan jualan nyata modal untuk bisnis online jauh lebih kecil. Jika sobat berdagang nyata sewa toko 1 bulan 2 Juta, jika sobat berjualan online modal sobat akan menyusut paling kurang 500 ribu rupiah.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan serba cepat, pengguna onternet semakin ramai. Mulai mencari tugas di internet, bekerja dengan internet, mencari informasi dengan internet, menulis di internet, hingga mencari kata-kata cinta di internet >.< ( Gak bisa ngarang tuh yang nyari ). Kelebihan bisnis online tak hanya bisa transaksi di dalam negara tetapi hingga ke mancanegara pun bisa melakukan transaksi.

Memulai BerBisnis Online

” Mulailah setiap pekerjaan dengan kata bismillahirrahmanirrahim, dengan begitu insyallah pekerjaan anda akan diberikan kemudahan oleh Allah swt”. Semangat pantang menyerah, tekat yang kuat, keinginan dan mimpi yang tinggi, kemandirian, dan praktek.

1. Tekat yang bulat

Modal awal dalam sebuah memulai adalah mencoba, tanpa mencoba kita tak akan pernah berhasil, untuk mencapai keberhasilan kegagalan itu pasti ada, jadi bila anda gagal jangan pantang menyerah langsung santap lagi bisnis onlinenya.

2. Kerja keras

Aturlah waktu sobat dan jangan mudah putus asa. Berusahalah sobat semaksimal mungkin, cobalah terus hingga anda menggapai tujuan dan mimpi yang telah sobat rangkai sebelumnya. Giat dan ulet untuk mengejar dan menggapai kesuksesan sobat . Aturlah waktu, disiplinkan diri sobat. Bila waktu istirahat tiba istirahatlah.

3. ATM

ATM ( Amati, Tiru, dan Modifikasi ) itulah kunci sukses dalam berbisnis. Jika sobat mempunyai seorang teman yang lebih pandai daripada sobat bergurulah kepadanya. Mintalah kepadanya untuk menunjukan langkah-langkah dan  trik untuk berbisnis. Jika sobat lebih mandiri manfaatkanlah prinsip ATM.

Semoga artikel memulai bisnis online ini menjadi motivasi bagi pembaca untuk memulai bisnis online.

Baca juga:  Potensi Marketing Online Bagi Pertumbuhan Bisnis di Indonesia