Masa sekarang internet terasa bagai sebuah kebutuhan dan seiring dengan berkembangnya internet, keberadaan blog dengan berbagai tema juga hadir di internet. Pada awalnya blog hanya digunakan oleh sebagian penulis yang sekedar mencurahkan isi hatinya atau berbagi informasi kepada pegguna internet.

url
Ilustrasi Template Blog SEO dan User Friendly

Bersyukur kepada sang pencipta, Allah swt. Alhamdulillah dengan keberadaan web/blog pada saat ini telah sangat banyak informasi dan pelajaran yang besar yang dapat diambil hikmahnya. Blog telah dikenal dan dimiliki mulai dari remaja hingga orang tua yang ingin berbagi informasi hingga menjadikan blog sebuah income.

Untuk membuat blog terlebih dahulu Anda harus memiliki akun dari penyedia blog tersebut dan dimulai dengan memilih nama domain blog tersebut. Langkah selanjutnya ialah memilih template blog yang terbaik.

Selain konten, template blog juga harus diperhatikan karena tampilan suatu blog juga berfungsi untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Template blog yang direkomendasikan adalah template blog yang seo dan user friendly. Tampilan blog juga ada yang berbayar dan yang gratis. Untuk pemula agar lebih hemat, disarankan terlebih dahulu menggunakan template blog yang gratis.

Perbedaan antara template blog yang berbayar dan gratisan ada pada fitur dan desain. Ada beberapa fitur yang hanya aktif di template yang berbayar sedangkan pada yang gratis tak berfungsi. Desain template yang gratis lebih sederhana dibandingkan desain template yang berbayar. Namun, jangan takut untuk menggunakan template yang gratis karena bisa saja template tersebut disukai oleh search engine.
Baca Juga ini : Template WordPress Gratis Responsive dan SEO Friendly

Berikut 3 tips utama dan 2 tips tambahan dalam memilih template blog gratis :

Baca juga:  10 Alternatif Mengupdate Blog Selain Konten Tulisan

Tips Utama

1. Template disesuaikan dengan tema dan tujuan blog.

Template yang digunakan harus disesuaikan dengan tema dan tujuan blog. Jika blog tersebut bertema informasi mengenai olahraga template yang digunakan harus berniche olahraga. Dan jika blog tersebut bertujuan personal template yang anda gunakan boleh sesuai dengan selera, namun jika bersifat untuk umum sebaiknya template yang digunakan harus sesuai dengan tema blog anda. Template yang digunakan sebaiknya seo friendly, user friendly, dan navigasinya mudah.

2. Seo Friendly

Memilih template juga disesuaikan dengan teknik SEO (Search Engine Optimazation). Tampilan yang bersifat seo friendly akan lebih mudah menetukan keberadaan blog pada posisi teratas pada search engine. Dengan begitu blog anda akan mudah ditemukan oleh pengunjung sesuai dengan kata kunci yang ia ketikkan.

3. User Friendly

Template blog yang dikatakan user friendly bila template tersebut mudah dinavigasikan oleg pengunjung. Tampilan tersebut tak menyusahkan pengunjung yang datang ke blog anda. Pilihlah template dengan menu, kolom, dan navigasi yang mudah. Tampilan magazine misalnya, walau tampak ramai dan rumit namun template jenis ini mudah untuk dinavigasikan.

Tips Tambahan

1. Tata letak

Tata letak yang saya rekomendasikan adalah template blog yang memiliki 2 atau 3 kolom. Menurut saya kolom berjumlah 2 atau 3 akan lebih mudah dinavigasikan dan tampilan blog terlihat padat.

Baca juga:  6 Penyebab Yang Membuat Blogger Malas Menulis

2. Beragam Warna

Tampilan blog dengan warna yang lebih beragam akan menimbulkan kesan kreatif pada blog Anda. Warna juga akan membuat pengunjung betah pada blog anda. Warna blog juga disesuaikan menurut jenis kelamin yang akan berkunjung pada web/blog anda. Jika pengunjungnya laki-laki sebaiknya anda memberikan warna hitam, putih, merah, biru, pink, atau feminimnya.

Semoga artikel Tips Memilih Template Blog ‘’Gratis’’ dapat membantu anda dalam menentukan pilihan.

                Bingung mau dimana download template blogger dan wordpress gratis ? Disini tempatnya.
Situs Penyedia Template Blogger dan WordPress Gratis.