Memanfaatkan-Akun-Media-Sosial

Ada banyak cara untuk pemasaran produk/jasa, baik itu secara online maupun offline. Dan untuk strategi marketing online adalah yang sedang populer serta gratis tentunya. Nah bagi Anda yang punya teman, sahabat atau saudara yang aktif di media sosial? Sedangkan Anda sedang menjalankan sebuah bisnis penjualan atau jasa, mengapa tidak memanfaatkan mereka sebagai ujung tombak tukang promosi?

Yang pertama harus dilakukan adalah menjalin hubungan baik dahulu dengan mereka. Kemudian katakan apa yang Anda inginkan secara baik-baik. Tetapi jangan lupa bahwa dengan bantuan mereka Anda bisa berpotensi mendapatkan keuntungan, sehingga tetap harus ada timbal balik. Berikut ini adalah beberapa contoh memanfaatkan akun media sosial atau akun messenger orang lain untuk aktivitas promosi yang sangat efektif.

1. Membantu promosi lewat fitur Pesan Siaran BBM

Pastinya Anda memiliki setidaknya satu orang teman yang benar-benar tidak bisa lepas dari smartphone selama 5 menit saja, kecuali sedang tidur atau dalam perjalanan. Saat ini salah satu layanan messenger terlaris adalah BlackBerry Messenger, fitur chattingnya cukup lengkap dan salah satu fitur terbaiknya adalah Pesan Siaran atau sering disebut dengan BC (Broadcast).

Manfaatkan salah seorang teman Anda yang memiliki kontak BBM banyak dan sangat aktif di layanan tersebut untuk melakukan Broadcast tentang produk/jasa Anda.Begitu sangat efektif karena BC adalah pesan yang dikirim secara direct ke daftar Obrolan. Kemungkinan untuk dibaca penerima BC sangat besar. Tujuan menggunakan akun orang lain karena Anda akan dianggap mengganggu jika sering-sering melakukan Broadcat info itu-itu saja. Selain itu, trik ini juga memungkinkan informasi akan tersebar lebih luas.

Baca juga:  Agar Reputasi Tetap Terjaga Baik di Sosial Media

2. Posting foto promosi via Instagram

Lebih lanjut lagi, selain melalui layanan BBM Anda juga bisa memanfaatkan akun Instagram orang lain untuk berpromosi. Dengan Instagram bahkan lebih bagus lagi karena Anda dapat menampilkan foto produk/jasa ketimbang via BC BBM yang hanya berupa tulisan.

Mintalah teman Anda untuk mengupload gambar produk/jasa kemudian berilah deskripsi, harga dan kontak Anda sebagai seller. Penggunaan Hastags juga menjadi strategi wajib dalam berpromosi di Instagram. Nantinya informasi tersebut dapat diakses oleh followers akun teman Anda, dan juga terakses oleh orang lain yang mencari dengan Hastags.

3. Promosi dengan Tweet

Sama seperti BBM dan Instagram, promosi via Twitter juga sangat ampuh selama teman Anda memiliki followers yang banyak. Pastilah ada salah seorang teman Anda yang sangat rajin nge-tweet dan berlagak seperti “artis” dengan followers yang banyak.

Teman semacam ini adalah yang harus Anda jalin hubungan baik. Mintalah mereka untuk sekali-kali mempromosikan produk/jasa Anda melalui akun Twitternya. Pastikan deskripsi yang ditulis lengkap dan diberikan Hastags seperti Instagram.

Pastinya masih ada banyak media sosial dan layanan messenger yang dapat dimanfaatkan untuk promosi lewat akun teman Anda. Nah, kira-kira bagaimana agar teman kita bersedia untuk melakukan promosi produk kita? Berikut tipsnya:

4. Berikah upah sekedarnya

Jangan menjadi orang pelit dan mau enaknya sendiri. Bagaimana pun juga tindakan mempromosikan produk seperti diatas sangat membantu order kita. Sepertinya memang harus negosiasi dengan teman Anda, apa yang mereka minta atas jasa tersebut.

Baca juga:  Masa Depan Iklan Ada Dalam Pemasaran Online

Setidaknya jika permintaan mereka hanya segelas jus atau rokok setengan bungkus, sudah cukup ringan. Atau jika tidak, tawarkan kepada teman Anda untuk di isikan bensi satu liter untuk kendaraan roda duanya.

5. Komisi per-order

Pada akhirnya mungkin ini agak mirip dengan kerjasama reseller. Tetapi teman Anda lebih ringan pekerjaannya, karena hanya memposting deskripsi produk, harga dan kontak seller. Anda bisa menawarkan mereka dengan komisi uang setiap order tertentu yang berhasil didapat. Upah semacam ini sepertinya cukup adil, tidak ada yang dirugikan dan tidak ada yang diuntungkan sekali.

Selain kedua trik diatas Anda juga bisa menggunakan trik lain agar orang lain bersedia mempromosikan bisnis Anda. Yang pasti akan lebih mudah bila sebelumnya mereka memiliki hutang budi terhadap Anda. Trik promosi via akun orang lain ini cukup efektif, tetapi masih belum banyak yang menjalankannya.