Memadukan-Blog-Dengan-Media-Sosial

Setiap blogger professional pastinya memiliki akun media sosial untuk publikasi blog tersebut. Bisa sebagai akun biasa maupun sebagai akun resmi halaman seperti pada Facebook. Sebenarnya trik memaduan blog dengan media sosial memang bukan hal baru. Bahkan cara ini dilakukan agar blog kita terpublikasi lewat media sosial, dan akun atau media sosial bisa terpublikasi lewat blog.

Apalagi dengan semakin banyak pilihan media sosial Anda tentu lebih leluasa untuk memadukan setiap kaun dengan blog. Semakin banyak dan sering Anda mempromosikan blog lewat media sosial maka semakin memungkinkan banyak pengunjung yang membuka blog. Dengan catatan bahwa isi blog dianggap menarik, informatif dan berguna.

Lalu apa saja trik memadukan blog dengan media sosial, ada banyak sekali dan mungkin Anda tertarik untuk menggunakannya:

1. Memasang Widget Like Box Facebook

Ini adalah trik yang paling banyak dilakukan pemilik blog. Sebenarnya pengguna internet lebih suka berlama-lama dengan media sosial seperti Facebook ketimbang berlama-lama membuka blog orang.

Nah, dengan adanya widget Like Box Facebook pada blog membuat pengunjung bisa mendapatkan informasi baru tentang blog Anda melalui halaman Facebook resmi. Biasanya widget ini muncul dalam satu kotak yang berisi nama halaman Facebook milik blogger, foto profile, dan berapa banyak orang yang sudah Like.

Artikel lain: Tips Agar Followers Fans Page Tetap Antusias Membaca Postingan Anda

2. Membuat Box Widget Twitter

Jika memiliki blog dan dibuat halaman Facebook, maka mengapa tidak dengan Twitter? Salah satu cara memadukan blog dengan media sosial kedua adalah dengan penambahan fasilitas follow button atau box widget twitter di blog. Fitur ini akan membuat pengunjung bisa mem-follow akun Twitter Anda.

Ketika mengklik widget tersebut nantinya otomatis pengunjung akan masuk ke halaman Twitter Anda. Dengan mem-follow Twitter Anda, maka pengunjung bisa terus mendapatkan update berita atau info dari blog Anda.

4. Selalu Posting Artikel Terbaru Melalui Media Sosial

Jika trik diatas adalah dipergunakan pada halaman blog, maka kebalikannya giliran Anda harus memposting sebuah artikel pada blog di media sosial. Ini akan membuat semakin banyak pengunjung membuka blog Anda. Tidak usah terlalu panjang lebar dalam menulisnya, cukup dengan kalimat sedikit dan dibawahnya menyertakan link menuju blog untuk pembacaan lebih lengkap. Lebih sering link di sertakan berupa short URL. Trik ini sering dilakukan halaman Facebook portal berita.

5. Memasang Komentar Pengguna Media Sosial di Blog

Kembali lagi memadukan antara blog dengan jejaring sosial, yakni dengan memasang komentar dari media sosial pada blog. Hal ini mengngat sebagian besar pengguna internet selalu terhubung dengan akun media sosialnya seperti Facebook sehingga mereka lebih nyaman dan menganggap lebih mudah berkomentar menggunakan akun Facebooknya ketimbang harus berkomentar dengan akun blog maupun anonim. Perpaduan yang cukup membantu memfasilitasi pengunjung untuk memberikan tanggapan terhadap postingan milik Anda.

6. Memasang Fitur Share Pada Blog

Fitur share memang harus ada pada sebuah blog agar pengunjung bisa dengan mudah membagikan sebuah postingan blog melalui media sosial. Ini lebih mudah ketimbang pengunjung harus melakukan copy paste link blog, kemudian memasukannya ke kotak postingan, menunggu loading kemudian di posting.

Dengan fitur share langsung pada blog, pengunjung tinggal mengklik kemudian masuk jendela kecil yang ringkas kemudian tinggal tekan ‘bagikan’. Pada umumnya fitur share pada blog diletakan dibagian bawah dan memiliki tampilan logo-logo, baik itu share untuk Facebook, Twitter, maupun Email. Terkadang pula ada blog yang menyertakan fitur share dibagian samping artikel. Tergantung selera.

7. Selalu Mencantumkan Link Blog di Akun Media Sosial

Entah itu media sosial berupa halaman maupun akun biasa, Anda harus mencantumkan link blog pada keterangan profile Anda. Siapa tahu jika ada orang yang membuka profil Anda, kemudian tertarik membuka blog Anda. Sayangnya memang media kebanyakan sosial masih belum memiliki fitur widget untuk menampilkan blog. Kemungkinan hanya MySpace, media sosial yang bisa mencantumkan berbagai widget.

Baca juga: 5 Trik Gila Menambah Like Fanspage di Facebook

Demikianlah beberapa tips dan trik memadukan antara blog dengan akun media sosial. Keduanya harus saling melengkapi dan saling mendukung.