Marketing-Toko-Online

Persaingan dalam dunia dagang online semakin ketat, terutama adalah produk-produk kosmetik dan obat yang sudah banyak bertebaran dimana-mana. Jika Anda kurang jeli dan kurang kreatif dipastikan toko online Anda bakal tergusur karena kalah saing dengan toko online yang lebih menarik pembeli. Bukan masalah pemberian harga dan kualitas saja yang menentukan, namun hal lain adalah dari fitur, desain serta apa saja isi yang ada dalam web toko online saja. Bahkan jika memang kreatif, bukan tidak mungkin penjual yang hanya menggunakan blog gratisan bisa mengalahkan toko online yang sudah memiliki domain sendiri.

Mulailah menjadi orang yang kreatif dan memperdulikan isi dalam web toko online. Tentu bagi yang belum memiliki pengalaman akan kesulitan bagaimana mengisi web yang lebih baik dan lebih menarik. Nah, jika demikian masalahnya, mengapa tidak melihat web milik pesaing Anda? Ternyata jika diperhatikan ada tips marketing toko online khususnya penjual kosmetik dan obat yang lazim digunakan. Apa sajakah itu? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini dan bisa ditiru oleh Anda:

Artikel lain: Jangan Asal Memotret Produk yang Diposting di Web

1. Menambahkan Deskripsi Produk Selengkapnya

Jangan malas mengetik karena konsumen berhak mengetahui detail informasi yang dimiliki produk milik Anda. Tulislah deskripsi yang selengkap-lengkapnya, sebagai contoh apabila itu adalah kosmetik, maka Anda harus menulis apa manfaat kosmetik tersebut, bahan apa yang dikandung, pembuatannya dengan apa saja, apa efek sampingnya, bagaimana cara penggunaan, apa pantangan saat menggunakan produk, bahkan bisa juga menuliskan produksi mana produk yang Anda jual.

Baca juga:  4 Jenis Produk Yang Sulit Laku Dipasarkan Secara Online

Dengan demikian website toko online Anda akan semakin menarik dan tidak membuat orang penasaran lagi. Satu lagi, jika memungkinkan Anda juga harus menuliskan bagaimana cara kerja produk tersebut.

2. Beri Keterangan Gambar

Keterangan gambar produk tentu adalah yang terutama karena konsumen akan ragu-ragu jika Anda tidak menampilkan gambar. Selain itu gambar hasil dari kinerja produk juga sangat penting, sebagai contoh Anda menjual obat untuk penyembuh jerawat batu. Maka cantumkanlah gambar orang yang memiliki penyakit kulit jerawat batu, dan gambar ketika orang tersebut sudah sembuh dari penyakit ini.

Pastinya gambar adalah asli dimana penyakit memang benar-benar sembuh karena hasil obat produk Anda. Jika gambar tersebut merupakan hasil manipulasi, maka sama saja Anda melakukan pembohongan publik.

Artikel terkait: Cara Membuat Toko Online

3. Isi Website Dengan Berbagai Artikel

Bukan sekedar tulisan deskripsi dari produk saja, sepertinya saat ini banyak toko online penjual obat dan kosmetik yang mengisi web dengan berbagai artikel bermanfaat yang tentunya berhubungan dengan produk yang dijual.

Ya, Anda bisa melihat sendiri banyak web penjual produk kosmetik dengan berbagai artikel seperti itu tips menghilangkan flek hitam dengan cara tradisional, tutorial meramu jamu kecantikan atau berbagai artikel informatif lainnya.

4. Beri Kolom Untuk Data Diri Anda

Untuk semakin mendapatkan reputasi dan kredibilitas tinggi sebaiknya sebuah toko online mencantumkan profil pribadi dari penjual selaku pemilik website. Bayangkan, banyak toko online penipu yang enggan menuliskan profil biodata pemilik.

Baca juga:  Kerja Online Mengetik Captcha – Nyata atau Hanya Scam?

Tidak perlu terlalu panjang atau terlalu lengkap, cukup hanya nama, alamat, nomor ponsel, alamat email, dan bila perlu dengan pas foto diri pemilik. Ini akan lebih baik karena bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap seller.

5. Testimoni Semakin Meningkatkan Rating Produk

Kekuatan testimoni sangatlah penting untuk mendongkrak penjuala dan kepercayaan publik terhadap produk yang Anda jual.Bagaimana pun juga testimoni merupakan sebuah bukti dan kesaksian dari orang yang sudah menjajal serta merasakan khasiat produk yang Anda jual.Testimoni sebaiknya dicantumkan dalam bentuk screenshoot yang diambil dari komentar pada web, pesan dari aplikasi messenger maupun dari media sosial.

6. Sediakan halaman untuk FAQ

FAQ penting agar calon konsumen bisa tahu berbagai hal yang mungkin ingin ditanyakan. Selain itu FAQ juga penting agar ketika transaksi konsumen tidak terlalu banyak bertanya kepada Anda. Jadi memang Anda selaku pengelola web tidak boleh malas untuk mengetik.

Baca juga: Mengapa Perlu Menggunakan Rekening Bersama Saat Jual Beli Online

Demikian beberapa trik yang sering dilakukan website toko online penjual obat dan kosmetik. Semoga bisa bermanfaat.