Tips Mudah Menulis Artikel Bagian 1

Tips Mudah Menulis Artikel Bagian 2

      Cara Menemukan Ide Menulis Artikel Untuk Blog

Hal yang terkadang menjadi masalah bagi seorang penulis terutama penulis pemula ialah bagimana menemukan ide ? Apa yang akan kita tuliskan ?. Sebenarnya ide menulis berada disekitar kita dan telah ada di dalam diri masing-masing. Kita hanya tinggal menemukanya kembali. Secara sepintas lalu kita dapat menemukan ide menulis dari apa yang kita rasakan, Anda merasa sakit demam. Tulis saja tentang demam tersebut dan bila memungkinkan anda bisa mencari sumber-sumber terpecaya lalu tuliskan.

http://tulisbaca.com/hobi/
Sumber Gambar : ipangrock.com

Tulis apa saja yang anda rasakan, pikirkan, lihat, dan dengar. Jika ide hanya dipikirkan dan dipikirkan tanpa memulai menulis itu hanya akan sia-sia. Ide akan berkembang  dan terus berkembang jika Anda menuliskanya. Tulis, tulis, dan tuliskan jadilah sebuah tulisan.

Tips mudah menemukan ide untuk menulis artikelyang lain adalah menulis alamiah. Tuliskan kisah hidupmu dan pengalaman berarti. Berikut beberapa cara unutk menemukan ide menulis untuk blog.

      1. Banyak Membaca

Dengan banyak membaca wawasan anda akan semakin luas, wawasan yang luas tersebutlah yang dapat anda jadikan sebagai ide ataupun menjadi sebuah tulisan. Tuliskan kembali apa yang pernah anda baca,  menggunakan gaya bahasa Anda sendiri, dengan begitu ide akan semakin mudah untuk dikembangkan.

         2. Ide dari Kesukaan Anda

Menulis sesuai dengan apa yang anda sukai seolah-olah menyatu dengan diri anda,  karena hal tersebut telah anda kuasai jadi tulisan tersebut akan lebih bermakna. Sebagai contoh Anda menyukai gaya permainan Christiano Ronaldo dalam sepak bola. Salurkan segala hal mengenai Christiano Ronaldo dalam bentuk tulisan. Biarkan jari-jemari Anda menyelesaikan tulisan tersebut hingga semua ide akan tertuntaskan dalam bentuk tulisan. Setelah itu editlah tulisan tersebut menjadi gaya bahasa yang mudah untuk dipahami.

Baca juga:  2 Langkah Membaca

         3. Ide dari Pengalaman Pribadi

Pengalaman hidup selama ini bukanya tak berarti, pribahasa ‘’ yang lalu, biarlah berlalu’’ tak berlaku lagi, karena yang lalu dapat Anda jadikan sebagai pelajaran berarti dan ide menulis. Tak mungkin seseorang tak memiliki pengalaman yang sangat berarti. Tulis !

   4. Ide dari Lingkungan Alam

Cara mudah menemukan ide menulis selanjutnya adalah ide berasal dari lingkungan alam. Tuliskan apa saja yang ada disektarmu. Seperti, menuliskan manfaat pohon bagi kehidupan, pentingnya lingkungan yang bersih, dan masih banyak lagi.

    5. Ide dari Blogwalking

Masih ingatkah apa yang pernah anda cari di google ?. Apa yang pernah anda cari di google tersebut dapat juga Anda jadikan sebagai ide menulis. Sebagai contoh, anda pernah mencari kata kunci ‘’Bisnis Yang Menguntungkan’’ pada google, setelah mendapatkan sesuai dengan keinginan anda, tuliskan kembali apa yang anda baca tersebut menggunakan gaya bahasa sendiri. Itu dapat diakui sebagai karya Anda sendiri, Gampang bukan ?

     Waktu Yang Tepat Untuk Menulis

Beberapa diskusi di facebook, dapat disimpulkan bahwa waktu yang baik untuk menulis adalah pada 2/3 malam dan pagi hari. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut seperti Anda baru pulang kerja/sekolah pada pukul 17.00 WIB atau anda mempunyai kesibukan lainya.

Menulis pada 2/3 malam sangat mengasyikan karena ide terus bermunculan tanpa henti, suasana tenang sehingga konsentrasi terjaga, dan badan anda masih fresh. Usahakan pulalah sebelum membuat tulisan untuk sholat tahajud agar badan anda menjadi segar.

Baca juga:  Resensi buku ‘’ Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi’’

Menurut pengalaman Mas Latif Ramadan ketika ia menulis pada 2/3 malam, tulisanya semakin enak dibaca dan berkualitas. Menurut pengalaman bang Ahmad Wibawa ia lebih senang menulis pada pagi hari karena ide untuk menulis selalu bermunculan. Anda susah untuk bangun ? Berniat dan bertekatlah yang kuat untuk bangun pada jam tersebut. Mari Menulis untuk Blog !

Ketika Menulis Saya Sering Mengantuk

Diantara kita mungkin ada yang mengalami hal ini. Guru bahasa inggris saya mengatakan salah satu faktor kenapa kita mengantu, karena oksigen ke otak kurang. Jadi, jika Anda mengantuk saat menulis cobalah pergi ke udara bebas dan tarik secara perlahan-lahan lalu hembuskan.

Jangan perah atasi rasa kantuk dan lelah tersebut dengan meminum minuman energi karena berakibat akan kinerja otak anda, otak anda kinerjanya bisa lelet bila meminum minuman energi. Tentunya hal tersebut akan mengganggu Anda dalam menulis.

Semoga Artikel Tips Cara Mudah Menulis Artikel Untuk Blog Bermanfaat. Tolong di SHARE ya..