Pedagang-Online-Penipu

Sudah memiliki toko online, produk menarik, diskon banyak dan pelayanan ramah, ternyata tidak menjamin kesuksesan dalam berdagang online. Salah satu hal yang tidak mengenakan dalam berjualan online adalah tuduhan dari buyer yang masih kurang percaya kepada Anda dan mengira bahwa Anda adalah seller penipu.

Tentu saja dalam hal ini Anda harus bersabar, namun juga harus segera memperbaiki dan mengetahui alasan mengapa diri Anda dituduh sebagai penipu. Pastinya ada penyebabnya mengapa masih banyak calon pembeli yang tidak mempercayai Anda.

Tidak perlu emosi, tetap fokus memberikan pelayanan terbaik dan berikut ini kami akan memberikan tips dan trik agar klien percaya kepada Anda dan tidak mengira Anda adalah penipu di dunia maya:

  1. Pertama Anda harus sedikit berkorban untuk menggunakan domain berbayar. Jadi sebaiknya jangan lagi gunakan situs web gratisan, alihkan dengan domain resmi. Sebuah toko online dengan domain berbayar dianggap lebih bonafit dan dianggap bisa dipercaya.
  2. Testimoni penting untuk toko online Anda, meski kadang-kadang ada saja klien yang tidak terpengaruh tentang testimoni. Setidaknya bila ada klien lain yang memberikan testimoni Anda bisa muat pada situs toko online maupun lapak dagangan Anda pada forum lain. Cara ini merupakan cara lama menyakinkan klien.
  3. Tulis alamat toko offline Anda, maksudnya adalah adalah toko asli bila ada. Namun bila Anda tidak memiliki toko offline, bisa memasang alamat rumah selengkapnya. Hal ini bisa meyakinkan pembeli karena mereka sudah memiliki alamat Anda. Bila terjadi sesuatu pihak klien akan segera menghubungi Anda.
  4. Nama Anda harus ditampilkan, dan sebaiknya adalah nama asli agar klien mengetahui siapa sang owner toko online tersebut. Jika tidak ada, tentu mereka curiga jangan-jangan toko online tersebut dikendalikan oleh ‘hantu’.
  5. Nomor kontak yang tetap atau tidak berganti-ganti, khususnya adalah nomor ponsel maupun kontak yang lain. Nomor kontak yang berganti-ganti nantinya dikhawatirkan akan dituduh sebagai penipu. Ya, memang seorang penipu di dunia maya memiliki nomor kontak yang berganti-ganti agar tidak teridentifikasi.
  6. Tampilkan foto Anda pada toko online, pastinya adalah foto asli yang dengan jelas menampilkan wajah Anda. Tidak harus pas foto seperti KTP, namun foto setengah badan yang jelas sampai klien bisa mengenali atau tidak kesulitan melihat wajah Anda. Seorang pedagang penipu mana mungkin berani memasang foto asli dirinya agar tidak bisa terindetifikasi. Pastikan juga, didalam foto Anda tidak sedang mengenakan kacamata, masker dan topi.
  7. Pajang nomor rekening serta atas nama rekening tersebut. Alangkah baiknya Anda juga nomor rekening juga memiliki atas nama Anda. Jika rekening bukan atas nama Anda, klien tentu curiga.
  8. Trik berikutnya yang cukup unik adalah memotret ‘behind the scene’ toko online Anda. Ya, ini langkah yang cukup mudah karena Anda tinggal memotret aktivitas di toko asli Anda atau jika tidak ada, cukup memotret gudang penyimpanan produk. Tampilkan produk yang disimpan dan akan lebih bagus jika Anda juga ada dalam foto ‘behind the scene’ tersebut. Trik ini untuk membuktikan bahwa toko online Anda nyata dan ada bukan fiktif.
  9. Segera berikan nomor resi setelah proses pengiriman melalui jasa ekspedisi. Buatlah pihak pembeli merasa tenang dan tidak cemas dengan cara ini. Dengan nomor resi yang sudah diberikan maka pihak pembeli dapat memantau langsung proses pengiriman barang. Biasanya jasa ekspedisi akan memberikan laporan dimana barang berada atau sudah sampai di kota tujuan atau belum.
  10. Jika klien masih belum percaya, foto seluruh aktivitas packing barang dan tulisan nama serta alamat klien. Kirimkan via media sosial maupun kontak layanan messenger klien Anda. Cara ini sudah cukup ampuh untuk mendapatkan rasa percaya sekaligus merupakan cara yang cukup merepotkan.
  11. Jika dengan cara-cara diatas masih tidak dipercaya, tawarkan transaksi Cash on Delivery.
Baca juga:  10 Fakta Mencengangkan Tentang Dunia Wirausaha

Umumnya klien yang tidak percaya adalah klien yang masih awam dengan jual beli online. Tetap berikan layanan terbaik.