Sekedar membuat blog kemudian memposting artikel, hampir semua orang bisa melakukannya. Tetapi jika blog sudah menjadi “mata pencaharian” tentu Anda tidak diperkenankan untuk asal-asalan membuat dan merancang sebuah blog. Ada banyak hal yang harus diperhatikan karena jika Anda masih asal-asalan, bisa berpengaruh pada seberapa orang akan mengunjungi blog Anda.

Sebuah blog menarik harus membuat pengunjungnya nyaman membaca artikel-artikel yang ada, dan tentunya tidak ada hal yang dianggapnya mengganggu. Apakah yang dimaksud dengan hal-hal yang mengganggu? Ada banyak pastinya, simak selengkapnya artikel ini tentang tips agar orang nyaman mengunjungi blog milik Anda:

Artikel lain: 4 Modal Utama Menjadi Seorang Blogger

1. Membuat artikel yang berkualitas

Artikel yang berkualitas bukan hanya sekedar original saja, namun juga harus diperhatikan jumlah kata. Artikel terlalu panjang sangat membosankan, minimal adalah 300 kata sampai 600 kata. Selain itu kerapihan dalam menulis juga harus diperhatikan agar pembaca tetap nyaman dan blog terlihat rapih.

2. Buatlah kategori masing-masing

Setiap blog biasanya terdiri dari banyak artikel, dan banyaknya artikel bisa dipisahkan sesuai dengan kategori yang pas. Tanpa kategori orang akan bingung menari artikel yang ingin dibaca, lagipula tanpa pemisahan kategori membuat blog terlihat acak-acakan.

3. Sertai gambar atau foto

Gambar maupun foto dianggap sangat penting dalam sebuah artikel. Entah itu foto asli yang berkaitan dengan artikel maupun foto-foto ilustrasi. Artikel tanpa gambar seperti “sayur tanpa garam”, kurang nyaman dibaca. Namun yang lebih penting adalah gambar yang disertakan harus sesuai, memiliki pixel yang tidak pecah dan biasanya ditempatkan dibagian atas artikel.

4. Desain blog lebih sederhana

Banyak ditemui terutama blog-blog buatan ABG yang dirancang dengan sangat rumit desainnya. Justru ini membuat pengunjung tidak nyaman, terutama pada bagian background yang kadang kali dibuat dengan gambar-gambar script bergerak.

Desain blog demikian justru lebih terlihat “norak” dan terkesan seperti blog yang kurang bonafit. Desain cukup dengan banner diatas, kotak kategori, sedikit menampilkan blog archive, dengan background yang sederhana. Atau jika memungkinkan cukup pasang background berwarna polos, putih, hitam atau biru. Itu akan lebih nyaman dilihat.

5. Hindari penggunaan flash

Kami sangat menyesalkan kepada pemilik blog yang banyak menampilkan gambar dengan fitur flash. Terutama adalah gambar pada banner blog yang memang menjadi tujuan advertising dan dibuka dengan software khusus seperti Adobe Flash. Ingat bahwa gambar flash berbeda dengan gambar Gif. Dan kabar buruknya gambar flash ternyata bisa membuat blog lebih berat untuk dibuka.

Jika koneksi stabil dan cepat tentu tidak masalah, namun jika pengunjung memiliki koneksi terbatas maka justru akan membebani. Jika pengunjung tidak menginstal Adobe Flash maka gambar tidak akan muncul. Kami tidak melarang Anda memasang gambar flash, namun sebaiknya hanya satu atau dua saja agar pengunjung tetap nyaman.

6. Widget penting yang terpasang

Ada banyak widget yang bisa dipasang pada blog, tapi jika Anda memasang terlalu banyak itu sama saja Anda melakukan hal konyol. Sering kali ditemui blog dengan banyak widget, dan itu hanya membuat pengunjung tidak nyaman karena berdampak pada beratnya blog untuk dibuka atau diakses. Loading lebih lama, bagi yang memiliki koneksi kurang cepat.

Beberapa widget yang penting dipasang diantaranya adalah widget statistik traffic, widget FB, serta widget lain yang dianggap berguna. Sementara widget seperti jam, cuaca, calender, BitTorrent, lagu dan sebagainya tidak terlalu penting karena pada setiap komputer juga sudah ada. Apalagi widget yang menampilkan animasi karakter bergerak seperti burung, ikan, dan sejenisnya, sangatlah mengganggu dan membuat halaman blog lebih berat.

7. Blog penuh iklan sangat mengganggu

Jangan egois, mentang-mentang blog sudah ramai akhirnya Anda menampilkan iklan sebanyak-banyaknya agar mendapat banyak uang. Banyaknya iklan akan sangat mengganggu, apalagi iklan yang terpampang didepan blog ketika baru dibuka.

Baca juga: 5 Startegi Untuk Menarik Pengunjung Blog Selain SEO

Ada pula kolom iklan yang terkesan memaksa pengunjung untuk mengkliknya dan justru membuat orang tidak nyaman. Cukupkan dengan iklan adsense saja karena iklan ini dianggap tidak terlalu mengganggu mengingat ukuran yang tidak terlalu besar.