Lapak-Dagangan-Online

Sulitnya bersaing di SEO Google, apalagi jika yang Anda gunakan adalah kata kunci yang memiliki persaingan ketat karena begitu populer dan banyak yang sudah menggunakan. Padahal dalam marketing online, SEO Google menjadi salah satu jalan paling ampuh agar lapak dagangan online Anda bisa mudah terjangkau dan mudah ditemukan oleh para calon konsumen potensial.

Jadi, bagaimana jika sudah menyerah karena persaingan ribuan laman dengan keyword sama dan sepertinya begitu amat sulit menembus halaman pertama. Posisi halaman ketiga atau keempat dan seterusnya memang harus bersyukur namun tetap saja kebanyakan orang hanya akan memprioritaskan posisi halaman satu dan dua. Untuk menyewa jasa SEO professional, dianggap begitu mahal padahal bisnis baru berjalan dengan modal terbatas.

Lalu apakah ada cara dan alternatif lain? Selalu ada jalan jika Anda mau berusaha, jika Anda jeli dan jika Anda terus mencoba. Manfaatkan fasilitas yang ada, khususnya fasilitas gratis atau murah meriah.

Berikut ini beberapa cara agar lapak dagangan agar mudah ditemukan tanpa SEO Google:

  • Daftarkan pada seluruh situs jual beli

Ada Olx, ada berniaga, ada bukalapak, tokopedia dan lain sebagainya. Fasilitas tersebut saat ini masih gratis meski Anda juga bisa mengikuti layanan premium berbayar. Tetapi kalau ada yang gratis mengapa tidak? Situs-situs tersebut dapat Anda manfaatkan ketika Anda sudah bersusah payah men-SEO-kan laman namun belum tembus halaman pertama. Cobalah Anda mendaftar dan membuat lapak pada situs-situs tersebut jika SEO belum mampu menghasilkan yang bagus.

Bagaimana peluangnya? Kami perkirakan traffic-nya tidak akan seramai seperti laman yang sudah ada di halaman pertama Google. Namun setidaknya beberapa situs tersebut sudah memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengunjung setiap harinya. Sebagai contoh perhitungan, Anda memasukan dagangan ke 5 situs jual beli online. Setiap situsnya rata-rata lapak Anda mendapakan 20 pengunjung per hari, maka setidaknya satu hari Anda memiliki 100 pengunjung dan semoga beberapa diantaranya melakukan order.

Banyak tidaknya pengunjung menuju lapak dagangan Anda, bisa tergantung dari produk apa yang dijual, berapa harga yang dibanderol dan bagaimana tampilan foto. Apalagi situs jual beli online identik sebagai fasilitas jualan online yang mengutamakan tampilan harga pada thumbnail.

  • Aktif dibanyak sosial media

Cara pertama mungkin sudah lumayan efektif, bahkan sebenarnya banyak penjual online yang tidak memiliki situs web dan hanya memanfaatkan situs jual beli online gratisan saja. Cara kedua juga mungkin dianggap efektif, yakni penggunaan sosial media. Pengguna sosial media mencapai puluhan juta di Indonesia dan Anda bisa memiliki peluang lebih besar.

Cobalah untuk aktif berdagang di sosial media yang memiliki banyak pengguna dan yang paling bagus adalah sosial media yang sifatnya viral alias mudah tersebar. Sebagai contoh adalah Facebook, dimana setiap postingan yang ditandai, di sukai atau dibagi bisa berpeluang dilihat oleh banyak orang. Atau Instagram dengan fitur Hastag-nya dan lain sebagainya. Untuk dapat mudah terjangkau dan terlihat pula, Anda harus memiliki jaringan pertemanan dan followers yang banyak.

  • Gunakan jasa-jasa promosi murah

Promosi murah bisa Anda gunakan, khususnya dengan bantuan pihak perorangan. Mungkin Anda bisa mempromosikan akun lapak Instagram dengan jasa promote. Cara tersebut sangat ampuh karena biasanya pemilik jasa promote juga memiliki banyak sekali followers. Jadi tidak harus selalu gratis bukan? Sedikit keluarkan modal tidak masalah, apalagi jasa-jasa tersebut biasanya bisa di negosiasi.

  • Sebarkan alamat toko online via offline

Jika teknik SEO Anda sudah tidak mampu menembus posisi pertama atau kedua, mungkin alternatifnya Anda bisa menyebar alamat toko online maupun akun sosial media dagangan lewat media offline (media konvensional). Pembuatan stiker, brosur atau kartu nama bahkan baliho masih cukup efektif dan juga lebih meyakinkan orang. Bagaimana pun juga orang lain sudah menganggap bahwa toko online Anda bukan fiktif jika sudah ada promosi secara langsung lewat media-media cetak.

Selalu ada cara dan ketidakmampuan menembus halaman pertama Google bukan berarti bisnis Anda akan gagal.