Followers-Fans-Page

Salah satu cara pemasaran produk, promosi maupun pengembangan bisnis memang cukup ampun ketika kita memanfaatkan jejaring sosial internet. Salah satunya adalah Facebook dimana Anda dapat membuat sebuah akun fans page kemudian memiliki pengikut atau likers. Para followers tersebutlah yang dimungkinkan akan menerima segala informasi yang Anda berikan melalui berbagai postingan-postingan.

Bersyukurlah jika Anda sudah memiliki fans page bisnis yang memiliki pengikut banyak karena tentunya akan semakin banyak orang yang memperoleh informasi bisnis Anda. Nah, sayangnya ada banyak admin fans page yang tidak menyadari bahwa postingan yang dikirim setiap haris bisa membuat bosan dan celakanya bisa membuat followers Anda pergi satu per satu alias ‘dislike’.

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan agar followers Fans Page Anda tetap antusias membaca postingan Anda. Atau setidaknya tidak merasa terganggu dan tetap merasa bahwa kiriman yang Anda berikan sangat bermanfaat. Berikut tips dan triknya agar pengikut Facebok Fans Page Anda tetap betah menerima postingan dari Anda.

Artikel lain: Cara Membuat Facebook

1. Membuat postingan terjadwal

Mentang-mentang banyak yang menyukai Facebook fans page, bukan berarti Anda bisa seenaknya saja memposting kiriman setiap saat. Postingan yang terlalu sering justru membuat pengikut Anda merasa terganggu karena membuat beranda mereka penuh.

Lebih baik Anda melakukan postingan dengan lebih terjadwal atau diatur waktunya. Sebagai contoh, buatlah postingan setengah jam sekali, 1 jam sekali atau terserah Anda selama tidak membuat penuh beranda orang.

2. Jangan Posting berulang-ulang

Postingan yang sama membuat orang merasa bosan, jadi sebaiknya jangan lakukan hal itu. Namun jika Anda memang memiliki sebuah produk sebagai contoh adalah kamera digital, topik boleh sama tetapi dengan tulisan maupun gaya kata yang berbeda.

Baca juga:  Tips Memanfaatkan Akun Media Sosial Orang Lain Untuk Promosi

3. Postingan motivasi, ucapan dan humor

Tidak selalu orang merasa nyaman dengan postingan tentang penawaran produk maupun bisnis. Terkadang Anda harus membuat postingan yang tidak berkaitan dengan produk Anda. Sebagai contoh adalah postingan kata-kata motivasi karena hal demikian tentu dapat diterima bagi siapa pun.

Selain motivasi bisa juga Anda sekali-kali melakukan postingan ucapan, seperti selamat pagi di pagi hari, selamat malam di malam hari maupun pengucapan hari-hari raya dan peringatan.  Trik ini sering dilakukan oleh admin fans page milik produk-produk terkenal. Kadang-kadang postingan humor juga penting untuk mencairkan suasana.

Artikel lain: 5 Startegi Untuk Menarik Pengunjung Blog Selain SEO

4. Postingan padat, singkat dan jelas

Jangan harap followers Anda nyaman dengan postingan bertulisan panjang. Mungkin saja hanya setengah dari tulisan saja yang akan dibaca. Sebaiknya postingan ditulis secara singkat, padat dan jelas. Trik ini biasanya sudah dipahami oleh fans page milik portal berita dimana mereka mempostingan info dengan kalimat tidak panjang kemudian akan menyertakan link untuk pengunjung yang ingin membaca lebih lengkap info tersebut.

5. Sering gunakan gambar

Penggunaan gambar sepertinya memang mempertegas dan memperjelas postingan Anda, baik itu gambar sebuah produk yang Anda miliki maupun sekedar ilustrasi saja. Tidak terkecuali untuk postingan motivasi dan ucapan yang juga lebih bagus menggunakan gambar yang berkaitan.

Baca juga:  Ini Yang Dibutuhkan Facebook Dari Karyawan Dan Calon Karyawannya

6. Membalas komentar

Komentar dari para pengikut merupakan salah satu hal yang patut dianggap serius dan Anda harus me-respectnya. Jangan sampai komentar seperti pertanyaan dan komentar lain sebisa mungkin harus Anda balas.

Jika terlalu banyak komentar, setidaknya ada sekitar 10 lebih komentar yang dibalas. Jangan disepelekan karena beberapa orang akan “dislike” sebuah FP jika komentar yang dilontarkan tidak direspon admin.

7. Selain menjawab, Anda juga harus bertanya

Lontarkan pertanyaan minimal sehari 2 kali pada postingan Anda. Hal ini sebenarnya sepele karena ada beberapa orang yang suka diberi kesempatan jika ditanya dan diminta pendapatnya. Mungkin bisa memberi pertanyaan seputar produk atau bisnis yang Anda tawarkan, baik kualitas, kelebihan maupun kekurangannya. Memang sebuah pertanyaan dianggap mampu memancing interaksi dengan para pengikut di fansp page Anda.

Baca juga: Cara GoBlog Mempercantik Blog dengan Mudah

8. Pasang foto profil dan sampul yang bagus

Menjadi penting jika fans page Anda ingin terlihat lebih bonafit. Pasanglah foto profil yang berhubungan dengan produk maupun bisnis Anda dengan kualitas baik. Foto asal-asalan membuat orang ragu apakah Anda seorang professional atau amatir.