Tipe-Blogger-Menurut-Sifat-dan-Tujuannya

Semakin banyak saat ini blog-blog baru bermunculan, dimana pemiliknya pun sangat beragam mulai dari anak sekolah, anak kuliah atau orang dewasa. Anda bisa melihat blog dengan berbagai topik, baik itu topik yang mungkin dianggap serius sampai topik yang benar-benar tidak penting untuk diangkat menjadi sebuah artikel.

Memang kita tidak bisa menyalahkan karena bagaimana pun juga pembahasan dalam sebuah blog adalah pemiliknya yang menentukan. Hal ini juga hubungannya erat dengan passion seorang blogger untuk membahas sebuah topik yang menjadi minatnya. Selain berbeda-beda minat bidang, ternyata seorang blogger khususnya di Indonesia memiliki keunikan terutama dibedakan menurut sifatnya. Anda dapat mengetahui tipe-tipe blogger menurut sifat dan tujuannya yang bisa terlihat dari konten, tampilan desain serta gaya penulisan.

Berikut ini ada 5 tipe blogger menurut sifat dan tujuannya, apakah Anda termasuk diantara salah satunya? Jika itu baik, maka bisa pertahankan namun jika tipe Anda termasuk yang buruk maka segera rubah tipe Anda:

1. Blogger sangat SEO (ambisius)

Blogger sangat SEO, apa maksudnya? sederhananya tipe blogger seperti ini adalah mereka yang sangat mengutamakan SEO (search engine optimization). Blogger ini bersifat ambisius, dan berupaya keras bagaimana agar halaman kontennya bisa masuk ke page rank utama pada mesin pencari Google dengan keyword tertentu.

Terkadang blogger tipe ini memang tipe blogger yang wajar, namun terkadang bisa ‘tersesat’ jalan hidupnya. Sebagai contoh dikala ia sangat mengutamakan penempatan keyword sebanyak-banyaknya sebagai strategi SEO, tetapi akhirnya ia mengabaikan bagaimana membuat konten yang baik dan berkualitas. Pastikan Anda tetap dijalan yang benar meskipun Anda memiliki ambisi dalam menempatkan konten di page rank utama.

2. Blogger Tukang Curhat

Seorang bloger ambisius dengan SEO umumnya mengutamakan konten yang informatif, seperti informasi tentang ponsel, bisnis, dan lain sebagainya. Tapi tampaknya berbeda dengan seorang blogger tukang curhat. Isi kontennya adalah tulisan tentang lika-liku kehidupannya, khususnya kisah asmara atau persoalan di sekolah maupun tempat kerja.

Kadang-kadang seorang blogger tipe ini juga rajin memposting kegiatannya seperti berwisata atau kunjungan lain. Seorang blogger tipe ini tidak terlalu memperdulikan tentang SEO. Ia tidak terlalu berharap kontennya masuk ke page rank utama dalam mesin pencarian. Konten yang ditulis mengalir begitu saja seperti apa yang ia pikirkan.

3. Blogger ABG

Blogger ABG mungkin layak disebut dengan blogger alay. Bagaimana tidak, hasil desain blognya sangat memusingkan orang yang membukanya. Biasanya blogger dengan desain rumit, banyak widget dan berwarna-warni font-nya dimiliki ‘anak kemarin sore’ yang baru belajar nge-blog. Pembahasannya tidak jauh-jauh dari kehidupan anak remaja masa kini, seperti game, fashion, musik terkini dan lain sebagainya.  Tidak sulit mencari blog-blog yang dimiliki blogger ‘anak kemarin sore’.

4. Blogger Wartawan

Ternyata Anda juga bisa menjadi wartawan tanpa harus bekerja pada salah satu perusahaan televisi maupun koran. Cukup dengan mendatangi sebuah kejadian, lalu Anda menuliskannya pada blog sendiri. Ya, sering kali memang ditemui blog yang demikian, yakni blog dimana isinya adalah tentang berita kejadian yang dilihat atau dialami sendiri orang pemiliknya.

5. Blogger Pemalas

Sudah memiliki sifat dasar pemalas, alhasil ketika ia membuat blog sifat tersebut sulit dihilangkan. Ya, ada banyak ditemui sebuah blog yang dimiliki blogger pemalas. Mereka malas mengupdate blog, atau malas menulis konten yang lengkap. Alhasil artikel hanya beberapa baris saja, kurang lengkap, kurang informatif dan kurang menarik. Pastikan Anda tidak termasuk sebagai blogger dengan sifat pemalas.

6. Blogger Kriminal

Ada banyak kejahatan yang bisa dilakukan melalui blogging, diantaranya adalah pencurian konten dari blog lain atau melakukan aksi tipu-menipu.  Blogger kriminal adalah blogger yang dibedakan dari tujuannya. Blogger semacam ini tidak perlu Anda contoh.

7. Blogger Idaman

Blogger idaman? Maksudnya apa? Blogger idaman adalah seorang blogger yang cakap dalam menulis konten dan artikelnya benar-benar informatif, menggunakan bahasa yang baik sesuai EYD namun tetap melakukan optimisasi kata kunci agar bisa terlihat pada mesin pencari. Dapat dikatakan umumnya blogger idaman adalah mereka yang sudah professional dan menjadikan blog sebagai mata pencaharian. Mereka selalu ingin memberikan yang terbaik kepada visitor.