Bayar-Aplikasi-Google-Play-Pakai-PulsaBegitu pesatnya perkembangan teknologi kini membuat hidup manusia menjadi semakin dimudahkan. Beragam cara hidup yang sebelumnya tak terbayangkan kini satu demi persatu terealisasi dan menjadi kenyataan. Kehidupan manusia pada millenium ketiga ini pun diprediksi akan semakin berwarna karena teknologi yang semakin maju dan modern. Yang terbaru adalah aplikasi google play kini bisa dibeli dan dibayar pakai pulsa (Indosat) atau dikenal dengan layanan Google Play Carrier Billing yang telah dirilis dan diresmikan pada tanggal 8 Desember 2014 yang lalu.

Ditinjau dari sejarahnya, pembayaran aplikasi Google play dengan sistem potong pulsa ini adalah yang pertama di Indonesia setelah sebelumnya pembayaran aplikasi google play ini harus menggunakan kartu kredit. Layanan Google Play Carrier Billing ini memang dibuat sebagai layanan yang menjadi solusi bagi seseorang yang ingin memiliki aplikasi berbayar di Google Play Store namun ia tidak memiliki kartu kredit. Dan kerjasama ini tentu saja menjadikan keduabelah pihak baik itu pihak Indosat dan Google menjadi partner yang bertujuan saling menguntungkan.

Dan layanan Google Play Carrier Billing ini jelas menjadi kabar gembira bagi pengguna kartu Indosat. Tapi menilik tren yang ada di Indonesia dimana perkembangan teknologi yang selalu diikuti oleh yang lainnya, maka bagi operator lain selain Indosat tak perlu bersedih karena dari tren yang ada tersebut dalam beberapa waktu kedepan kemungkinan besar layanan ini akan berlaku juga pada operator lain. Lalu seperti apa sih layanan Google Play Carrier Biliing yang dipelopori oleh operator Indosat ini? Mari kita telusuri lebih lajut.

Baca juga:  Inilah Beberapa Cara Efektif Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone

Kartu Yang Mana?

Untuk memperoleh layanan Google Play Carrier Billing tentu syarat pertama adalah anda harus menjadi pengguna kartu Indosat. Layanan Google Play Carrier Billing ini sendiri sudah bisa berlaku untuk prabayar IM3 & Mentari atau melalui tagihan bulanan pascabayar Matrix. Dengan layanan ini bagi pengguna prabayar Mentari dan IM3 pulsanya akan langsung terpotong saat selesai transaksi. Dan bagi pengguna pascabayar Matrix, harga aplikasi akan langsung masuk dalam tagihan bulanan setelah proses transakasi. Setelah memiliki salah satu kartu Indosat tadi, maka anda siap untuk melakukan aktivasi layanan Google Play Carrier Billing ini.

Cara Aktivasi

Sebelum melakukan aktivasi, anda harus login dulu dengan akun google yang anda punya. Jika belum memilikinya itu artinya anda harus membuat akun google dulu. Setelah login dengan akun Google anda, maka Google Play Store siap digunakan. Langkah berikutnya adalah ada harus menemukan menu ‘Payment Option’ atau ‘pilihan pembelian’. Setelah itu langkah terakhir adalah memilih menu Enable Indosat Billing yang artinya setelah kita klik menu tersebut kita sudah terdaftar pada layanan Google Play Carrier Billing.

Cara Pembelian

Setelah layanan Google Play Carrier Billing anda sudah teraktivasi, maka anda sudah bisa memulai pembelian aplikasi berbayar di Google Play. Caranya melakukan pembeliannya adalah pertama, pilih aplikasi berbayar yang diingin anda miliki. Dan aplikasi berbayar yang bisa anda pilih sudah meliputi hampir semua aplikasi dari game, buku dan aplikasi android lainnya. Setelah anda memilih aplikasinya, klik icon harga aplikasi tersebut. Dari sana anda akan diminta memasukkan password Google Account lagi. Setelah semua tahapan dilakukan, bukti pembayaran anda akan dikirim melalui email dan SMS.

Baca juga:  7 Rahasia Kecanggihan Sistem Operasi Windows 7 Yang Jarang Diketahui

Kena Pajak

Satu hal yang perlu anda diketahui dari layanan Google Play Carrier Billing ini adalah bahwa ada pajak yang harus ditanggung oleh pengguna Indosat saat melakukan pembelian aplikasi di Google Play. Pajak yang harus ditanggung adalah sebesar 10%. Maka jangan kaget jika kemudian pulsa anda terpotong lebih tinggi dari harga yang tertera di Google Play.

Bisa Refund

Kabar gembira dari layanan Google Play Carrier Billing ini adalah bahwa penggunanya bisa melakukan refund (pengembalian pulsa) setelah anda melakukan pembelian aplikasi. Syaratnya adalah pembatalan dan refund dilakukan tak melebihi 2 jam dari waktu pembelian. Cara untuk melakukan refund adalah dengan menekan tombol refund yang ada. Sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan Indosat, dijelaskan bahwa pengembalian pulsa pelanggan akan berlangsung dalam tempo 1×24 jam setelah proses refund dilakukan.