Membuat-Blog-Untuk-Kegiatan-Bisnis

Tidak ada peraturan cara membuat blog yang baik. Yang menjadikannya baik atau buruk adalah konten dan isi yang ada didalam blog itu sendiri. Selain itu yang harus diperhatikan adalah mengenai proses teknis pembuatan blog yang harus benar-benar tepat agar blog dapat segera digunakan. Namun untuk kegiatan berbisnis pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merancang sebuah blog.

Perancangan-perancangan yang dilakukan tidak lain dan tidak bukan untuk menunjukan bahwa blog Anda adalah blog bisnis atau merupakan fasilitas marketing online. Penting bagi pemula yang ingin menjadikan blog sebagai alat penunjang bisnis namun tidak mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa syarat utama membuat blog untuk kegiatan bisnis. Meski tidak wajib dilakukan tetapi jika sudah memenuhi syarat-syarat ini dipastikan blog lebih efektif sebagai alat marketing online:

1. Menggunakan Alamat yang Memperlihatkan Kegiatan Bisnis

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah alamat blog yang harus memperlihatkan bahwa blog Anda adalah blog berbasis bisnis baik itu menawarkan program bisnis maupun menawarkan sebuah produk tertentu. Mana mungkin orang akan menganggap Anda menjual produk bila nama alamatnya menggunakan kata-kata semacam cintasejati.com atau perasaanku.blogspot.com.

Tetapi orang akan percaya halaman Anda menjual produk bila Anda menggunakan nama alamat seperti jualperalatan.com atau bungacantikmurah.blogspot.com. Dalam hal alamat sebaiknya Anda menggunakan kata-kata yang singkat, pada, jelas sehingga mudah diakses.

2. Usahakan Menggunakan Domain Sendiri

Anda sudah matang dalam menulis konten atau merancang halaman blog, tetapi akan sangat terlihat menyedihkan jika nama domain masih ‘menumpang’. Dengan alamat bungacantikmurah.blogspot.com tentunya lebih terlihat sebagai blog bisnis amatir. Kenapa tidak menggunakan domain sendiri? Tentu akan lebih terlihat bonafit dengan bungacantikmurah.com. Korbankanlah beberapa ratus ribu pertahun untuk mendapatkan domain karena dampaknya juga akan baik bagi kegiatan bisnis Anda.

3. Tentukan Produk Dengan Jelas

Nama alamat tentu harus sesuai dengan konten dan isi. Jika menggunakan alamat bungacantikmurah maka seharusnya Anda menjual berbagai bunga atau aksesoris bunga. Selain itu Anda tidak wajib harus menentukan sebuah produk saja, ada pilihan bahwa blog Anda memiliki 1 kategori produk saja dan 1 item atau pilihan kedua adalah 1 kategori produk dengan banyak item atau juga banyak kategori produk dengan banyak item pula.

4. Buatlah Landing Page

Apakah yang disebut dengan landing page? Ini hanyalah sebuah halaman yang diharapkan pemilik blog untuk menjadi halaman yang paling sering dikunjungi. Jadi Anda wajib mempersiapkan sebuah halaman yang menjadi terutama atau sebuah halaman yang sekiranya meyakinkan pembaca akan produk yang Anda tawarkan. Biasanya Landing page dirancang berisi dengan spesifikasi lengkap tentang produk Anda.

5. Lakukan Riset Kata Kunci

Sudah memiliki konten bagus, rancangan desain halaman bagus dan memiliki domain sendiri, namun ternyata sedikit pengunjung. Mungkin ada satu hal yang ternyata Anda lupakan, yakni menerapkan kata kunci tepat. Sebelum itu lakukan riset kata kunci agar blog Anda maksimal dikunjungi.

Trik yang sering dilakukan adalah cukup dengan mendaftarkan akun Google Anda pada adwords serta lakukan riset guna mengetahui jumlah pencarian bulanan kata kucni yang berhubungan dengan bisnis Anda. Akan lebih baik jika Anda menentukan sendiri kata kunci kemudian lakukan riset dengan menggunakan Google Keyword Planner.

6. Buatlah Konten Menarik

Konten menarik sepertinya akan berpengaruh besar pada minat orang untuk menjadi konsumen Anda. Tuliskanlah deskripsi bisnis atau produk Anda, semakin lengkap maka akan semakin baik. Penggunaan bahasa Indonesia rapih akan semakin menunjang. Lengkapi pula cara-cara dan metode bagaimana cara orang untuk bergabung atau mendapatkan produk Anda.  Kami sering melihat ada blog bisnis yang ternyata memiliki konten banyak basa-basi dan tulisan yang begitu panjang.

7. Cantumkan Testimoni

Situs-situs blog bonafit tidak lupa untuk mencatumkan kolom testimoni dari orang-orang yang pernah menjadi pelanggan atau yang pernah bergabung dengan bisnisnya. Testimoni biasanya berupa screenshoot yang diambil dari aplikasi messenger, komentar pada forum, komentar pada blog dan sebagainya.

Selamat membuat blog untuk berbisnis