Hari gini punya situs web atau blog belum mobile friendly? Anda kemana saja? Tidak sadarkah bahwa saat ini pengakses internet berasal dari pengguna smartphone dan tablet?Tentu saja berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana kebanyakan pengakses internet masih berasal dari perangkat dekstop.

Bila Anda belum tahu apa itu mobile friendly, ini adalah rancangan sebuah laman internet yang dapat diakses secara baik dan sesuai ukuran perangkat mobile. Tentu kita tahu bahwa perangkat mobile seperti smartphone memiliki layar lebih kecil ketimbang dekstop. Untuk itulah sebuah website memerlukan rancangan yang sesuai dengan perangkat mobile karena rancangan laman dekstop akan membuat smartphone tidak dapat mengakses secara menyeluruh.

Bagi Anda yang masih belum saja sadar untuk merancang ulang situsnya menjadi mobile friendly, mungkin harus mengerti dahulu apa saja keuntungan bila lama kita mobile friendly:

1. Cepat terakses di perangkat mobile

Keuntungan pertama sudah jelas bahwa rancangan halaman yang mobile friendly akan lebih cepat dan mudah diakses. Ini karena rancangan mobile friendly menghilangkan elemen-elemen yang tidak penting untuk masuk ke perangkat mobile. Bandingkan Anda jika mengakses situs yang belum mobile friendly, akses begitu lebih lama karena memuat banyak elemen.

2. Ukuran sesuai pada layar

Pengunjung tidak perlu melakukan zoom-in dan zoom out karena ukuran gambar dan konten kemudian tema sudah dirancang sedemikian rupa untuk sesuai dengan ukuran layar. Kemudahan bagi visitor untuk mengeksplore seluruh isi halaman.

Baca juga:  Hal yang Perlu Anda Sadari Saat Membuat Blog Baru

3. Lebih di dahulukan mesin pencari

Entah mengapa Google selalu menghimbau kepada pemilik halaman web untuk menjadikan halamannya mobile friendly. Selain itu Google juga mengungkapan bahwa halaman situs yang mobile friendly akan selalu didahulukan untuk masuk pada page rank terdepan dan teratas. Mobile friendly tentu harus dimiliki jika situs Anda bertujuan untuk pemasaran dan branding.

4. Irit kuota

Yang masih ditakutkan pengguna internet di Indonesia adalah soal kuota. Tentu visitor enggan mengakses sebuat laman yang berat dan lama karena hanya akan menghabiskan atau memakan lebih besar kuota internet. Mobile friendly ternyata meminimalisir soal tersebut, situs Anda lebih ringan diakses dan membuat kuota tersedot lebih sedikit ketimbang situs non mobile friendly.

Jadi segera rancang situs Anda menjadi mobile friendly melalui CMS yang digunakan. Jika sudah melakukan perombakan untuk dapat mobile friendly, Anda juga harus melakukan pengecekan. Bagaimana langkah-langkah melakukan pengecekan apakah situs kita sudah mobile friendly atau belum? Berikut caranya:

5. Akses melalui perangkat Anda sendiri

Untuk pemeriksaan dan pengecekan yang paling mudah adalah mengakses situs web Anda lewat perangkat selular Anda sendiri baik itu smartphone maupun gadget pengakses internet lainnya. Anda bisa menggunakan web browser mana pun, dan lihat apakah aksesnya lebih cepat , ukuran konten dan fitur pada situs sudah sesuai dengan ukuran layar, kemudian apakah sudah tidak lagi harus melakukan zoom-in dan zoom out? Jika tidak ada masalah seperti diatas, sudah dipastikan situs Anda telah mobile friendly.

Baca juga:  Beberapa Ciri Komentar Spam Pada Blog yang Bisa Merugikan

6. Pengujian dengan webmasters tools

Google tidak hanya menghimbau dan mengedepankan situs mobile friendly saja, melainkan juga menyediakan layanan untuk melakukan pengecekan kepada sebuah halaman apakah sudah mobile friendly atau belum. Ya, Anda bisa mengakses webmasters tools mobile friendly di alamat: https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ .

Lewat layanan ini Anda bisa mengetahui lebih akurat seberapakah mobile friendly-nya situs Anda. Caranya mudah, pada halaman tersebut Anda akan melihat sebuah tulisan ‘Pengujian situs mobile friendly’ dan dibawahnya terdapat kolom URL. Segera saja Anda memasukan URL atau alamat situs website Anda, kemudian klik Analisis atau klik Enter.

Biarkan webmasters ini melakukan analisis hingga selesai 100%. Jika telah selesai, maka tools akan memperlihatkan gambar smartphone dan preview situs web kita serta menilai. Jika sudah mobile friendly akan terdapat tulisan “Mengagumkan! Laman ini mobile-friendly”, namun jika tidak akan muncul tulisan “Laman tampak tidak mobile-friendly” dan mungkin keterangan lain seperti konten lebih lebar dari layar atau akses lambat dan lain sebagainya.

Artikel terkait: https://developers.google.com/webmasters/mobile-sites/get-started/