Strategi-SEO-Untuk-Video-YouTube

Sudah berapa kali kita membahas soal strategi SEO untuk mesin pencari Google? Mungkin Anda sudah hafal trik-triknya atau sudah benar-benar menguasai, bahkan telah mendapatkan hasilnya. Namun SEO tidak hanya selalu untuk Google saja, karena dalam YouTube Anda juga bisa melakukan optimisasi kata kunci agar mudah di cari orang dan juga menjadi populer.

Percuma saja video yang Anda upload pada YouTube bagus atau menarik namun tidak ada yang dapat menemukannya. Strategi optimasi kata kunci atau SEO pada YouTube cocok untuk strategi marketing. Jadi bila Anda seorang pedagang online dapat promosi melalui video karena untuk konten video dianggap jelas ketimbang konten foto dengan deskripsi yang kadang-kadang kurang meyakinkan.

Berikut dalam artikel ini kami akan mengulas tentang strategi SEO untuk YouTube yang ternyata penggunaannya juga dapat berpengaruh pada pencarian di mesin pencari Google:

1. Beri Tittle Video Dengan Kata Kunci

Kata kunci SEO Youtube menjadi hal yang paling penting, paling utama dan paling tidak bisa diabaikan. Anda wajib harus menempatkan kata kunci yang di targetkan, diantaranya penempatannya pada judul video yang di upload. Untuk semakin membuat mudah dicari, usahakan Anda menempatkan kata kunci didepan judul. Kemudian selebihnya Anda dapat menggunakan kata kunci turunan di bagian belakangnya.

Sebagai contoh Anda memiliki kata kunci utama “Pigura foto minimalis”. Kalimat tersebut adalah berperan sebagai kata kunci utama. Kemudian untuk kata kunci turunan Anda bisa menggunakan adalah kata kunci “Jual piura foto minimalis ukuran 10R”. Memang yang paling penting adalah kata kunci utama, namun kata kunci turunan yang di gunakan juga bisa untuk memancing/menarik perhatian orang agar mau mengklik video Anda. Kurang lebih penggunaan keyword ini sama dengan saat Anda mengoptimasi keyword untuk mesin pencari Google.

2. Membuat Deskripsi Video

Dibawah tampilan video pada YouTube Anda akan melihat sebuah kolom deskripsi yang bisa dimanfaatkan untuk memberi keterengan lengkap isi video Anda. Kami akan memberikan trik membuat deskripsi yang bisa maksimal, yakni dalam penulisan video jika memungkinkan Anda dapat memasukkan kata kunci hingga mencapai 4-8 kali saja. Terlalu berlebihan tidak baik dan terlalu kurang juga kurang efektif.

Yang pasti jangan sampai terlihat deskripsi Anda terindentifikasi spamming keywords. Trik selanjutnya, apabila kata kunci yang dipakai tidak terlalu panjang, maka Anda dapat meletakkan kata kunci pada awal deskripsi kemudian diikuti dengan link jika ada. Fungsi deskripsi semacam ini setidaknya hampir sama dengan Meta description untuk mesin pencari Google.

3. Masukan Tag

Mungkin Anda sering menemukan video pada YouTube dengan penulisan tag cukup banyak pada kolom deskripsi. Biasanya penulisan tag berada dibawah tulisan deskripsi utama. Sebagai contoh untuk kata kunci utama pada video “jam dinding unik”, maka tag yang dapat ditulis diantaranya adalah Jual jam dinding unik, jam lucu dan unik, jual jam dinding, jual jam dinding online, toko jam dinding, jual jam dinding unik grosir dan lain-lain.

Strateginya, dalam penulisan tags ini pastikan Anda setidaknya menargetkan 1 kata kunci utama atau menempatkan main keyword lalu ikuti dengan beberapa kata kunci turunan yang cocok maupun banyak dicari.

4. Melengkapi Elemen Penting Lain

Sepertinya Thumbnail video pada YouTube tidak berpengaruh pada peringkat pencarian, namun justru dengan membuat Thumbnail yang menarik dan relevan ternyata berpengaruh pada kunjungan yang lebih banyak. Orang akan melihat Thumbnail terlebih dahulu sebelum mengklik, dan bila gambar mini tersebut tidak meyakinkan akhirnya orang enggan mengunjunginya.

Elemen penting lainnya adalah menempatkan video pada kategori yang sesuai apakah itu masuk dalam pendidikan, musik, hiburan, olahraga dan kategori lainnya. Elemen ini secara tidak langsung dapat mempegaruhi traffic pada video Anda.

5. Komentar Membantu SEO

Cepat dan jangan malas memberi respon komentar yang masuk pada video di YouTube Anda. Secara langsung komentar tidak berpengaruh banyak pada SEO. Namun justru disinilah, sebaliknya komentar yang masuk dan Anda balas bakal berpengaruh terhadap video tersebut. Adanya komentar yang masuk dan dibalas menunjukkan adanya respon viewer terhadap video Anda sekaligus akan menjadi indikator sejauh mana tingkat popularitas video yang Anda upload.

Youtube memperhatikan hal semacam ini selama bukan termasuk spamming. Strategi komentar spamming akan membuat YouTube “kecewa” sehingga justru semakin tidak respect dengan channel dan video Anda.