Jaman serba canggih, serba online, tentu saja tidak ada yang tidak bisa Anda ketahui. Informasi begitu cepat didapat, bahkan kejadian penting yang baru 5 menit berlangsung bisa langsung Anda akses beritanya tanpa harus menunggu lama. Begitu juga ketika Anda memiliki berbagai permasalahan, pertanyaan atau mungkin membutuhkan seseorang yang bisa memberikan jawaban atas apa yang ingin Anda ketahui, Google dengan mesin pencarinya siap membantu.

Namun bila ingin menanyakan langsung kepada orang lain sudah tersedia banyak layanan situs tanya jawab yang memiliki banyak member untuk membantu permasalahan dan pertanyaan Anda. Mungkin layanan situs semacam ini bukan hal baru, dahulu kita sudah mengenal Milis yakni grup diskusi internet dimana member bisa mengirimkan surat baik itu pertanyaan maupun bahan diskusi untuk diperbincangkan dengan member lain. Milis sudah dianggap kuno dan ada layanan dari situs tanya jawab lain yang dianggap lebih cepat, mudah, banyak kategori dan banyak membernya.

Berikut daftar situs tanya jawab yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan pertanyaan:

  • Yahoo! Answer

Jika menanyakan apa situs tanya jawa online yang terpopuler? Kebanyakan mungkin akan menjawa Yahoo! Answer. Ya, memang situs ini sudah sejak lama hadir, tepatnya sejak tahun 2005 sebagai pengganti situs Ask Yahoo!. Pada situs Yahoo! Answer ini, para penggunanya dapat mencari berbagai macam informasi dengan cara menuliskan pertanyaa di Yahoo! Answers ini.

Nantinya yang akan menjawab adalah para pengguna Yahoo! Answer lain. Jadi tentu saja bukan robot yang akan menanggapi pertanyaan Anda. Yang pasti Yahoo! Answer menyediakan berbagai kategori agar pertanyaan dapat terkumpul sesuai bidangnya, beberapa diantaranya adalah tentang bisnis, game, elektronik, ilmu sosial, jalan-jalan, komputer, kesehatan, olahraga, transportasi, sains, seni, budaya, kecantikan dan masih banyak kategori lainnya.

Baca juga:  Inilah Beberapa Jasa dan Jualan Online Terunik Serta Aneh, Pasti Ga Nyangka

Uniknya semakin banyak Anda megajukan jawaban, akun Anda akan mendapat banyak poin, dan untuk orang yang mengajukan pertanyaan maka poinnya berkurang. Registrasi ke Yahoo! Answer sangat mudah, hanya perlu memiliki akun Yahoo! Anda sudah bisa mengajukan pertanyaan.

  • Pertanyaan.com

Situs tanya jawab kedua yang juga cukup populer adalah pertanyaan.com. Mungkin tidak sepopuler dan tidak sebanyak member dari Yahoo! Answer. Namun situs ini juga tidak kalah bagusnya untuk mengajukan pertanyaan. Anda bisa mendaftar lebih dahulu dan berpartisipasi mengisi pertanyaan dan jawaban.

Ada banyak kategori yang bisa Anda lihat, diantaranya adalah tentang dunia pelajaran sekolah seperti matematika, bahasa Indonesia, Geografi, Sejarah, Biologi, Fisika, dan lain sebagainya. Kategori ini biasanya untuk anak-anak sekolah. Kategori lain adalah kategori umum yang terdiri dari kesehatan, hiburan, cinta, otomotif, bisnis, musik dan lain-lain.

Terakhir untuk kategori ketiga adalah kategori yang berhubungan dengan dunia teknologi IT dan gadget, yakni komputer, internet, website, software, photoshop, Facebook, Android dan lain sebagainya.

  • Answers.com

Situs tanya jawab yang ketiga adalah Answers.com, sebuah situs tanya jawab yang lingkupnya sudah internasional sehingga kebanyakan memang orang luar negeri penggunanya. Jika dibandingkan dengan Yahoo! Answer tentu saja member Answers.com lebih banyak mengingat Yahoo! Answer memiliki lingkup per-negara.

Ada banyak kategori yang tersedia pada situs tanya jawab ini mulai dari Animal Life, Entertainment, Arts, Home & Gardern, Law,Humor, Religion, Society, Politics dan lain sebagainya. Dari kategori-kategori tersebut juga masih dibagi-bagi dengan berbagai sub-kategori sehingga Anda bisa mencari pertanyaan yang lebih spesifik lagi.

  • Komunitas Bukalapak

Mungkin Anda mengetahui situs Bukalapak sebagai situs jual beli online saja. Namun lebih dari itu, ternyata Bukalapak juga memiliki halaman khusus untuk melakukan tanya jawab antar member yang tergabung sebagai komunitas.

Baca juga:  Inilah Daftar Domain Khusus dan Unik Yang Bisa Anda Gunakan Membuat Website

Sama halnya seperti Yahoo! Answer maupun pertanyaan.com, pada laman tanya jawab Bukalapak juga memiliki berbagai kategori mulai dari kamera, kuliner, lifestyle, hobi, komputer, sepeda, gadget, wirausaha dan kategori yang berhubungan dengan layanan jual beli online seperti tips & trik jualan.

Memang kategorinya tidak sebanyak dan selengkap situs tanya jawab lain namun setidaknya menjadi alternatif ketika situs diatas ternyata Anda belum menemukan jawaban tepat.