Tidak-Cocok-Menjadi-Blogger

Blogging adalah aktivitas yang menyenangkan bagi mereka yang memahami apa itu blogging. Ada banyak orang yang ingin membuat blog sekedar untuk menulis catatan kehidupan cinta-nya atau mungkin menulis catatan perjalanan bertamasya. Tidak salah memang karena jika ditulis secara rapi, bahasa enak dibaca dan ditambah dengan postingan gambar, maka hasilnya akan menjadi blog yang menarik.

Pada dasarnya blog yang menarik adalah blog yang informatif, menginspirasi serta memberikan pembacanya referensi. Sayangnya tidak semua blogger menyadari akan syarat-syarat tersebut, dan hasilnya blog ciptaan mereka hanyalah berisi tulisan tidak berguna serta hanya menjadi postingan yang sama sekali tidak bermanfaat. Dalam artikel kali ini kami akan mengulas beberapa alasan mengapa seseorang tidak cocok menjadi blogger. Simak ulasan selengkapnya:

1. Menganggap Aktivitas Blogging Tidak Berguna

Pernahkah Anda mendengar ada orang yang mengatakan bahwa aktivitas nge-blog adalah aktivitas yang tidak berguna. Alasannya mungkin banyak seperti menghabiskan waktu saja, atau tidak mendatangkan keuntungan secara materi.

Padahal blogging bukan sekedar tentang mancari harta, namun lebih dari itu. Anda bisa berbagi sesuatu yang berguna bagi orang lain. Membagikan referensi dan informasi apakah sesuatu yang tidak berguna? Jika menganggap demikian maka Anda termasuk orang yang bukan makhluk sosial.

2. Tidak Suka Aktivitas Menulis

Memang blog tidak untuk semua orang, karena tidak semua orang suka menulis. Blog kaitannya sangat erat dengan aktivitas menulis. Pada akhirnya sebelum terjun ke dunia blogging sebaiknya Anda bertanya pada diri sendiri, apakah Anda menyukai aktivitas menulis?

Baca juga:  Tips Cara Membangun Website/Blog Agar Sukses  

Jika dari dasarnya Anda tidak suka menulis, lebih baik urungkan saja niat menjadi blogger. Atau mungkin Anda suka dunia menulis, namun skill-nya belum matang. Sebenarnya bukan menjadi alasan untuk tidak nge-blog karena blogging bukan masalah bagusnya tulisan, tapi yang penting Anda memiliki passion. Skill dapat diasah dan sedikit demi sedikit Anda bisa menjadi penulis handal.

3. Pencuri Konten

Seorang pencuri konten atau tukang copas sebenarnya tidak layak disebut sebagai blogger meskipun mungkin ia memiliki banyak blog. Dia tidak menulis sendiri melainkan meng-copy konten milik situs lain. Apa gunanya memiliki banyak halaman blog jika seluruh tulisannya adalah hasil copas. Jika belum memiliki inspirasi dan referensi menulis lebih baik lakukan trik Re-write ketimbang hanya copas. Langkah ini lebih mulia dari pada hanya menarik mouse dan klik kanan.

4. Yang Dipikirkan Hanyalah Ranking di Mesin Pencari

Untuk menjadikan blog Anda ramai pengunjung, triknya adalah menempatkan halaman blog Anda pada ranking terbaik pada mesin pencari. Syukur-syukur bisa masuk peringkat pertama pada halaman pertama. Namun aktivitas blogging sebenarnya bukan tentang ranking. Banyak yang akhirnya melakukan optimasi blog-nya kelewat batas.

Sudah tidak memperhatikan kriteria penulisan dengan benar, terlalu banyak kata kunci, terlalu banyak kata yang mendapat bold, underline dan isi yang tidak relevan serta terkesan berantakan. Anda memang tetap layak disebut sebagai blogger, namun Anda bukan blogger ideal. Tidak perlu terlalu memikirkan page rank, gunakan trik sewajarnya saja karena jika artikel Anda bagus pastinya akan banyak dicari.

Baca juga:  Niche Website/Blog Yang Banyak Dicari Orang di Internet

5. Selalu Berpikir Tentang Uang

Dengan program-program seperti Google Adsense dan Advertising sejenisnya sebenarnya Anda bisa mendapatkan uang dari aktivitas blogging. Lebih baik Anda berhenti menjadi blogger apabila yang dipikirkan hanya uang-nya saja. Aktivitas blogging adalah tentang berbagi serta ber-ekspresi, entah itu membagikan cerita pengalaman diri sendiri, referensi, review buku, curhatan, informasi, dan sebagainya.

Anggaplah uang dari program pengiklanan sebagai bonus. Kalau pun tidak mendapatkan uang pun sebenarnya tidak masalah. Berpikirlah bahwa dengan membagikan informasi maka Anda akan mendapat ganjaran pahala.

6. Tidak Mau Merawat Blog

Bukan hanya sekedar menulis, kemudian membiarkan blog apa adanya. Blog seharusnya dirawat, maksudnya adalah sering-sering melakukan update postingan atau menambah berbagai fitur-fitur lainnya. Semakin sering di update, akan semakin banyak pengunjung yang membuka blog Anda. Jadikan blogging menjadi aktivitas menyenangkan dan teruslah berkarya dan memberikan sesuatu yang berguna.