Domain-dan-Hubungannya-Dengan-SEO

Nama domain menjadi hal yang kadang-kadang disebut dalam pembahasan masalah SEO. Ini merupakan nama unik yang diberikan guna melakukan identifikasi nama server komputer seperti web server maupun email server pada jaringan komputer dan internet. Jika Anda masih belum paham, sebagai contoh nama domain adalah facebook.com atau mungkin bila Anda memiliki situs sendiri bisa dinamai sesuka hati seperti andipetualang.com.

Ibaratnya ini menjadi seperti sebuah alamat rumah agar orang tidak tersesat. Lalu sebenarnya apakah ada hubungannya antara nama domain dengan optimasi mesin pencari? Ya jelas, sudah barang tentu SEO dengan nama domain menjadi hal yang sangat erat kaitannya. Sudah banyak yang mengungkapkan bahwa penggunaan nama domain yang kurang tepat dan relevan ternyata akan berpengaruh pada proses indexing dari search Engine. Berikut kami akan memberikan ulasan satu per satu hubungan antara nama domain dengan SEO:

Nama Domain Tepat Membantu Peringkat Website

Untuk sebuah nama domain yang paling mendekati dengan keyword pencarian memungkinkan akan bisa ditampilkan oleh Search Engine lebih awal pada posisi lebih baik atau mungkin bisa berada di halaman pertama. Namun Anda jangan terpaku pada nama domain menjadi ‘jurus’ pamungkas SEO, karena pengaruhnya sebenarnya tidak terlalu besar dibandingkan trik SEO lain. Itulah kami menuliskan ‘mungkin’ diatas.

Berikut ini beberapa tips memilih nama domain yang tepat dan SEO Friendly:

  • Domain singkat dan tidak terlalu panjang akan lebih mudah terindex mesin pencari. Gunakanlah 1 sampai 2 kata, meski 3 kata masih bisa ditolerir.
  • Nama domain alangkah baiknya tidak perlu menggunakan tanda hubung atau tanda lain. Apabila memang terpaksa lebih baik menggunakan strip (-) dan hindari penggunaan tag underscore (_). Perlu diketahui bahwa penggunaan nama domain yang menggunakan underscore sebenarnya tidak SEO Friendly bagi Search Engine.
  • Kata-kata yang lebih mudah diingat agar orang lain tidak kesulitan mengakses halaman Anda.
  • Hindari pula penggunaan angka karena dianggap tidak SEO Friendly.
Baca juga:  Pentingnya Variasi Anchor Text Dalam Membangun Backlink

Usia Domain Mempengaruhi SEO

Banyak yang membuat pemilik website beru harus pasrah bila harus menghadapi persaingan dengan website lain yang usianya lebih tua. Yang menjadi permasalahan sebenarnya adalah bukan seberapa lama umur halaman web,  namun fokusnya adalah pada berapa lama Google sudah melakukan index domain tersebut. Google mugkin memang menganggap bahwa domain yang sudah lama terindex mempunyai nilai dan kualitas baik. Sedangkan domain baru dianggap belum memiliki kredibilitas. Usia domain yang lebih lama biasanya cenderung memiliki backlink lebih banyak serta memiliki backlink yang lebih natural ini mengingat domain tersebut sudah terindex dan sudah ada bertahun-tahun masuk pada mesin pencari.

Jadi apakah ini menjadi akhir segalanya dan Anda harus pasrah menghadapi kompetitor yang sudah lama? Jangan dulu, karena menurut pakar SEO perbedaan index usia domain 6 bulan melawan 1 tahun tidak terlalu besar. Bahkan bila terus berjuang menggunakan trik-trik SEO dengan lebih keras, bisa saja Anda menempati ranking diatas. Kesimpulan akhir, domain hanyalah menjadi salah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi SEO, dan Anda harus yakin bahwa usia domain hal ini bukan menjadi satu-satunya faktor terbesar yang mempengaruhi SEO.

Subdomain Gratisan vs Domain Berbayar

Banyak yang menganggap bahwa menggunakan subdomain gratisan berarti harus siap untuk tidak mendapat tempat pada halaman pertama di mesin pencari. Padahal pendapat ini salah kaprah karena subdomain gratisan dengan yang berbayar memiliki tempat sama. Jika memang dibedakan oleh mesin pencari, sepertinya hanya sedikit sekali.

Baca juga:  Cara Rahasia Meningkatkan Trafik Website/Blog

Jadi sekarang tinggal tergantung bagaimana sang pemilik melakukan optimasi. Bisa saja optimasi yang lebih jeli membuat subdomain gratisan masuk pada page rank pertama dibandingkan subdomain berbayar tanpa trik optimasi maksimal. Pengaruhnya hanya pada pandangan yang lebih professional jika menggunakan subdomain berbayar. Beberapa contoh subdomain gratisan yang bisa Anda gunakan dan tetap bisa dijadikan alat persaingan SEO adalah dot.tk, biz.nf, co.nr dan lain-lain.