Sekelumit Tentang Google Adsense
Sekelumit Tentang Google Adsense

Google adsense adalah program kerjasama periklanan melalui online yang dikelola oleh Google inc. Melalui Google Adsense para pengelola dan pemilik web/blog bisa mendapatkan penghasilan. Penghasilan tersebut didapatkan sesuai jumlah klik pada iklan dan fitur google adsense lainya. Para pemilik web/blog yang telah disetujui keanggotaanya, diperbolehkan memasang iklan google adsense pada web/blognya tersebut.

Google adsense merupakan PPC ( Paid Per Click ) yang dikelola oleh google, google adsense pun memiliki beberapa jenis diantaranya, adsense for content, adsense for search, adsense for referral. Adsense for referral adalah pemilik situs web/blog akan mendapatkan bayaran jika pengunjung melakukan klik iklan berlanjut. Adsense for search adalah  pemasang iklan akan menempatkan kotak pencarian atas nama google, jika pengunjung menggunakan kotak pencarian tersebut maka pemilik situs akan mendapatkan bayaran.

Baca juga ini : cara mendapatkan uang dari blog

Google adsense adalah program kerjasama periklanan melalui online yang dikelola oleh Google inc. Melalui Google Adsense para pengelola dan pemilik web/blog bisa mendapatkan penghasilan.

Istilah-istlah pada Google Adsense.

–Publisher

Publisher adalah pemilik situs web/blog yang sudah bergabung dan disetujui keanggotaanya pada google adsense untuk memasang iklan pada web/blog mereka. Publisher google adsense hanya diperkenankan memiliki satu ID google adsense. Dan diperbolehkan untuk memasang iklan google adsense di semua situs web/blog mereka yang memenuhi persyartan google adsense.

–PIN Google Adsense

PIN Google Adsense adalah sebuah kode berbentuk angka yang dikirimkan oleh Google ke alamat alamat pemilik akun adsense, melalui pos biasa beberapa hari setelah saldo adsense anda mencapai $10 unutk pertama kalinya. PIN Juga berfungsi sebagai verifikasi alamat pemilik adsense dengan cara memasukan kode tersebut ke dalam akun dan sebagai sarana agar saldo bisa dicairkan.

–Ad Units

Ad Units merupakan iklan Adsense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan berbagai ukuran. Ad Units berupa gambar atau teks.

–Link Units

Link Units merupakan format iklan Adsense yang berupa menu-menu.Yang memebedakan Link Units dengan Ad Units adalah saat pengujung mengklik Link Units, pengunjung akan diarahkan kepada halaman hasil pencarian google.

–CPC ( Cost Per Click )

CPC adalah jumlah uang yang didapatkan oleh Publisher Google Adsense jika iklan dimklik oleh visitors. Nilai CPC dari setiap iklan berbeda karena hal ini dipengaruhi oleh performa web/blog dan kualitas web/blog anda sendiri.

–Adsense for Content

Adsense for Content adalah iklan yang ditampilkan di setiap halaman yang mana iklan tersebut saling berkaitan/relevan dengan isi postingan.

baca juga ini : cara rahasia bisnis online

–Channel

Channel merupakan label yang diberikan pada AdUnits, Adsense for Search, Adsense for referral, dan Link Units. Guna dari Channel adalah memudahkan publisher untuk melakukan analisa terhadap Google Adsensenya.

–Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang memperlihatkan berapa kali halaman dibuka pengunjung.

–CTR ( Click Trought Rate )

CTR adalah perbandingan antara jumlah klik iklan dengan jumlah kemunculan iklan.

–eCPM ( Effective Cost Per Milion )

eCPM merupakan hasil pembagian antar jumlah penghasilan Publisher dengan jumlah impresi halaman per 1000 ytang diperoleh dari semua iklan.

–Format Iklan

Fomrmat ilan meriupakan ukuran iklan yang akan ditampilkan pada situs web/blog. Misalnya 300 x 750 pixel, 125 x 125 pixel. Semua format ilan adsense dapat dilihat di halaman format iklan Google Adsense.

Semoga artikel tentang google adsense ini Bermanfaat.