Anda membuat blog dengan banyak sekali variasi, mulai dari background yang penuh dengan warna-warni, kemudian ada gadget-gadget memenuhi sisi samping, diambah efek kursor mouse yang bisa memancar seperti salju. Sudah dipastikan Anda adalah ‘anak alay’ yang hobi mengelola blog. Anda pikir desain demikian nyaman dilihat dan mudah diakses?

Desain blog demikian bisa dikatakan adalah desain yang terlalu macam-macam dan sangat buruk. Perlu Anda ketahui bahwa desain blog yang nyaman adalah yang sederhana, antarmuka mudah dipahami, ringan diakses dan pastinya bakal SEO friendly. Berbeda jika tujuan Anda adalah untuk memamerkan skill mendesain blog kepada orang-orang, mungkin aspek diatas sudah tidak terlalu penting.

Namun jika tujuan Anda mengelola blog untuk bisnis baik program Adsense maupun Affiliate dan mengharuskan mendapatkan banyak visitor tentu ada aturan tidak tertulis yang harus Anda penuhi. Berikut ini adalah desain blog yang sekiranya nyaman dilihat dan mudah diakses:

1. Background cukup polos saja

Sebaiknya Anda tidak perlu mengutak-utik warna background blog Anda. Background bergambar maupun memiliki sesuatu yang aneh sebenarnya tidak penting. Lihatlah situs-situs web yang terkenal, desain background hanyalah warna putih polos, atau jika Anda menyukai warna tertentu tidak masalah seperti biru, merah dan warna lain.

Warna background yang polos cukup nyaman dilihat, khususnya bagi visitor yang sedang membaca konten. Background bergambar sangat memusingkan dan berpotensi membuat laman lambat dimuat.

Baca juga:  Tips Agar Pengunjung Blog Merasa Nyaman Membuka Blog Anda

2. Dua atau tiga iklan cukup

Kami memahami bahwa blog Anda bisa tetap hidup karena ada iklan yang membiayai. Namun tunggu dulu, iklan yang terlalu banyak bukan akan menghidupi blog Anda tetapi bisa menjadi boomerang. Orang-orang malas karena laman Anda penuh dengan iklan. Jadi 2 iklan dalam sebuah blog sekiranya sudah cukup, jika ingin menambah pastikan hanya sampai 3.

3. Menu jelas dibagian atas

Pastikan Anda mendesain menu dengan cukup jelas dan mudah ditemukan, dan posisi yang paling tepat adalah pada bagian atas. Idealnya Pada Menu pertama merupakan Home/Beranda, kemudian dilanjutkan seperti kategori-kategori, about us dan kontak. Menu yang jelas membuat visitor mudah untuk menjelajahi situs web dan mudahnya untuk menavigasi. Menu dibagian samping sepertinya kurang ideal dan kurang pas.

4. Pasang konten-konten menarik

Pada setiap konten pastikan Anda juga menerapkan konten lain dengan kategori Related Post alias post yang berkaitan dengan post yang sedang dibuka. Kemudian bisa juga Anda memasang beberapa link menuju post terpopuler, post terbaru dan post paling banyak dibaca.

Buatlah blog yang nyaman, ramah, dan tentunya SEO Friendly.

More from my site

Baca juga:  Beberapa Hal Yang Tidak Disukai Pengunjung Blog