Ranking-Pertama-di-Google

Kami ucapkan selamat kepada Anda yang mungkin sudah menempatkan salah satu halaman web di posisi terbaik mesin pencari Google. Ya, dengan demikian berarti Anda telah berhasil mengoptimasi sebuah kata kunci untuk bersaing menuju posisi terbaik mesin pencari. Tentulah menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi jika setiap trik dan strategi SEO tersebut adalah Anda sendiri yang melakukannya.

Kalau pun keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan jasa SEO juga tidak menjadi masalah. Setidaknya Anda tidak percuma membayar mahal jasa SEO untuk menempatkan situs Anda di peringkat terbaik Google. Namun jangan terlalu berlebihan dalam membanggakan hal itu, karena keberhasilan menempati page rank pertama ternyata tidak menjamin kesuksesan situs web maupun blog Anda. Apalah arti penempatan pertama namun hal tersebut tidak memberikan faedah atau manfaat.

Ada banyak penyebab dan faktor yang membuat situs Anda tidak sukses, salah satunya adalah konten yang tidak berkualitas atau produk yang Anda jual kurang menarik. Kemudian yang menjadi pertanyaan bagaimana cara kita mengetahui sukses atau tidaknya situs web atau blog kita? Berikut ulasannya:

1. Bounce Rate tinggi

Sudah sering kali dibahas bahwa Bounce Rate adalah persentase sesi single page pada sebuah website, atau sederhananya adalah sebuah persentase sesi di mana pengunjung masuk kemudian meninggalkan situs tertentu tanpa melakukan kunjungan ke halaman lain pada satu situs yang sama. Apakah hal itu terjadi pada web atau blog Anda?

Sangat disayangkan bila halaman Anda masuk ke page rank pertama namun mendapatkan Bounce Rate tinggi. Pasti ada yang salah, dan cobalah untuk berusaha mengetahui kesalahan yang Anda buat seperti memperbaiki konten, memperbaiki desain halaman atau menambah deskripsi produk bila situs Anda adalah toko online.

Baca juga:  Cara Mendatangkan Pengunjung ke Web/blog

2. Visitor yang tidak banyak

Mana mungkin sebuah web tidak banyak pengunjung bila sudah masuk ke page rank pertama Google? Jangan salah, bisa saja hal itu terjadi. Sebagai contoh penyebabnya adalah judul yang kurang menarik sehingga orang sudah berprasangkat bahwa konten Anda juga tidak akan menarik. Atau alasan logis kedua adalah meta deskripsi yang tidak menerangkan dengan jelas atau bahkan tidak relevan dengan judul. Pastikan Anda memperhatikan dua hal tersebut.

3. Komentar sepi

Konten yang bagus pastinya membuat pengunjungnya mendapatkan ilmu dan manfaat. Sebagai apresiasi tentu mereka akan memberikan sekedar komentar ucapan terimakasih atau komentar berupa pertanyaan bila ada yang belum jelas. Apakah web Anda sepi komentar?

Bisa jadi ini adalah indikasi web atau blog Anda gagal memberikan konten bermutu atau karena memang sepi pengunjung. Untuk masalah ini akan menjadi runyam saat komentar yang muncul justru spam tidak berguna.

4. Tidak ada yang menghubungi Anda

Sebagai pemilik toko online, hal yang paling ditunggu-tunggu tentu adalah pesan masuk dari orang lain yang hendak meng-order produk kita. Disaat SEO sudah berhasil menempatkan toko online Anda diperingkat pertama, namun ternyata order masih sepi berarti Anda harus pandai melihat kesalahan toko online Anda.

Apakah produk sudah jelas, apakah produk sudah tertulis deskripsi dengan lengkap, apakah foto produk sudah baik dipandang atau apakah produk Anda jual dengan harga wajar? Hati-hati juga dengan desain web penuh animasi atau iklan yang membuat lama dimuat. Pengunjung tidak senang dengan hal itu.

Baca juga:  Ini Alasan Mengapa Anda Harus Belajar SEO

5. Kata kunci tidak populer

Anda bisa saja menempatkan halaman web diposisi pertama search engine Google dengan kata kunci tertentu. Namun apakah kata yang dipakai merupakan kata yang populer? Jika sebuah kata kunci asing bagi kebanyakan orang tentu akan jarang dicari meskipun dengan pencarian kata kunci tersebut situs Anda akan langsung muncul dihalaman pertama.

6. Angka Share sedikit sampai nol

Sebuah halaman web atau blog bonafit tentu memiliki fitur share untuk media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest dan sebagainya. Lihat angka share yang tertera, jika sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali artinya situs Anda kurang menarik sehingga orang malas untuk melakukan share ke akun media sosialnya. Ini bisa menjadi indikasi sukses atau tidaknya halaman web Anda.

Jadi jangan berpikir kemenangan SEO adalah segalanya, karena jika tidak dibarengi dengan kualitas dan akses mudah maka hal tersebut menjadi sangat percuma.