Jika berkunjung ke luar negeri, negara mana yang paling ingin kamu kunjungi? Mungkin, kamu akan menyebut benua Eropa, Jepang, ataupun Korea Selatan. Jarang sekali orang yang menyebut Timor Leste.

Saat mendengar kata Timor Leste yang paling diingat salah satunya negara yang dulunya merupakan bagian dari Indonesia dan memutuskan untuk berpisah. Namun ternyata selain Timor Leste memiliki cadangan minyak dan gas dunia yang bernilai $40 milyar, negara kecil ini juga memiliki keindahan alam yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Maskapai yang menyedikan penerbangan dari Indonesia ke Dili salah satunya Sriwijaya Air. Untuk mengetahui daftar harga tiket pesawat Sriwijaya kamu bisa dapat mengecek langsung melalui website-nya. Salah satu destinasi andalan di Timor Leste yakni Pulau Jaco. Konon, Pulau Jaco ini memiliki keindahan layaknya Raja Ampat di Indonesia. Benarkah?

Ada Apa di Pulau Jaco?

Pulau Jaco termasuk pulau yang tak berpenghuni dan hanya memiliki luas 11 kilometer persegi. Pulau ini termasuk dianggap pulau suci oleh masyarakat lokal. Pulau Jaco terletak di ujung paling timur danĀ  berada dalam wilayah Tutuala yang berada di distrik Lautem.

Untuk datang ke Timor Leste kamu hanya membutuhkan Visa On Arrival. Jadi, setelah cek daftar harga tiket pesawat Sriwijaya, kamu bisa langsung memesannya. Tanpa harus menghitung bujet tambahan untuk membuat Visa.

Meskipun termasuk pulau suci, kini masyarakat setempat mengizinkan wisatawan untuk menginjakkan kaki di Pulau Jaco. Asalkan mampu melihat kebersihan dan keindahan pulau tersebut. Secara keseluruhan kondisi alam di Pulau Jaco tak beda jauh dengan Indonesia. Pulau kecil yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Nino Konis Santana ini dipenuhi oleh hutan kering tropis. Kondisi alamnya benar-benar masih sangat terjaga meskipun sudah tidak lagi perawan karena mulai banyak didatangi turis-turis mancanegara.

Baca juga:  Inilah 5 Makanan yang Sering Dicari via Google oleh Orang Indonesia

Daftar harga tiket pesawat Sriwijaya dan penerbangan menuju Dili, rentang harga mulai dari Rp1.850.000 hingga Rp4.957.000 dengan transit sebelumnya di Bali. Harga tersebut tergantung tanggal keberangkatan yang dipilih. Meskipun kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Hal tersebut tidaklah menjadi masalah ketika kamu tiba dan puas dengan keindahan dan aktivitas yang kamu lakukan di pulau Jaco ini.

Serasa di pulau pribadi, kamu bisa mengitari pulau ini tanpa paparazi atau gerombolan para turis. Kamu bisa ikut dengan perahu nelayan untuk mengelilingi pantai dan melihat bintang laut. Kamu dapat berenang di hamparan air lautnya yang jernih berwarna turqoise. Dari atas kapal juga kamu sudah bisa melihat keindahan biota laut atau bentuk-bentuk terumbu karang. Bersyukurlah karena pulau suci ini masih memiliki terumbu karang yang utuh.

Di pinggir pulau terdapat bebatuan yang besar hingga mencapai pinggiran pantai terdapat batu kapurĀ  yang menjulang cukup tinggi dan ditumbuhi tumbuh-tumbuhan di atasnya. Karena tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman ataupun penyewaan alat snorkeling. Jai kamu harus mempersiapkan kebutuhan di Pulau ini. Misalkan, hammock atau tikar untuk bersantai serta makanan dan minuman yang kamu butuhkan.

Menyelam di Pulau Jaco akan menjadi pengalaman yang menyenangkan karena meskipun tidak terlalu dalam menyelam kamu sudah bisa melihat ikan-ikan yang berwarna-warni. Saat bersantai di atas hammock suasana pulau yang sepi akan terpecahkan dengan ciutan burung-burung yang singgah di pepohonan pulau Jaco. Burung-burung lokal yang dapat kamu temukan seperti Dusky Cuckoo-dove dan Fawn-breasted Whistler.

Baca juga:  7 Tips Cara Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis

Pulau Jaco pun memiliki pantai dengan butiran lembut pasir putih yakni Pantai Tutuala. Bermain olahlaga voli pantai sepertinya akan menjadi kegiatan seru yang bisa kamu lakukan.

Cara Menuju dan Biaya ke Pulau Jaco

Untuk membeli tiket pesawat menuju Dili, kamu dapat mencarinya melalui situs jual tiket pesawat di reservasi.com. Harga tiket di reservasi.com berkisar Rp1.872.000 hingga Rp2.255.300. Kamu masih bisa mendapatkan promo atau potongan harga jika memesan melalui situs jual tiket pesawat di reservasi.com.

Sipakan dana untuk Visa On Arrival kurang lebih Rp390.000. Setelah itu dari Bandara dilanjutkan dengan Bus menuju Baucau dalam waktu tiga jam yakni hanya Rp50.000,- Setelah tiba di Baucau dilanjukan lagi dengan bus ke Los Palos dalam waktu empat jam dengan biaya Rp50.000. Lanjutkan perjalan menggunakan mikrolet ke Tutuala Rp30.000 dalam waktu tiga jam.

Dari dermaga, kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk ke Pulau Jaco dengan biaya kurang lebih Rp.100.000,- dan dalam waktu 15 menit pun kamu sudah bisa tiba. Sayangnya, para wisatawan tidak diiinzinkan untuk menginap di Pulau Jaco. Kapal atau perahu nelayan akan menjemput kembali saat sore hari.