Tentang-SEO

Kalau berbicara tentang marketing online mengapa tidak lepas dan tidak jauh dari Search Engine Optimization? Ya sudah jelas karena SEO merupakan bagian dari marketing online itu sendiri. Terkecuali yang sedang Anda bahas adalah tentang marketing konvensional yang tidak ada hubungannya dengan jaringan internet.

Mungkin Anda akan diajari tentang bagaimana membangun brand menggunakan media-media cetak atau cara-cara yang umum dilakukan. Pasalnya bagi seorang pemula SEO merupakan hal yang rumit, membutuhkan kesabaran ekstra, strategi yang tidak sedikit dan juga waktu yang mungkin dianggap lama. Dalam hal pengindexan sendiri membutuhkan waktu tidak 1 atau 2 hari, melainkan bisa 1 minggu bahkan berbulan-bulan untuk mencapai posisi terbaik. Alhasil, banyak orang yang akhirnya malas mempelajari SEO meski banyak pula yang giat untuk menguasai strateginya.

Nah, bagi Anda yang sudah mengenal SEO tentu saja memahami untuk apa SEO dan fungsi SEO. Namun bagi orang awam, tentu SEO bukanlah sesuatu dianggap sebagai kebutuhan kecuali mereka mau mengenal fungsi dan kegunaannya yang luar biasa. Patut disayangkan bila pemilik UKM atau bisnis tertentu sampai tidak mau peduli dengan SEO, padahal sudah melakukan pemasaran di internet. Berikut ini beberapa pertanyaan umum dari pemula (orang awam) tentang SEO:

1. Apakah SEO itu Penting?

Pertanyaan yang paling ‘mainstream’ bagi pelaku usaha yang baru saja merambah ke marketing online, apakah SEO itu penting? Tidak penting jika memang Anda tidak membutuhkan. SEO bukanlah suatu keharusan karena ini adalah kebutuhan yang relatif. SEO hanya menjadi elemen untuk membantu konten Anda, khususnya lapakan dagangan online dilihat lebih banyak orang.

Fungsinya memang hanya itu, tidak lebih dan tidak kurang. Jadi sebagai perumpamaan, kira-kira apakah sebuah toko baru dibuka dan berada di pelosok tanpa papan nama akan laris? SEO memiliki fungsi untuk memberitahukan orang-orang tentang toko Anda itu. Baca lebih lanjut mengenai apa itu SEO.

2. Apakah SEO Menjadi Kewajiban?

Sekali lagi pertanyaan ini tergantung dari sudut pandang Anda sendiri. Namun secara umum SEO menjadi sesuatu yang tidak wajib, karena tidak semua orang berusaha untuk kontennya mudah untuk dilihat banyak orang dan mendapatkan traffic ramai. Tetapi cobalah untuk berpikir, Anda menginginkan sebuah omset yang besar pada bisnis dengan marketing online, namun tidak menganggap SEO itu wajib. Bagaimana target tersebut bisa dicapai? Bagaimana target itu bisa Anda segera Anda dapatkan?

3. SEO Itu Susah

Susah karena belum berusaha memahami, susah karena enggan belajar. Bukankah Anda sewaktu Sekolah Dasar menganggap pelajaran matematika SMP adalah mustahil untuk diselesaikan ? Namun karena ada tahapan belajar dan berusaha untuk memahami, akhirnya sewaktu Anda merasakan mudah-mudah saja menyelesaikan matematika SMP.

Ada banyak referensi di internet, dengan rajinnya banyak pemilik web yang setia menulis untuk Anda. Rajin-rajinlah membaca artikel tentang SEO, pahami istilah-istilah yang dianggap asing. Jangan ragu untuk bertanya kepada penulis, atau hal yang paling mudah lagi untuk belajar SEO adalah mengikuti training, seminar atau workshop dimana Anda akan langsung berhadapan dengan sang master SEO.

4. Mempelajari SEO Harus Bayar?

Sebenarnya Anda bisa mempelajari secara otodidak melalui artikel tutorial, trik dan tip tentang SEO yang banyak ditulis di internet. Yang dibutuhkan hanyalah akses internet, kalau pun ingin ikut seminar, workshop atau training khusus tentu harus berbayar. Hari gini pengin sukses ga mau modal?

5. SEO Menjamin Produk yang Dijual Laris?

Tidak ada jaminan pasti, karena SEO hanya sebagai fasilitas saja agar produk atau toko online Anda dilihat lebih banyak orang. Yang menjadi produk laris dari produk itu sendiri, apakah berkualitas, apakah menarik, apakah dibanderol dengan harga yang lebih murah dan bisa saja terpengaruh dari apakah desain halaman lapak online Anda menarik atau tidak. Kesimpulannya SEO hanya membantu khalayak ramai menemukan Anda, bukan menjamin kelarisan produk.

6. Dengan SEO Konten Langsung ke Halaman Pertama?

Harapan muluk-muluk selalu ada dalam pikiran, tetapi tidak salah sebenarnya. Soal halaman pertama atau ke berapa dalam SEO di tentukan oleh banyak hal. Keyword yang sangat ketat tentu akan sulit, usia domain berpengaruh, strategi organik yang dilancarkan dan berbagai faktor lain. Jadi tidak selalu konten Anda akan berada di posisi yang diidam-idamkan.