Anchor-Text-Dalam-Membangun-BacklinkVariasi anchor text dalam membangun backlink ? Ya, itulah yang akan kita bahas saat ini. Kenapa perlu dibahas ? Ya karena akhir-akhir ini kita melihat mesin pencari google semakin gencar meluncurkan update-update dari setiap algoritmanya, sehingga tak sedikit website yang terasingkan ke halaman yang tak akan ada pengunjungnya. Salah satu penyebab terdamparnya website ke halaman tak berpenghuni adalah kurangnya variasi Anchor text dalam membangun backlink.

Anchor text adalah suatu teks yang mengandung link. Apabila teks tersebut kita klik maka otomatis kita akan melihat halaman baru. Sebagai contoh anchor text “Belajar Bisnis Online” apabila pembaca mengklik teks di atas, maka akan timbul halaman baru. Anchor text sangat berguna bagi mesin pencari untuk merangking suatu web, apabila anchor text yang ada relevan website yang dituju oleh anchor text maka ranking suatu website dapat lebih tinggi.

Mengapa Variasi Anchor Text itu Penting?

Variasi anchor text dalam membangun backlink penting, karena mesin pencari google lebih suka backlink yang natural. Natural maksudnya adalah backlink tersebut berasal dari pengunjung website tersebut atau media online yang memberikan backlink pada web tersebut.

Dengan membuat backlink terlihat natural, perubahan algoritma apapun yang dilakukan oleh google bukanlah sebuah masalah bagi kita. Konsep kerja dari search engine google sendiri adalah men-crawl website – website berdasarkan anchort text.

Dalam optimasi SEO yang diandalkan tersebut adalah strategi bukan trik, salah satu strategi yakni variasi anchor text dalam membangun backlink (backlinking).

“Lho, kalau misal benar-benar pengunjung yang memberikan backlink, bagaimana jika web/blog belum ada pengunjungnya, ya gak dapet-dapet dong backlink”.

“Ya, benar. Jadi tugas kita memanipulasi seakan-akan yang memberikan backlink tersebut adalah pengunjung website / blog kita”.

Jadi, variasi anchor text tersebut penting, agar backlink yang kita bangun itu terlihat natural. Natural itu inti dari proses backlinking.

Apa saja Variasi Anchor Text tersebut ?

Dalam mengoptimasi website penulis memiliki beberapa variasi-variasi anchor text dalam menanam backlink, diantaranya :

  1. Naked URL

Naked URL merupakan anchor text yang tanpa mengangung “http;//” atau “www” . Jadi naked URL itu langsung nama domain + ekstensi domain. Sebagai contohnya, seperti “maxmanroe.com” , “domainkamu.com” , “tulisbaca.com” (tanpa tanda kutip).

Naked URL lebih pas digunakan pada tipe backlink, seperti blog commenting, guest past, dan PDF Sharing.

  1. Text URL

Text URL merupakan anchor text yang menggunakan “http://” , “www” , atau http://www. Sebagai contoh penggunaan text URL, seperti :

  • http://tulisbaca.com
  • tulisbaca.com
  • http://www.tulisbaca.com

Dalam membangun backlink menggunakan text URL sebaiknya gunakan 2 tipe saja dengan persentase tipe pertama lebih banyak penggunaannya daripada tipe kedua. Sebagai contoh kita menggunakan “http://domainkamu.com” dan “www.domainkamu.com” , dalam penggunaanya http://domainkamu.com > www.domainkamu.com atau sebaliknya.

Text Url lebih pas digunakan pada tipe backlink, seperti blog commenting, dummy blog, PDF backlink, dan video sharing.

  1. Keyword Target

Keyword target merupakan anchor text yang menggunakan keyword utama. Sebagai contoh web/blog yang mengejar keyword Belajar Bisnis Online, maka disaat menanam backlink, teks Belajar Bisnis Online lah yang kita gunakan.

Keyword target sebaiknya digunakan pada tipe backlink, seperti blog comment, dummy PDF Sharing, Wiki, dan EDU.

  1. Keyword Turunan

Keyword turunan merupakan anchor text yang digunakan merupakan turunan dari keyword target. Sebagai contoh, keyword targetnya Bisnis Online, maka keyword turunannya itu Bisnis Online untuk Pemula, Bisnis Online Gratis, dsb.

Keyword turunan sebaiknya digunakan pada tipe backlink, seperti PBN, dummy blog, PDF Sharing, dan ppt sharing.

  1. Brand

Brand merupakan merek dari domain blog. Misalkan, blog anda domainnya ceritacinta.com, maka brandnya yakni “Cerita Cinta” (tanpa tanda kutip).

Anchor text brand sebaiknya digunakan pada tipe backlink dummy blog, blog commenting, dan PDF backlink.

  1. Random

Randommerupakan anchor text yang digunakan tidak mengandung keyword atau brand. Anchor text random biasanya, seperti kunjungi ini, baca ini, selanjutnya disini, dsb.

Untuk hitungan matematis dari pemakaian anchor text itu sendiri sebaiknya tidak melebihi 1%, tentu hal ini bertujuan agar website/blog kita nantinya tidak terpengaruh oleh yang namanya update algoritma google. Untuk yang 1% tersebut tidak termasuk pada anchor text naked URL. Untuk naked URL kita bisa menggunakannya walah lebih dari hitungan 1%.

Jadi, kita harus mempersiapkan berbagai varian variasi keyword beserta anchor textnya, agar lebih mudah berpikirlah secara kreatif, lalu salurkan ide kreatif tersebut pada anchor text anda.

Demikian saja pembahasan mengenai penggunaan anchor text. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca penggunaan anchor text dalam membangun backlink. Semoga bermanfaat.