Database-Pelanggan-Bagi-Sebuah-Bisnis

Pelanggan adalah aset terbesar dalam bisnis. Semakin banyak jumlah pelanggan loyal yang kita miliki maka akan semakin baik untuk bisnis. Dengan adanya database pelanggan, akan mempermudah kegiatan promosi sebuah produk baru dibandingkan kita harus mencari pelanggan baru, hal ini dikarenakan para pelanggan lama telah merasa puas sehingga lebih mudah untuk mempromosikan produk baru terhadap mereka, disamping itu biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, sehingga kita dapat melakukan penghematan biaya terhadap sebuah promosi produk baru. Oleh karena itu penting tidak penting dalam sebuah usaha database pelanggan sangat dibutuhkan.

Peran Dominan Database Pelanggan

Database pelanggan sangat berperan dominan, bahkan merupakan kebutuhan pertama sebelum pengelolaan pelanggan dilakukan. Dengan database kita bisa melakukan beberapa hal dan ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi jarak antara penjual dan pembeli.

Untuk mengurangi jarak antara penjual dan pembeli, kita bisa memberi informasi-informasi terkini seputar produk yang dijual. Fasilitas yang bisa digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah email. Potensi nilai konversi yang bisa didapatkan dari email pun dapat dikatakan besar.

Lalu data pelanggan apa saja yang kita butuhkan? Dua hal paling minimal yang harus kita butuhkan antara lain Nama dan Nomer Telepon,  dengan begitu ketika kita ingin berkomunikasi dengan pelanggan, kita bisa menelpon atau pun sekedar melakukan sms, bahkan jika kita memiliki data pelanggan semakin lengkap akan semakin lebih baik, misalnya saja kita memiliki datanya berupa Jenis Kelamin, Alamat, Tempat, Tanggal Lahir, No. Rekening dan sebagainya. Berikut beberapa penjelasan yang ingin disampaikan penulis, yaitu cara mendapatkan database dari pelanggan:

Menjaring Melalui Social Media

Social media sekarang merupakan media yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Bagaimana mendapatkan database dari media sosial? Pada awalnya harus membangun interaksi yang baik dahulu, kemudian anda membagikan berbagai hal yang bermanfaat dan membangun ikatan dengan fans atau followers anda di media sosial. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena dengan adanya media social dapat mempermudah kita untuk berinteraksi secara langsung terhadap orang-orang yang tertarik dengan hal yang kita tawarkan atau sampaikan.

Setelah semua itu terlaksana, maka anda baru bisa mendapatkan database dari social media dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat tapi dengan syarat memberikan database untuk pengiriman file tersebut. Sistemnya mirip dengan email subscription.

Pengumpulan Data Saat Pameran

Pameran adalah tempat yang berpotensi untuk mendapatkan data calon pelanggan. Anda bisa meminta pengunjung pameran untuk mengisi buku tamu. Agar pengunjung mau mengisi buku tamu, anda harus memberikan hadiah berupa souvenir yang menarik.  Anda juga bisa melakukan undian berhadiah kepada pengunjung yang memasukan kupon berisi biodata ke kotak pengundian.

Melakukan Sebuah Survey

Teknik survei harus ditentukan agar para surveyor tidak asal jalan saja atau mengisi data dengan sembarangan. Saat melakukan survei, kita bisa melakukan dengan dua cara yang dibedakan dari sumber daya manusianya. Pertama, Anda bisa menggunakan tenaga outsource surveyour atau kedua, Anda bisa langsung menurunkan tim sales untuk melakukan survei.

Oleh karena itu, kemenangan persaingan di masa mendatang akan sangat bergantung kepada kekuatan customer database yang dibangun oleh para pelaku bisnis. Para pelaku bisnis yang memiliki customer database yang baik, akan memiliki peluang untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dengan pelanggan secara dramatis. Mereka berpeluang lebih besar dalam menciptakan loyalitas pelanggan dan sekaligus melakukan cross-selling.

Kesuksesan Amazon Dalam Mengolah Database Pelanggan

Amazon.com adalah salah satu bentuk contoh perusahaan masa depan. Mereka memanfaatkan teknologi internet untuk membangun customer database dan komunikasi dengan para pelanggannya. Dalam survei American Customer Satisfaction Index (ACSI), perusahaan ini selalu mendapatkan skor jauh diatas rata-rata perusahaan lainnya. Mereka dapat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan individu-individu dengan sangat efektif.

Pelanggan puas karena mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan harapannya. Mengapa demikian? Karena Amazon selalu belajar dari kekurangan sebelumnya, dan tidak mengulangi kesalahan tersebut untuk kedua kalinya. Mereka mengerti apa yang menjadi kebutuhkan pelanggan dari perilaku transaksi di masa lalu.

Semoga saja hasil penulisan artikel kali ini dapat membantu anda untuk lebih teliti dalam mengumpulkan database pelanggan anda, Miliki sebanyak-banyaknya database pelanggan. Semakin lama biaya promosi anda akan semakin murah. Jika anda sudah memiliki banyak database pelanggan dan anda ingin mempromosikan produk baru, anda cuma membutuhkan dana untuk satu hal yaitu Pulsa untuk SMS atau Telepon, Selamat Mencoba!