bahasa-indonesia

Tanggal 28 Oktober nanti kita akan memperingati hari Sumpah Pemuda. Ingatkah anda, apa isi Sumpah Pemuda yang pertama kali diikrarkan pada tahun 1928 silam itu? Ya, salah satunya adalah tentang pengakuan bahasa satu, yaitu Bahasa Indonesia. Sejak diikrarkan sebagai bahasa negara, Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan, Bahasa Indonesia sudah dipandang penting untuk dijadikan sebagai salah satu bahasa dunia.

Hal ini terbukti pada tahun 2009, pemerintah daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, secara resmi menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing kedua setelah Bahasa Inggris. Sementara itu, pada tahun 2012, data Kementerian Luar Negeri menunjukkan bahwa bahasa Indonesia memiliki penutur asli terbesar kelima di dunia, yaitu sebanyak 4.463.950 orang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Fakta tersebut tentunya sangat mendukung usaha peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa Internasional.

Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) masih akan terus menggalang usaha tersebut melalui program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Sejauh ini, setidaknya ada 45 negara yang sudah menjadi peserta BIPA dengan 174 tempat penyelenggaraan BIPA yang tersebar di berbagai negara di dunia. Bahkan berdasarkan survei tahun 2012, bahasa Indonesia menjadi jurusan favorit yang paling banyak dipilih peserta dalam program Darmasiswa Republik Indonesia (DRI), yaitu sebanyak 65%. DRI merupakan sebuah program beasiswa bagi mahasiswa asing yang negaranya memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Baca juga:  7 Kebijakan Tentang Pendidikan Terbaik di Finlandia

Semoga Bermanfaat. Be Proud of Indonesian.