Apa itu SEO
Apa itu SEO ?

Pada artikel PengertianApa itu SEO saya akan membahas Pengertian SEO serta teori dasar pada teknik SEO tersebut. Secara garis besar sebagai berikut :

1. Pengertian atau definisi SEO.

2. Manfaat dan fungsi belajar SEO.

Langkah awal praktek SEO.

3. Teknik Riset keyword.

4. Teknik SEO on page.

5. Teknik SEO off page.

          1. Pengertian atau Definisi SEO

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimazation. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia SEO berarti Optimasi pada Mesin Pencari. Berikut nama mesin pencari yang populer, seperti Google Search, Yahoo Search, dan Bing. 

a. Menurut Nasrudin dan Munin Widarajo SEO adalah teknik merekayasa agar search engine menampilkan website kita pada urutan teratas, untuk hasil pencarian yang kita targetkan. Biasanya ditargetkan adalah 10 hasil pencarian teratas (Top 10).

b. Menurut Kainanda Prakoso dalam e-booknya bisnis online untuk pemula SEO adalah suatu metode untuk mengoptimalkan keberadaan suatu website ataupun blog yang kita miliki untuk bisa menempati posisi -posisi teratas pada mesin pencari di internet untuk kata kunci-kata kunci tertentu yang sudah kita targetkan.

c. Menurut  Daffi Sachi dalam e-booknya 3 langkah mudah mendominasi halaman 1 google SEO adalah sebuah teknik atau cata untuk mengoptimasi situs Anda agar menempati posisi atau halaman pertama di search engine.

Dapat kita simpulkan SEO adalah teknik optimasi pada search engine agar web/blog kita menempati posisi teratas pada mesin pencari (Top 10) sesuai keyword yang ditarget.

Artikel lain: Pakar SEO

          2. Manfaat dan Fungsi Belajar Teknik SEO

Dari beberapa definisi SEO di atas dapat kita ketahui beberapa manfaat dan fungsi belajar SEO, yakni menduduki posisi teratas pada search engine. Tentunya posisi tersebut sesuai dengan kata kunci (keyword) yang ditargetkan. Bila posisi teratas mesin pencari telah tercapai tentunya nanti web/blog kita akan mendapatkan banyak penvunjung. Itulah beberapa manfaat belajar optimasi SEO.

Langkah Awal Teknik SEO Untuk Pemula

          3. Teknik Riset Kata Kunci (Keyword)

Langkah awal untuk memulai optimasi SEO agar maksimal yakni dengan melakukan riset keyword. Dalam praktek teknik optimasi mesin pencari yang lain (SEO on page dan off page) keyword sangat menentukan.

Agar bisa mendapatkan banyak trafik keyword yang Anda targetkan harus banyak dicari dan mempunyai tingkat kompetisi yang rendah atau medium. Salah satu kesalahan saya dalam membangun website tulisbaca.com ini adalah kurangnya riset keyword. Semoga pengalaman ini berarti untuk kedepannya. Baca artikel ini untuk melakukan riset keyword > Cara Melakukan Riset Keyword (Pada 6-2-2014).

          4. Teknik SEO On Page

Bagi seorang pemula atau bagi mereka yang baru bergelut di dunia SEO langkah awal adalah memahami inti-inti teori riset keyword, on page, dan off page. Setelah memahami hal tersebut dilanjutkan dengan praktek.

3 hal penting yang harus ada pada SEO on page, yakni Unik Konten, meta tag, dan internal link. Optimasi mesin pencari on page adalah teknik SEO yang kita lakukan pada web/blog itu sendiri. Info lebih lengkap nantikan pada tanggal 9-2-2014.

Artikel Terkait : Cara Mendatangkan Pengunjung ke WEB / BLOG

          5. Teknik SEO Off page

Setelah melakukan optimasi on page, hal yang harus dipahami oleh para pemula yakni SEO Off Page. SEO Off Page itu sendiri berarti aktivitas teknik optimasi mesin pencari yang dilakukan diluar web/blog kita, seperti share di sosial media, sosial bookmark, dan sebagainya.

Aktivitas SEO yang utama yakni mencari backlink berkualitas. Walau teknik SEO hanya dilakukan diluar web/blog yang kita miliki teknik ini memiliki peran penting terhadap posisi web/blog di mesin pencari nantinya. Pembahasan lebih detail pada tanggal 10-2-2014.

Artikel Terkait : SEO Off Page Mendapatkan Backlink Berkualitas

Dapat kita simpulkan pada artikel di atas seperti :

1.  Pengertian atau Definisi SEO.
2. Teknik dasar SEO untuk pemula.

          -Teknik Riset keyword

          -Teknik SEO on page

          -Teknik SEO off page

Baca Juga ini : Teknik SEO dengan Google Plus

Terima kasih telah membaca artikel Apa itu SEO dan Teknik SEO. Semoga dapat dipraktekkan dan dimanfaatkan. Sharing tips SEO.