Apa itu Blog ?

Pengertian Apa itu Blog
Pengertian Apa itu Blog

“Apa itu Blog?” Inilah pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh sebagian orang yang belum mengetahui tentang Blog. Blog merupakan sebuah media online yang kerapkali digunakan untuk keperluan berbagi informasi. Pada awal kemunculan media Blog ini, penggunanya sering mengaplikasikan untuk kegiatan menulis catatan. Istilahnya, blog memegang peranan penting sebagai catatan harian (diary) dengan bahasan utama berupa ungkapan hati seseorang.

Tak berhenti sampai di situ, media Blog terus berkembang dengan pesatnya. Para pengguna mencoba memanfaatkan Blog untuk membangun personal branding, menambah kredibilitas diri sebagai pemimpin (tought leader) melalui ide serta inovasi baru, kemudian dimanfaatkan pula sebagai sarana komunikasi masyarakat, pendidikan lewat internet dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Dan hingga saat ini Blog dapat dijadikan sebagai media penghasil uang oleh Netpreuners.

Baca juga ini : Cara Mempercantik Blog

Pertama kali kepopuleran Blog melonjak berkat situs Blogger.com sebagai pelopor berkembangnya aplikasi sharing tersebut. Waktu itu, situs yang memberi manfaat besar dinahkodai oleh PyraLab hingga pada akhirnya Google berhasil mengakuisisi, 2002 silam.

Semenjak Google melakukan akuisisi terhadap aplikasi Blog tersebut, berkembanglah aplikasi-aplikasi lain dengan sistem sumber terbuka. Tak lain adalah diperuntukkan kepada penulis Blog agar bisa berkembang dengan baik.

Kemudian, pengelola Blog disebut Blogger. Ia sangat berjasa dalam tersebarnya informasi penting terkait pendidikan, riset, ekonomi dan sebagainya. Sebab, Blogger memiliki kemampuan menulis yang bagus sehingga dapat dengan mudah mempublikasikan informasi. Nah, informasi-informasi tersebut kerap dicari oleh kalangan pelajar, mahasiswa, guru atau bahkan dosen untuk keperluan memperkaya referensi. Intinya, apabila tidak ada Blogger maka informasi akan sangat sulit berkembang.

Baca juga:  Tipe Blogger Menurut Sifat dan Tujuannya Ngeblog

Dalam tulisan ini, penulis akan mengupas tuntas informasi tentang Blog, Blogger serta pemahaman peluang bisnis lewat Blog.

Artikel terkait : Berbisnis Lewat Blog

Bagaimana Menjadi Blogger?

Cukup mudah, hanya saja perlu sikap bijaksana dari masing-masing pribadi. Bijaksana dalam artian, kita harus tetap menyadari bahwa sebuah capaian itu tidaklah instan. Jadi, seluruhnya butuh proses, termasuk cara menjadi Blogger. Langkah-langkah yang perlu Anda terapkan untuk menjadi seorang Blogger sangatlah sederhana:

Suka menulis. Sebagai Blogger, menulis adalah kepentingan utama untuk menunjang sukses dalam Blogging. Apabila tidak bisa menulis, maka akan sangat sulit berkembang. Wajar, karena Blogger memang tugasnya membagikan informasi kepada pembaca. Jadi, sukai tulis-menulis terlebih dahulu sebelum terjun untuk menjadi seorang Blogger.

Membuat Blog. Buatlah Blog dengan tema yang sesuai passion Anda agar lebih mudah dalam mengisi konten (artikel). Logikanya, apabila Anda sudah suka terhadap suatu hal, maka Anda akan melakukan aktivitas terkait suatu hal tadi dengan perasaan ikhlas. Dengan demikian, proses menjadi Blogger pun akan semakin mudah dijalani.

Membesarkan Blog. Kelola dengan baik Blog Anda agar dapat menjaring sebanyak mungkin pembaca tertarget. Anda dapat mempromosikan Blog lewat social media, forum, atau bahkan promosi secara offline dengan menyebar sticker bertuliskan alamat Blog Anda. Intinya, besarkan Blog Anda, maka akan sangat mudah Blog Anda menjadi ladang uang.

Baca juga:  8 Hal Yang Membuat Halaman Blog Anda Terlihat Buruk

Monetisasi Blog (OPTIONAL). Usai Blog Anda sudah banyak pembaca, maka akan sangat berpotensi mendulang rejeki. Anda dapat melakukan monetisasi terhadap Blog Anda agar menghasilkan pundi-pundi rupiah ataupun dollar. Metodenya cukup beragam, Anda dapat menjadi pengiklan, berjualan lewat Blog, dan sebagainya.

Baca juga ini : Cara Membangun Blog Sukses

Bagaimana Cara Mendaftar Blog?

Sebagai langkah awal, Anda dapat memulai aktivitas Blogging dengan mendaftar Blog secara mudah dan gratis. Buka link berikut ini, lalu daftar sesuai petunjuk:

www.blogger.com

www.wordpress.com

Demikianlah sekelumit informasi terkait apa itu Blog, serta penjelasan singkat tentang Blogger dan langkah-langkahnya untuk menjadi Blogger. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk Anda para pembaca setia situs ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

Pengertian Apa itu Blog