Affiliate-Marketing-di-Tahun-2015

Affiliate marketing –affiliate merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog ataupun internet yang cukup diminati oleh para pebisnis online. Affiliate semakin diminati oleh para pebisnis online karena cara yang mudah dan komisi yang menggiurkan. Tertarik dengan affiliate simak terus artikel ini.

Definisi Affiliate Marketing

Secara sederhana affiliate marketing merupakan jenis bisnis online yang akan membayar “affiliate marketer” apabila ada yang membeli produk yang dipasarkan melalui affiliate marketer tersebut. Gambaran bagaimana komisi didapat oleh affiliate marketer sebagai berikut :

Ahmad memiliki produk berupa ebook premium lalu Berta sebagai affiliate marketer mempromosikan produk Ahmad melalui suatu link affiliate ke Cindy, Deni, Elfi, dan Fadli. Lalu, dari empat orang yang ditawarkan oleh Berta, hanya 3 orang yang membeli produk tersebut. Komisi akan didapatkan oleh Berta karena ia telah berhasil mendatangkan pembeli terhadap produk si Ahmad.

Jadi kita akan mendapatkan komisi apabila kita berhasil mendatangkan penjualan.

Cara yang mudah untuk mendapatkan komisi dari affiliate terkadang hanya membuat affiliate marketer hanya selalu memikirkan bagaimana berpromosi dan berpromosi. Sebenarnya alangkah baik affiliate marketer tersebut juga memikirkan konten yang baik yang akan mendampingi promosi. Karena, dengan adanya konten kita juga  bisa meningkatkan naluri orang yang kita jadikan sasaran untuk membeli produk tersebut.

Ada beberapa hal penting yang erat kaitannya dengan affiliate, diantaranya :

1. Media Promosi

Sebelum kita berbisnis affiliate cobalah untuk memikirkan media untuk melancarkan promosi, meliputi strategi dan tempat kita untuk berpromosi tersebut. Penulis memiliki beberapa cara untuk memasarkan suatu produk affiliate, diantaranya sebagai berikut :

2. Website atau Blog

Kita bisa mengisi website atau blog dengan konten yang menunjang produk affiiate yang akan kita promosikan. Atau kita juga bisa mengisi web atau blog tersebut dengan konten review dari produk affiliate yang hendak ditawarkan.

Baca juga:  Bingung Memilih Produk Apa Yang Akan Dijual Online? Baca Tipsnya

3. Youtube

Media sosial berbagi video juga bisa kita jadikan sebagai media promosi. Caranya mudah yakni dengan membuat video review suatu produk, lalu menyisipkan URL affiliate kita pada video tersebut. Berilah kata –kata yang mengundang orang tersebut untuk membeli produk yang kita review.

4. Ebook

Ebook juga kerap kita temui yang berisi konten sekaligus promosi affilite. Nah, trik ini dapat kita tiru. Caranya adalah dengan membuat ebook yang berhubungan dengan produk yang hendak dipasarkan, lalu sisipkanlah URL affiliate Anda pada ebook tersebut.

5. Media Sosial

Kita juga bisa memanfaaatkan media sosial untuk berpromosi, misalnya menggunakan fanspage facebook untuk mendapatkan pelanggan atau melalui twitter ads kita juga bisa mempromosikan suatu produk.

6. Kualitas Produk

Hal yang yang harus kita perhatikan adalah kualitas dari produk yang hendak kita tawarkan atau pasarkan. Kita sebagai affialiate marketer harus mengetahui bagaimana seluk beluk produk affiliate tersebut.

Promosikanlah produk yang benar – benar berkualitas dan dirasa memiliki suatu solusi yang kreatif dan inovatif yang bisa memecahkan masalah para pembeli nantinya.

7. Konten Blog

Jika Anda memilih untuk melakukan promosi affiliate via website atau blog, maka buatlah konten yang relevan atau satu topik dengan keyword yang hendak Anda tawarkan.

8. Trafik

Apapun media yang digunakan untuk melakukan promosi trafik adalah intinya. Jika kita meggunakan blog sebagai media promosi tentu trafik dari mesin pencari sangat dibutuhkan. Jika kita berpromosi dengan media sosial tentu like, fans, dan follower lah yang kita butuhkan. Jadi, intinya ciptakanlah trafik yang banyak agar Anda mendapatkan komisi affiliate.

Dalam mempromosikan sesuatu tentu kita harus berpromosi melalui sebuah konten, baik itu melalui media sosial maupun melalui blog. Ada beberapa tipe konten yang disarankan untuk berpromosi produ, diantaranya sebagai berikut :

Baca juga:  Fakta Tentang Iklan online, Anda Pasti Kaget

9. Konten Review

Ini adalah konten yang umum digunakan oleh para pemain affiliate. Jika Anda ingin menggunakan konten review sebagai konten promosi, buatlah review yang benar – benar sesuai dengan produk, jika ada kelemahannya katakan saja secara jujur. Untuk konten review tersebut sebaiknya juga mengandung unsur copywriting agar pengunjung yang membaca tertarik untuk membelinya.

10. Konten Tutorial

Apabila produk yang Anda tawarkan merupakan produk berupa tutorial, sebaiknya Anda juga membuat konten promosi yang berhubungan dengan produk yang hendak ditawarkan. Karena, jika konten promosi itu menarik dan kreatif, pastilah sebagian besar pengunjung mengira bahwa produk yang premium pasti lebih hebat daripada konten promosi Anda tersebut.

11. Video Review

Konten selanjutnya adalah video yang mereview produk yang hendak Anda tawarkan. Bisa saja Anda menampilkan keunggulan dari produk dan kelemahan dari produk, serta cara penggunaan daripada produk affiliate tersebut. Agar terjadi penjualan, sisipkanlah URL affiliate Anda pada video yang Anda buat itu.

Ada beberapa Affiliate Network yang cukup populer, seperti :

  1. Amazon (penyedia produk fisik).
  2. Clickbank (penyedia produk digital).
  3. Ratakan (penyedia produk digital).
  4. Warriorplus (penyedia produk internet marketing).

Nah, demikianlah pembahasan mengenai pemasaran Affiiate yang cukup ampuh di tahun 2015. Semoga bermanfaat.